31 Desember 2020

Isi Tas P3K - Suzuki XL7

Tas P3K Suzuki XL7
Tas P3K Suzuki XL7

  1. Setiap kendaraan bermotor yang dioperasikan di jalan wajib dilengkapi dengan perlengkapan kendaraan bermotor.
  2. Perlengkapan sebagaimana dimaksud pada ayat (1) bagi sepeda motor berupa helm standar nasional Indonesia.

27 Desember 2020

Cara Membuka Tutup Tangki Bensin Suzuki XL7

Letak Tutup Tangki Bensin Suzuki XL7
Letak Tutup Tangki Bensin Suzuki XL7

Salah satu hal sepele tetapi sering membingungkan pengemudi ketika sedang mengemudikan mobil baru, mobil sewa (rental) atau mobil pinjaman yang sebelumnya belum pernah mengemudikan mobil jenis tersebut adalah tentang di mana letak pintu bahan bakar dan bagaimana cara membukanya. Tak jarang ditemui kasus di lapangan jika petugas pengisi bahan bakar di SPBU (pom bensin) lebih paham tentang hal seperti ini dibandingkan dengan pengemudi mobil tersebut, hehehehe.

26 Desember 2020

Memasang Gorden Kolong Meja Dapur

Memasang Gorden Kolong Meja Dapur
Memasang Gorden Kolong Meja Dapur


Acara iseng-iseng kali ini termasuk ke dalam kategori beberes atau merapihkan rumah. Area yang mau dirapihkan adalah dapur, yaitu dengan memasang gorden kolong meja dapur atau bahasa kerennya kitchen set curtain. Oh iya, bahan-bahan yang digunakan untuk membuat gorden kolong meja dapur kali ini adalah barang bekas atau barang tidak terpakai. Bahan-bahan tersebut berasal dari bekas perangkat gorden yang sebelumnya berada di ruangan lain, di mana pada ruangan tersebut perangkat gordennya telah diganti baru atau diremajakan, hehehehe.

25 Desember 2020

Cara Membuat Turus Sabut Kelapa

Cara Membuat Turus Sabut Kelapa
Cara Membuat Turus Sabut Kelapa

Acara iseng-iseng kali ini adalah membuat turus atau tonggak penyangga tanaman. Hmm, sebetulnya turus seperti yang akan aku buat kali ini sudah banyak dijual di pasar dan harganya pun tidak terlalu mahal. Akan tetapi karena bahan-bahan untuk membuatnya tersedia di rumahku dan juga termasuk barang bekas yang tidak terpakai, maka kali ini aku akan coba membuatnya sendiri, hehehehe.

17 Desember 2020

Cara Memperbanyak Tanaman Janda Bolong (Monstera adansonii)

Tanaman Janda Bolong (Monstera adansonii)
Tanaman Janda Bolong (Monstera adansonii)

Alhamdulillah, segala puji bagi Allah karena hanya dengan rahmat-Nya kita masih diberi kesehatan, kekuatan dan keceriaan dalam menjalani kehidupan di masa pandemi Covid-19 ini. Dan semoga Allah segera mengangkat serta melenyapkan Covid-19 dari dunia ini, aamiin.

14 Desember 2020

Ukuran Velg Dan Ban Suzuki XL7 Alpha

Ukuran Velg Dan Ban Suzuki XL7 Alpha
Ukuran Velg Dan Ban Suzuki XL7 Alpha

Suzuki XL7 resmi mengaspal di jalanan Indonesia pada sekitar awal tahun 2020. Mobil besutan pabrikan Suzuki ini termasuk dalam kelas medium SUV. Saat pertama kali diluncurkan terdapat 3 (tiga) varian, yaitu alpha, beta dan zeta. Varian tertinggi adalah alpha, sementara yang terendah adalah zeta. Ketiga varian tersebut terdiri dari 2 (dua) pilihan transmisi, yaitu manual dan otomatis. Mesin yang digunakan adalah K15B berkapasitas 1.462 cc, DOHC, VVT.

13 Desember 2020

Tekanan Angin Ban Suzuki XL7

Tekanan Angin Ban Suzuki XL7
Tekanan Angin Ban Suzuki XL7


Tak bisa dipungkiri, nilai atau besaran tekanan angin ban pada sebuah kendaraan adalah salah satu faktor yang berpengaruh pada tingkat kenyamanan dan keamanan kendaran tersebut ketika dikendarai. Pada kasus di lapangan tak jarang kita melihat atau mendengar beberapa kasus kecelakaan terjadi diawali oleh kejadian pecah ban.

