12 Agustus 2020

LibreOffice 7.0 Membutuhkan Dukungan Java Runtime Environment (JRE)

LibreOffice 7.0 Membutuhkan Java Runtime Environment (JRE)
LibreOffice 7.0 Membutuhkan Java Runtime Environment (JRE)

Pada tulisan kali ini aku akan menjelaskan studi kasus tentang permasalahan salah satu program aplikasi LibreOffice 7.0, yaitu LibreOffice Base yang tidak mau membuka atau menjalankan beberapa fiturnya karena sesuatu hal. Pada gambar di atas muncul kotak peringatan yang menjelaskan jika LibreOffice membutuhkan Java Runtime Environment untuk menjalankan fitur tersebut.

Oke deh, sebelum bergerak lebih lanjut, kita pastikan dahulu apakah Java Runtime Environment yang dibutuhkan memang belum ter-install pada sistem operasi. Untuk memeriksanya, buka atau jalankan program aplikasi LibreOffice, lalu klik Tools > Options (lihat tanda panah).

klik Tools > Options
klik Tools > Options

Kemudian klik Advanced (lihat panah 1). Lalu perhatikan pada bagian Java Options (lihat panah 2), apabila kotak yang berwarna putih kosong artinya memang Java Runtime Environment (JRE) belum ter-install di sistem operasi tersebut. Apabila JRE sudah ter-install, akan muncul keterangan tentang JRE di kotak tersebut.

JRE memang belum ter-install
JRE memang belum ter-install

Karena Java Runtime Environment (JRE) yang dibutuhkan belum tersedia, maka terlebih dahulu kita harus mengunduhnya di halaman situs java.com. Berikut penjelasan lebih lengkapnya.
  1. Unduh file instalasi Java Runtime Environment (JRE) sesuai dengan versi yang dibutuhkan di halaman situs java.com. Cari halaman unduh, lalu klik Agree and Start Free Download (lihat tanda panah).

    halaman unduh Java Runtime Environment (JRE)
    halaman unduh Java Runtime Environment (JRE)

  2. Kemudian proses pengunduhan akan berjalan, tunggu sampai file instalasi berhasil atau selesai di-unduh.

    proses pengunduhan sedang berjalan
    proses pengunduhan sedang berjalan

  3. Lalu eksekusi atau jalankan file instalasi yang tadi di-unduh (lihat tanda panah). Caranya bisa dengan di-klik 2x, atau klik kanan lalu klik Open, atau klik kanan lalu klik Run as administrator.

    eksekusi file instalasi
    eksekusi file instalasi

  4. Kemudian muncul kotak informasi tentang perjanjian lisensi Java Runtime. Baca dan pahami dengan seksama. Jika anda setuju, lanjutkan proses instalasi dengan klik Install (lihat tanda panah).

    klik Install
    klik Install

  5. Kemudian proses instalasi akan berjalan, tunggu sampai prosesnya selesai.

    proses instalasi sedang berjalan
    proses instalasi sedang berjalan

  6. Tak lama kemudian proses instalasi pun selesai. Klik Close (lihat tanda panah).

    klik Close
    klik Close

  7. Kemudian jalankan kembali LibreOffice, lalu klik Tools > Options, kemudian klik Advanced. Nah, apabila proses instalasi Java Runtime Environment (JRE) yang tadi dilakukan benar dan sukses, maka akan muncul keterangan dari JRE yang ter-install (lihat panah 1). Untuk menghubungkan JRE dengan LibreOffice, klik radio button pada pilihan versi JRE tersebut (lihat panah 1). Kemudian klik OK (lihat panah 2). Selesai. ^,^

    JRE telah ter-install dan terhubung dengan LibreOffice
    JRE telah ter-install dan terhubung dengan LibreOffice

Artikel terkait:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar