10 Agustus 2020

Instalasi LibreOffice 7.0

Instalasi LibreOffice 7.0
Instalasi LibreOffice 7.0

Melakukan pekerjaan kantor di mana kantor atau tempat kerja tersebut sudah memakai peralatan dan sistem komputerisasi, maka tidak asing dengan yang namanya program aplikasi pengolah kata, angka, data dan yang lainnya dengan media atau alat bantu berupa komputer, baik itu komputer desktop atau laptop. Di Indonesia pada umumnya sudah sangat akrab dengan program aplikasi milik Microsoft, yaitu Microsoft Office, yang terdiri dari Word, Excel, Access, PowerPoint, Visio dan lainnya.

Permasalahan timbul ketika pengguna (user) atau perusahaan yang membutuhkan program aplikasi tersebut tetapi tidak mampu atau tidak ingin mengeluarkan biaya untuk membeli program aplikasi tersebut. Nah, biasanya pilihan mudahnya ada dua, yaitu yang pertama adalah menggunakan program aplikasi alternatif yang lebih murah atau bahkan gratis. Atau yang kedua, tetap menggunakan program aplikasi tersebut secara ilegal atau tidak dengan membeli produk dan lisensinya, yang lazim disebut dengan istilah 'bajakan' atau 'pak tani'. Hmm, sebagai warga negara yang baik dan praktisi di dunia komputer, sudah selayaknya kita paham dan mengerti mana pilihan yang terbaik untuk kita, hehehehe.

Oke deh, pada tulisan kali ini aku akan memberi tahu dan menjelaskan sedikit tentang salah satu program aplikasi perkantoran yang bisa dijadikan alternatif, yaitu LibreOffice. Ketika tulisan ini dipublikasikan kebetulan LibreOffice baru saja mengeluarkan rilis atau versi barunya, yaitu LibreOffice 7.0. Nah, di sini aku akan menjelaskan cara melakukan pengunduhan file instalasi dan proses instalasinya. Berikut penjelasannya.
  1. Unduh file instalasi di halaman situs www.libreoffice.org. Cari halaman unduh, lalu pilih versi yang sesuai dengan sistem operasi yang digunakan. Lalu klik Download (lihat tanda panah), tunggu sampai file berhasil atau selesai di-unduh.

    unduh file instalasi
    unduh file instalasi

  2. Setelah file instalasi berhasil di-unduh, lakukan proses instalasi, caranya klik 2x pada file instalasi atau bisa juga dengan klik kanan pada file instalasi, lalu klik Install (lihat tanda panah).

    klik Install
    klik Install

  3. Apabila muncul kotak peringatan keamanan (security warning) abaikan saja, lalu klik Run (lihat tanda panah).

    klik Run
    klik Run

  4. Proses instalasi LibreOffice 7.0 akan dimulai, untuk melanjutkan klik Next > (lihat tanda panah).

    klik Next >
    klik Next >

  5. Pilihan pengaturan komponen-komponen yang akan di-install. Untuk pemula sebaiknya pilih pengaturan default atau Typical. Lalu klik Next > (lihat tanda panah).

    klik Next >
    klik Next >

  6. Kemudian muncul pilihan untuk membuat ikon jalan pintas (shortcut) pada desktop dan pilihan otomatis menjalankan LibreOffice 7.0 begitu komputer dinyalakan. Hmm, untuk pemula sebaiknya diabaikan saja, lalu klik Install (lihat tanda panah).

    klik Install
    klik Install

  7. Kemudian proses instalasi akan berjalan, tunggu sampai prosesnya selesai.

    proses instalasi sedang berjalan
    proses instalasi sedang berjalan

  8. Proses instalasi telah selesai. Klik Finish (lihat tanda panah).

    klik Finish
    klik Finish

  9. Sampai langkah di atas (langkah ke-delapan) sebetulnya proses instalasi LibreOffice 7.0 telah selesai. Nah, mulai dari langkah ini dan seterusnya adalah sebagai tambahan saja.
    Pada beberapa langkah sebelumnya (langkah ke-enam), secara default sistem memilih untuk membuat ikon jalan pintas (shortcut) LibreOffice 7.0 di desktop dan inilah hasilnya (lihat tanda panah). Fungsinya adalah untuk mempermudah pengguna (user) mengakses dan mulai menjalankan program aplikasi LibreOffice 7.0.

    ikon jalan pintas (shortcut) LibreOffice 7.0 di desktop
    ikon jalan pintas (shortcut) LibreOffice 7.0 di desktop

  10. Oh iya, ukuran kumpulan file LibreOffice 7.0 hasil instalasi adalah 590 MB. Jadi apabila anda ingin meng-install program aplikasi LibreOffice 7.0 di komputer kesayangan anda, pastikan ada ruang kosong di harddisk komputer anda yang lebih dari itu.

    ukuran file LibreOffice 7.0
    ukuran file LibreOffice 7.0

  11. Sekarang kita coba menjalankan program aplikasi LibreOffice 7.0 yang baru saja di-install. Cara mudahnya adalah dengan cukup melakukan klik 2x pada ikon jalan pintas (shortcut) LibreOffice 7.0 di desktop. Hmm, jika cara tersebut adalah cara cepat atau cara pendeknya, aku akan mencoba cara panjangnya, hehehehe. Caranya adalah dengan melakukan klik pada Start > All Programs >
    LibreOffice 7.0 > LibreOffice
    (lihat tanda panah).
    Apabila anda ingin langsung membuka salah satu komponennya, misalnya LibreOffice Calc (mirip Microsoft Excel) atau LibreOffice Writer (mirip Microsoft Word), anda bisa langsung pilih atau klik pada salah satu komponen tersebut.

    klik LibreOffice
    klik LibreOffice

  12. Hmm, sebagai contoh aku akan coba menjalankan LibreOffice Calc yang secara fungsi mirip dengan Microsoft Excel. Klik Calc Spreadsheet (lihat tanda panah).

    klik Calc Spreadsheet
    klik Calc Spreadsheet

  13. Yup, beginilah tampilan antaramuka LibreOffice Calc yang secara fungsi mirip dengan Microsoft Excel.

    tampilan antarmuka LibreOffice Calc
    tampilan antarmuka LibreOffice Calc

Bagaimana? Mudah sekali bukan melakukan instalasi program aplikasi LibreOffice 7.0. Nah, pada tulisan-tulisan selanjutnya aku akan coba menjelaskan cara mengoperasikannya yang sering diaplikasikan atau digunakan untuk operasional perkantoran. Sering-sering berkunjung ke sini yah untuk mendapatkan tips dan trik lainnya, hehehehe. ^,^

Artikel terkait:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Loading...