12 Desember 2020

Nomor Rangka Dan Nomor Mesin - Suzuki XL7 (2020)

Suzuki XL7 Alpha
Suzuki XL7 Alpha

Setiap pemilik mobil sudah semestinya tahu bagian-bagian penting pada mobil yang dimilikinya, contohnya seperti letak nomor rangka dan nomor mesin. Nah, pada tulisan kali ini aku akan memberi tahu di mana letak dari nomor rangka dan nomor mesin pada mobil Suzuki XL7, lebih lengkapnya Suzuki XL7 Alpha produksi tahun 2020.

4 Desember 2020

Nasi Uduk Biru Magicom

Nasi Uduk Biru Magicom ala Ain
Nasi Uduk Biru Magicom ala Ain

A : "Bule' Ka, kita buat nasi uduk warna biru yuk."
B : "Nasi uduk pakai bunga telang?"

A : "Yes. Hmm, Bule' Ka siapin bahan-bahannya yah, nanti Ain yang masak."
B : "Oce."


2 Desember 2020

Mengganti Terminal Aki Toyota Kijang Super (5K)

Terminal Aki
Terminal Aki

Hmm, ada yang agak aneh dengan si Kirun (Toyota Kijang Super warna merah marun) pagi ini. Ketika mesinnya akan dipanaskan ada gejala seperti kurang setrum atau tidak kuat starter. Seperti biasa, apabila setelah dicoba starter sebanyak 3-4 kali masih juga mesin tidak mau menyala, maka harus dilakukan pemeriksaan pada aki, relay starter, motor starter, busi, pengkabelan dan komponen lainnya.

28 November 2020

Kompresor Udara Mini - RYU RCC12

Kompresor Udara Mini - RYU RCC12
Kompresor Udara Mini - RYU RCC12

Tekanan angin ban pada kendaraan merupakan hal yang vital tetapi sering dianggap sepele oleh para pengemudi. Tekanan angin ban secara teknis termasuk salah satu variabel penentu kenyamanan pada suatu kendaraan. Nah, pada tulisan kali ini aku akan mencoba sebuah alat yang memiliki fungsi utama untuk mengisi udara atau angin pada ban kendaraan.

20 November 2020

Cara Mudah Menanam Kencur

Kencur (Kaempferia galanga)
Kencur (Kaempferia galanga)

Setelah beberapa waktu yang lalu mencoba belajar menanam tanaman jahe dan kunyit, maka pada kesempatan kali ini Ain dan Leka akan mencoba belajar menanam tanaman kencur yang memiliki nama latin Kaempferia galanga. Sama seperti jahe dan kunyit, kencur juga merupakan termasuk salah satu tanaman obat keluarga (toga) yang sebaiknya ditanam di pekarangan rumah.

17 November 2020

Cara Mudah Menanam Lidah Buaya (Aloe vera)

Lidah Buaya (Aloe vera)
Lidah Buaya (Aloe vera)

Pada sore hari ini Ain dan Leka rencananya akan menanam tanaman lidah buaya (Aloe vera) untuk melengkapi koleksi tanaman mereka. Mereka berdua bercita-cita untuk membuat sebuah taman bermain dengan bermacam jenis tanaman yang mereka sukai. Hmm, menarik sekali kan rencana mereka, hohohoho.

12 November 2020

Sepatu Sepak Bola Merk Lokal Di Negara Jepang

Sepatu Sepak Bola Merk Lokal Di Negara Jepang
Sepatu Sepak Bola Merk Lokal Di Negara Jepang

Jepang merupakan salah satu negara di wilayah benua Asia yang termasuk sukses prestasi sepak bolanya. Hal ini dibuktikan dengan beberapa kali keikutsertaan negara Jepang di perhelatan Piala Dunia Sepak Bola (FIFA World Cup). Film animasi Captain Tsubasa, Ganbare Kickers!, game konsol PlayStation Winning Eleven merupakan beberapa contoh bahwa sepak bola sangat menarik dan berkembang di negara tersebut.

