4 November 2020

Mengganti Aki Yamaha V-ixion

Mengganti Aki Yamaha V-ixion (FZ150i v2)
Mengganti Aki Yamaha V-ixion (FZ150i v2)

Hmm, acara iseng-iseng hari ini adalah mengganti aki si Nero atau sepeda motor Yamaha V-ixion (FZ150i v2) produksi tahun 2011. Ceritanya waktu tadi pagi mau dinyalakan akinya drop, begitu kunci kontak pada posisi on, lampu indikator posisi netral (warna hijau) pada panel speedometer tidak menyala, begitu juga dengan lampu utama atau lampu depan.

Setelah dilakukan pengecekan dengan multitester, tegangan aki menunjukkan angka 5,7 volt. Jauh dari tegangan aki normal di sekitar angka 12,5 volt. Oke deh, lepas aki lalu coba dicas dahulu. Dan hasilnya ow ow, charger aki memberi informasi bahwa aki tersebut kondisinya sudah soak (bad battery). Hmm, kalau dilihat dari usia aki sih memang sudah layak diganti karena sudah terpakai selama sekitar 6 tahun, hohohoho. Lazimnya sebuah aki bisa dikatakan bagus apabila bisa digunakan di atas 3 tahun pemakaian.

Sebagai informasi, penggantian aki pada Nero kali ini adalah yang kedua kali, di mana sebelumnya diganti pada Agustus 2014. Bisa dikatakan pemakaian aki pada sepeda motor ini di atas ekspektasi karena di usianya yang sekitar 9 tahun (ketika tulisan ini dipublikasikan) dilakukan sebanyak 2 kali penggantian aki.

Dapatkan harga promo penawaran menarik dengan membeli aki GS GTZ5S di sini:

aki gs gtz5s
bukalapak

shopee

tokopedia

jd.id

blibli


Oke deh, ayo kita mulai acara main bengkel-bengkelannya, hehehehe.
  1. Lepas jok (tempat duduk), lalu taruh jok tersebut di tempat yang aman.

    lepas jok
    lepas jok

  2. Kemudian lepas klip pengait penahan aki (lihat tanda panah). Caranya cukup dilepas dengan tangan.

    lepas klip penahan aki
    lepas klip penahan aki

  3. Lalu lepas baut pengunci kutub (-) aki (lihat panah A), gunakan obeng (+). Kemudian dilanjutkan dengan melepas baut pengunci kutub (+) aki (lihat panah B).

    lepas baut pengunci kepala aki
    lepas baut pengunci kepala aki

  4. Lalu lepas aki dari dudukannya.

    lepas aki dari dudukannya
    lepas aki dari dudukannya

  5. Siapkan aki baru. Spesifikasi aki sepeda motor Yamaha V-ixion (FZ150i v2) adalah 12 volt - 3,5 ampere. Terserah apapun merk-nya, yang penting spesifikasi dan dimensinya sama atau yang mendekati. Pada kasus kali ini aki baru adalah aki jenis MF (Maintenance Free) produk GS seri GTZ5S.

    siapkan aki baru
    siapkan aki baru

  6. Apabila aki baru telah siap, langsung saja dipasang pada tempatnya. Oh iya, ada baiknya di sekitar dudukan aki dibersihkan dulu dari kotoran dan debu. Setelah itu baru deh dipasang akinya. Kemudian pasang dan kencangkan baut pengunci kepala aki (lihat panah A dan B). Memasangnya jangan sampai terbalik dan sesuai urutan, yaitu pasang dulu kutub (+), lalu dilanjutkan dengan memasang kutub (-).

    pasang aki baru
    pasang aki baru

  7. Sekalian jalan, periksa komponen-komponen yang berada di sekitar aki, seperti sekring, rumah sekring dan pengkabelan.

    cek sekring dan pengkabelan
    cek sekring dan pengkabelan

  8. Kemudian pasang kembali klip pengait penahan aki (lihat tanda panah).

    pasang kembali klip penahan aki
    pasang kembali klip penahan aki

  9. Terakhir, pasang kembali jok pada tempatnya. Selesai. ^,^

    pasang kembali jok
    pasang kembali jok

Tonton video-nya di sini:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Loading...