13 Desember 2020

Tekanan Angin Ban Suzuki XL7

Tekanan Angin Ban Suzuki XL7
Tekanan Angin Ban Suzuki XL7


Tak bisa dipungkiri, nilai atau besaran tekanan angin ban pada sebuah kendaraan adalah salah satu faktor yang berpengaruh pada tingkat kenyamanan dan keamanan kendaran tersebut ketika dikendarai. Pada kasus di lapangan tak jarang kita melihat atau mendengar beberapa kasus kecelakaan terjadi diawali oleh kejadian pecah ban.

Salah satu penyebab kejadian pecah ban adalah nilai tekanan angin pada ban tersebut tidak sesuai dari nilai yang telah ditentukan. Nah, jadi salah satu usaha untuk menghindari atau meminimalisir kejadian tersebut adalah dengan memperhatikan nilai tekanan angin ban pada kendaraan anda.

Sebagai informasi, mobil Suzuki XL7 Alpha produksi tahun 2020 dibekali velg berdiameter 16 inch dengan lebar 6 inch. Oleh pabrikan velg tersebut dibalut dengan ban Dunlop Enasave EC300+ berukuran 195/60 R16.

Dunlop Enasave EC300+ 195/60 R16
Dunlop Enasave EC300+ 195/60 R16

Untuk mengetahui berapa nilai atau besaran tekanan angin ban ideal menurut pabrikan caranya cukup mudah, yaitu dengan melihat label panduan tekanan angin ban (tire pressure) yang terletak pada body mobil di sekitar pintu supir atau pintu ruang kemudi (lihat tanda panah pada gambar di bawah).

letak label panduan
letak label panduan
panduan nilai tekanan angin ban
panduan nilai tekanan angin ban

Pada label panduan tersebut tertulis dengan jelas bahwa tekanan angin ban untuk ke-empat ban dengan kondisi mobil diisi 1-4 orang adalah senilai 29 psi (200 kPa atau 2 kgf/cm2). Sementara jika mobil diisi dengan 5-7 orang, maka tekanan angin untuk ban depan adalah senilai 32 psi (220 kPa atau 2,2 kgf/cm2) dan untuk ban belakang senilai 38 psi (260 kPa atau 2,6 kgf/cm2). Oh iya, nilai tersebut berlaku untuk velg dan ukuran ban bawaan pabrik, yaitu 195/60 R16.

Berdasarkan pengalaman di lapangan, ada beberapa pengemudi yang merasa kurang pas dengan nilai tekanan angin ban sesuai anjuran pabrikan, hal tersebut adalah wajar karena selera setiap orang relatif. Biasanya terdapat selisih nilai 2-3 psi dari rekomendasi pabrikan. ^,^

Tonton video-nya di sini:

Artikel terkait:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Loading...