11 November 2020

2 Merk Terbaik Sepatu Sepak Bola Asal Jepang

Mizuno & ASICS
Mizuno & ASICS


Hmm, pada tulisan kali ini aku akan kembali membahas tentang sepatu sepak bola. Jika berbicara tentang sepatu sepak bola (dan juga futsal) di negeri ini, maka arah pembahasannya tidak akan jauh dari merk atau brand seperti Adidas, Nike, Puma serta juga merk lokal seperti Specs dan Ortuseight. Apalagi yang membahasnya adalah masyarakat awam atau newbie yang baru mulai masuk ke dunia sepak bola, hehehehe.

9 November 2020

Jadi Tukang Servis Sandal Dadakan

Servis Sandal Dadakan
Servis Sandal Dadakan

Acara iseng-iseng kali ini adalah jadi tukang servis sandal dadakan, hehehehe. Hmm, sebetulnya masalahnya tidak terlalu rumit sih, hanya menjinakkan sandal yang mulai lapar atau istilahnya sandal mangap, yaitu kondisi di mana bagian sol (telapak bagian bawah) pada bagian depan sandal mulai terlepas karena kehilangan daya rekatnya.

8 November 2020

Karet Susu Belakang (Rear Stopper) Toyota Kijang Super (KF40)

Karet Susu Belakang (Rear Stopper) Toyota Kijang Super (KF40)
Karet Susu Belakang (Rear Stopper) Toyota Kijang Super (KF40)


Setelah kemarin melakukan penggantian karet susu depan (front stopper) pada si Kirun (Toyota Kijang Super, 5K-KF40), kali ini aku akan melanjutkan dengan pemeriksaan pada karet susu bagian belakang (rear stopper). Caranya pun sangat mudah seperti proses penggantian karet stopper bagian depan, hanya saja roda belakang perlu dilepas terlebih dahulu agar lebih mudah proses pengerjaannya.

7 November 2020

Mengganti Karet Susu Depan (Front Stopper) Toyota Kijang Super (KF40)

Karet Susu Depan (Front Stopper) Toyota Kijang Super (KF40)
Karet Susu Depan (Front Stopper) Toyota Kijang Super (KF40)


Salah satu permasalahan yang pasti dialami oleh pemilik mobil tua adalah masalah komponen-komponen pada mobil yang terbuat dari karet yang sudah mulai tidak elastis (kaku), getas, robek dan rusak. Pada kasus kali ini aku akan melakukan penggantian front stopper atau kalau bahasa bengkel di sini disebut dengan istilah karet susu atau karet stopper.

4 November 2020

Mengganti Aki Yamaha V-ixion

Mengganti Aki Yamaha V-ixion (FZ150i v2)
Mengganti Aki Yamaha V-ixion (FZ150i v2)

Hmm, acara iseng-iseng hari ini adalah mengganti aki si Nero atau sepeda motor Yamaha V-ixion (FZ150i v2) produksi tahun 2011. Ceritanya waktu tadi pagi mau dinyalakan akinya drop, begitu kunci kontak pada posisi on, lampu indikator posisi netral (warna hijau) pada panel speedometer tidak menyala, begitu juga dengan lampu utama atau lampu depan.

1 November 2020

Cara Mudah Menanam Kunyit

Kunyit (Curcuma longa)
Kunyit (Curcuma longa)

Acara sore hari ini adalah memberi materi pengajaran kepada Ain dan Leka tentang cara menanam kunyit (Curcuma longa) yang termasuk salah satu tanaman obat keluarga (toga) atau juga sering disebut dengan istilah apotek hidup. Cara menanam atau memperbanyak tanaman yang termasuk jenis rimpang (rhizoma) ini sebetulnya sangatlah mudah dan bisa dilakukan di halaman rumah. Atau jika kebetulan di rumah tidak tersedia lahan (tanah), tanaman ini bisa juga ditanam di dalam pot atau wadah yang tidak terlalu besar.

30 Oktober 2020

Cara Mudah Menanam Jahe

Jahe (Zingiber officinale)
Jahe (Zingiber officinale)

Acara iseng-iseng sore hari ini adalah mengajari Ain dan Leka tentang cara menanam jahe (Zingiber officinale). Tanaman jahe termasuk salah satu jenis tanaman obat keluarga (toga) atau apotek hidup yang dianjurkan untuk ditanam di halaman rumah. Hmm, sebetulnya tidak terlalu sulit menanam dan merawat tanaman yang termasuk tanaman jenis rimpang (rhizoma) ini. Tidak diperlukan lahan yang luas dan bisa ditanam di dalam pot atau polibag.

25 Oktober 2020

Memindah Hasil Stek Batang Aglaonema Lipstik

Aglaonema Lipstik
Aglaonema Lipstik

A : "Bule' Ka, pot yang Ain buat kemarin bagusnya dikasih tanaman apa ya?"
B : "Coba Ain lihat di belakang, tanaman yang di kaleng kecil sudah tumbuh daun atau belum?"
A : "Oke deh."
B : "Kalau sudah ada yang tumbuh daun, Ain bawa ke sini. Pilih yang daunnya paling besar."
A : "Siap, Bule'."

24 Oktober 2020

Membuat Pot Tanaman Dari Barang Bekas

Membuat Pot Tanaman Dari Barang Bekas
Membuat Pot Tanaman Dari Barang Bekas


Ain, Leka dan Wulan lagi pada gemar bermain dengan tanaman yang ada di halaman rumah. Hmm, kali ini mereka akan praktek membuat pot tanaman dari bekas wadah bahan makanan atau memanfaatkan barang bekas yang tidak terpakai di rumah, hehehehe.

21 Oktober 2020

Cara Mudah Memperbanyak Lili Paris

Lili Paris
Lili Paris

Lili Paris adalah salah satu tanaman hias yang bermanfaat. Salah satu manfaatnya adalah kemampuannya menetralisir udara dari zat-zat yang berbahaya bagi manusia. Oleh karena itu tanaman ini selain berfungsi sebagai tanaman hias yang ditempatkan di taman atau luar ruangan (outdoor), juga sering kita lihat ditempatkan di dalam ruangan rumah (indoor) sebagai penetralisir udara.

18 Oktober 2020

Cara Membuat Lampu Pelita Minyak Goreng

Lampu Pelita Minyak Goreng
Lampu Pelita Minyak Goreng

Yup, setelah kemarin aku telah membuatkan meja portable untuk keperluan Ain dan Leka melakukan acara kemah-kemahan di halaman rumah, kali ini aku kembali diminta oleh mereka untuk membuatkan lampu kemah. Hmm, sebetulnya mereka telah aku beri lampu led emergency yang lebih praktis dan mudah digunakan, tetapi mereka maunya yang pakai api. Jadi kesannya biar tampak lebih natural menurut mereka. Hop oloh, ada-ada saja ini permintaan cah-bocah, hohohoho.

17 Oktober 2020

Membuat Meja Portable Dari Pipa PVC

Meja Portable Pipa PVC
Meja Portable Pipa PVC

Untuk mengurangi rasa jenuh akibat terlalu lama berdiam diri di rumah imbas dari pandemi Covid-19 membuat bocah-bocah (Ain, Leka dan Wulan) merencanakan kegiatan yang kreatif dan menarik. Mereka bertiga berencana akan berkemah dengan mendirikan tenda di halaman rumah, hehehehe.

10 Oktober 2020

Proses Update Pada LibreOffice 7.0

Proses Update Pada LibreOffice 7.0
Proses Update Pada LibreOffice 7.0


Setiap program aplikasi atau perangkat lunak (software) lainnya lazim dengan istilah update atau pemutakhiran. Proses ini bertujuan untuk memperbaiki program tersebut agar dapat dioperasikan lebih baik lagi atau sempurna. Begitu juga dengan LibreOffice 7.0 yang beberapa waktu lalu merilis update versi 7.0.2. Nah, pada tulisan kali ini aku akan menjelaskan tentang proses update pada LibreOffice 7.0 di mana versi 7.0.1 akan dimutakhirkan menjadi versi 7.0.2.

8 Oktober 2020

Mengganti Kapasitor Mesin Cuci (Sanken TW-8102)

Kapasitor Mesin Cuci Sanken TW-8102
Kapasitor Mesin Cuci Sanken TW-8102

Acara iseng-iseng kali ini adalah jadi tukang servis mesin cuci, hohohoho. Yup, mesin cuci di rumahku ngambek lagi nih ceritanya, huhuhuhu. Namanya juga mesin cuci tua alias sudah digunakan selama sekitar 12 tahun (produksi tahun 2008), wajar lah kalau mulai sakit-sakitan. Hmm, tapi selama masih bisa diperbaiki dan harga suku cadang yang mengalami kerusakan masih terjangkau atau masih terpaut selisih jauh dari harga satu unit mesin cuci baru, ya akan aku coba perbaiki terlebih dahulu, hehehehe.

2 Oktober 2020

Sambal Petis

Sambal Petis ala Rika
Sambal Petis ala Rika

Yup, jika pada tulisan sebelumnya aku telah berbagi resep dan cara membuat Petis Udang, maka kali ini aku akan berbagi resep dan cara membuat Sambal Petis ala Rika. Oh iya, sambal petis atau petis udang ala Jawa Timuran agak sulit ditemukan di sekitar tempatku (baca: Lampung). Di sini lebih familiar menggunakan terasi daripada petis. Imho, sambal petis secara tekstur dan rasa agak mirip dengan sambal kemplang (kerupuk ikan panggang), sambal pempek panggang dan sambal cireng yang lebih mudah ditemukan di sekitar daerah Lampung.

1 Oktober 2020

Petis Udang

Petis Udang ala Rika
Petis Udang ala Rika

Hmm, jika membeli udang biasanya bagian yang diambil untuk dimasak adalah bagian dagingnya saja, sementara bagian kulit dan kepalanya biasanya dibuang atau tidak dimanfaatkan. Nah, pada kesempatan kali ini aku akan mengolah bagian kepala dan kulit udang menjadi salah satu bahan pelengkap atau penyedap makanan, yaitu petis udang.

24 September 2020

Cara Mudah Stek Batang Tanaman Mawar

Tanaman Mawar (Rosa)
Tanaman Mawar (Rosa)

A : "Mbak, mawar bisa di-stek atau ndak?"
B : "Bisa di-stek batang. Memangnya kenapa, Lan?"

A : "Aku mau coba aah."
B : "Ada bahannya apa (yang mau di-stek)?"

A : "Itu bahannya ada di (gantungan) motor."
B : "Hmm, ya dicoba saja tho."

19 September 2020

Cara Memahami Nama Sepatu Sepak Bola Adidas

Adidas Predator Mutator 20.1 Low Firm-Ground
Adidas Predator Mutator 20.1 Low Firm-Ground

Pada tulisan sebelumnya telah aku bahas tentang cara membaca dan memahami nama dan kode pada sepatu sepak bola dari produsen perlengkapan olahraga asal negara Amerika Serikat, Nike. Nah, pada kesempatan kali ini aku akan menjelaskan tentang produk sepatu sepak bola dari produsen kompetitor yang bermarkas di negara Jerman, yaitu Adidas.

18 September 2020

Cara Memahami Nama Sepatu Sepak Bola Nike

Nike Mercurial Superfly 7 Elite FG
Nike Mercurial Superfly 7 Elite FG

Ketika akan membeli sepatu olahraga, khususnya sepatu sepak bola atau futsal terkadang kita dibuat bingung memilihnya karena ada beberapa sepatu dengan nama dan tampilan yang sekilas mirip. Kasus di lapangan ketika kita menanyakan pilihan sepatu Nike Mercurial misalnya, maka kita akan disodorkan beberapa pilihan sepatu dari seri Nike Mercurial yang jika dilihat sekilas tampilannya mirip.

17 September 2020

Celoteh Karina (Borussia Dortmund Berasal Dari Rusia Atau Jerman?)

Borussia Dortmund Jersey
Borussia Dortmund Jersey

(Suatu sore di ruang santai keluarga)

10 September 2020

Cara Mudah Menanam Kaktus Centong

Kaktus Centong (Opuntia cochenillifera)
Kaktus Centong (Opuntia cochenillifera)

Hmm, jika kemarin kita telah bermain dengan tanaman pandan wangi (Pandanus amaryllifolius), pada kesempatan kali ini aku akan bermain sekaligus mengajarkan kepada kedua keponakanku tersayang, Ain dan Leka, tentang salah satu jenis tanaman kaktus, yaitu kaktus centong yang memiliki nama ilmiah Opuntia cochenillifera. Oleh orang bule' lazim disebut dengan nama nopal cactus atau warm hand cactus.

9 September 2020

Menanam Pandan Wangi Di Media Air

Menanam Pandan Wangi Di Media Air
Menanam Pandan Wangi Di Media Air

Dibatasinya mobilitas warga guna mencegah dan menghambat laju pertambahan kasus di masa pandemi virus Corona (Covid-19) membuat warga mesti menahan diri berdiam di rumah dan menunda acara perjalanan atau bepergian ke tempat tertentu. Nah, menurutku di kondisi yang sedang terjadi sekarang ini bisa dijadikan acuan untuk menguji idiom home sweet home yang sering dilontarkan oleh orang-orang. Apakah betul rumahku istanaku, rumahku surgaku, atau tiada tempat seindah rumah? Sementara baru beberapa bulan, minggu atau bahkan hanya dalam hitungan beberapa hari saja sudah bete' (bosan) berdiam diri di rumah atau mati gaya kalau meminjam istilah anak jaman now, hohohoho.

7 September 2020

Cara Memindah Anakan Tanaman Pandan Wangi

Tanaman Pandan Wangi
Tanaman Pandan Wangi

Selama masa pandemi Covid-19 ini anak-anak usia sekolah terpaksa belajar secara online atau daring (dalam jaringan) untuk menghindari kegiatan tatap muka secara langsung guna memutus mata rantai penyebaran virus Corona (Covid-19). Hmm, menurutku mayoritas pelaku kegiatan pendidikan yang dipaksa melakukan interaksi belajar-mengajar tanpa tatap muka masih agak kaget dan belum terlalu siap, baik itu secara teknis, infrastruktur dan sumber daya manusianya sendiri.

5 September 2020

Mio J Pakai Oli Gearbox Rored EPA 90

Mio J Pakai Oli Gearbox Rored EPA 90
Mio J Pakai Oli Gearbox Rored EPA 90


Yup, acara iseng-iseng kali ini adalah mengganti oli gearbox (kerap disebut oli transmisi atau oli gardan) pada salah satu sepeda motor di rumah, yaitu Yamaha Mio J (54P). Berhubung sebelumnya si Kirun (mobil Toyota Kijang Super 5K-KF40) baru saja diganti oli transmisinya dan kebetulan olinya masih sisa, maka sisanya akan dipakai untuk mengganti oli gearbox pada Miyoje (Yamaha Mio J 54P).

2 September 2020

Pola Urutan Melepas & Memasang Mur Roda Mobil

Pekerjaan Melepas & Memasang Roda Mobil
Pekerjaan Melepas & Memasang Roda Mobil

Pekerjaan melepas dan memasang roda mobil adalah salah satu kemampuan dasar yang wajib dikuasai oleh seorang pengemudi. Pekerjaan ini sebetulnya sangat mudah untuk dilakukan oleh pengemudi pemula sekalipun, namun kasus di lapangan masih banyak yang belum dapat melakukannya dengan baik dan sempurna.

30 Agustus 2020

Nasi Uduk Praktis Magicom

Nasi Uduk Praktis Magicom ala Wulan
Nasi Uduk Praktis Magicom ala Wulan

Ain, Leka dan Wulan lagi pada sibuk main di dapur. Hmm, biasanya sih mereka lagi pada diskusi untuk menentukan apa yang akan mereka masak. Pada kasus kali ini sepertinya mereka sepakat untuk membuat nasi uduk versi mereka. Kalau aku biasanya masak nasi uduk dengan metode diaron terlebih dahulu, lalu dikukus. Nah, karena bocah-bocah ingin metode yang praktis, maka nasi uduk kali ini akan dimasak dengan menggunakan magicom.

29 Agustus 2020

Pempek Dos Isi Keju

Pempek Dos Isi Keju ala Rika
Pempek Dos Isi Keju ala Rika


A : "Bule' Ka, pempeknya mau diisi pakai apa?"
B : "Hmm, pakai apa yah? Ain ada ide?"

A : "Kalau diisi keju gimana, Bule'?"

B : "Boleh tuh, ayo kita coba buat."

26 Agustus 2020

Tumis Kutang Teri

Tumis Kutang Teri ala Rika
Tumis Kutang Teri ala Rika

Acara main masak-masakan kali ini adalah membuat olahan kutang, hehehehe. Hah, kutang? Yup, kutang adalah akronim dari kulit tangkil atau melinjo, hohohoho. Kulit tangkil tersebut akan aku masak bersama dengan ikan teri asin secara sederhana menjadi Tumis Kutang Teri ala Rika.

15 Agustus 2020

Celoteh Karina (Pelinge, Selon, Gacor, Tomboy)

Celoteh Karina (Pelinge, Selon, Gacor, Tomboy)
Celoteh Karina (Pelinge, Selon, Gacor, Tomboy)

(Sore hari di ruang keluarga).

12 Agustus 2020

LibreOffice 7.0 Membutuhkan Dukungan Java Runtime Environment (JRE)

LibreOffice 7.0 Membutuhkan Java Runtime Environment (JRE)
LibreOffice 7.0 Membutuhkan Java Runtime Environment (JRE)

Pada tulisan kali ini aku akan menjelaskan studi kasus tentang permasalahan salah satu program aplikasi LibreOffice 7.0, yaitu LibreOffice Base yang tidak mau membuka atau menjalankan beberapa fiturnya karena sesuatu hal. Pada gambar di atas muncul kotak peringatan yang menjelaskan jika LibreOffice membutuhkan Java Runtime Environment untuk menjalankan fitur tersebut.

11 Agustus 2020

Komponen LibreOffice 7.0

Komponen LibreOffice 7.0
Komponen LibreOffice 7.0

Sebagai paket program aplikasi yang bisa didapatkan secara gratis tanpa membeli lisensi dan bebas digunakan, LibreOffice 7.0 termasuk lengkap dan bisa diandalkan sebagai penunjang kegiatan administrasi perkantoran. Terdapat 6 program aplikasi yang merupakan komponen dari LibreOffice 7.0, yaitu Writer, Calc, Impress, Draw, Math dan Base.

10 Agustus 2020

Instalasi LibreOffice 7.0

Instalasi LibreOffice 7.0
Instalasi LibreOffice 7.0

Melakukan pekerjaan kantor di mana kantor atau tempat kerja tersebut sudah memakai peralatan dan sistem komputerisasi, maka tidak asing dengan yang namanya program aplikasi pengolah kata, angka, data dan yang lainnya dengan media atau alat bantu berupa komputer, baik itu komputer desktop atau laptop. Di Indonesia pada umumnya sudah sangat akrab dengan program aplikasi milik Microsoft, yaitu Microsoft Office, yang terdiri dari Word, Excel, Access, PowerPoint, Visio dan lainnya.

7 Agustus 2020

Ayam Jamur Masak Kecap (Topping Mie Ayam)

Ayam Jamur Masak Kecap ala Rika
Ayam Jamur Masak Kecap ala Rika

Yup, acara main masak-masakan kali ini adalah membuat topping mie ayam karena mie yang aku buat beberapa hari yang lalu masih ada sisanya. Hmm, jika kemarin aku membuat topping mie ayam hanya dengan menggunakan daging ayam saja, maka kali ini aku akan menambahkan jamur tiram sebagai tambahannya.

31 Juli 2020

Cara Mudah Menanam Pohon Bintaro

Bibit Pohon Bintaro
Bibit Pohon Bintaro

Tanaman bintaro yang memiliki nama ilmiah Cerbera odollam merupakan salah satu jenis tanaman atau pohon yang lazim ditanam sebagai tanaman peneduh karena pohonnya yang rindang dan pertumbuhannya yang relatif cepat. Pohon ini dapat tumbuh hingga setinggi sekitar 12 meter. Di negara jiran kita, Malaysia, pohon ini disebut dengan pokok pong-pong.

21 Juli 2020

Celoteh Karina (Main Dokter-Dokteran)

Celoteh Karina - Main Dokter-Dokteran
Celoteh Karina - Main Dokter-Dokteran


Ceritanya cah-bocah (Ain, Leka dan Wulan) lagi pada kumpul dan main dokter-dokteran.

14 Juli 2020

Memasang Paranet Sebagai Tirai Pelindung Di Rumah

Paranet Sebagai Tirai
Paranet Sebagai Tirai


Yup
, acara iseng-iseng hari ini adalah beberes rumah, yaitu mengganti tirai darurat yang selama ini digunakan sebagai pelindung dari terik sinar matahari, terutama pada sore hari. Hmm, pada kesempatan kali ini akan dicoba menggunakan paranet sebagai pengganti tirai sebelumnya yang menggunakan banner atau spanduk, hehehehe.

Loading...