2 September 2020

Pola Urutan Melepas & Memasang Mur Roda Mobil

Pekerjaan Melepas & Memasang Roda Mobil
Pekerjaan Melepas & Memasang Roda Mobil

Pekerjaan melepas dan memasang roda mobil adalah salah satu kemampuan dasar yang wajib dikuasai oleh seorang pengemudi. Pekerjaan ini sebetulnya sangat mudah untuk dilakukan oleh pengemudi pemula sekalipun, namun kasus di lapangan masih banyak yang belum dapat melakukannya dengan baik dan sempurna.

Salah satu teknik yang sering kurang diperhatikan adalah dalam hal melepas (mengendurkan) dan memasang (mengencangkan) roda tersebut. Seperti yang kita ketahui bahwa roda (velg dan ban) dihubungkan ke mobil dengan bantuan beberapa buah baut dan mur, lazimnya pada mobil kecil menggunakan 3 sampai 6 buah baut dan mur.

Agar roda dapat dipasang dengan baik dan sempurna, dalam mengendurkan dan mengencangkan mur roda ada urutan atau pola yang sebaiknya diikuti. Secara umum polanya adalah bersilangan, kecuali untuk roda yang menggunakan hanya 3 buah mur. Hmm, sepertinya roda dengan 3 buah mur (contohnya Renault Kwid) sangat jarang ditemui di sini, hehehehe.

Oh iya, kenapa urutannya harus bersilangan? Yup, agar kekuatan atau tekanan baut pada roda dapat terdistribusi secara merata. Nah, hal ini dapat meminimalisir kejadian seperti baut patah, mur susah dilepas, roda terpasang miring atau yang paling berbahaya adalah kejadian velg patah di sekitar lubang baut, serta roda terlepas ketika mobil sedang dikendarai.

Berikut urutan atau pola ketika melepas (mengendurkan) dan memasang (mengencangkan) roda mobil.
  • Pola 4 buah mur
    contoh pola urutan 4 buah mur
    contoh pola urutan 4 buah mur

    Gambar di atas adalah contoh urutan atau pola melepas (mengendurkan) dan memasang (mengencangkan) mur roda dengan jumlah 4 buah mur. Hmm, jika digambar garis imajiner, maka akan membentuk pola silang (+). Oh iya, untuk urutan mur pertama terserah anda mau dimulai dari mur yang mana.

  • Pola 5 buah mur
    contoh pola urutan 5 buah mur
    contoh pola urutan 5 buah mur

    Gambar di atas adalah contoh urutan atau pola melepas (mengendurkan) dan memasang (mengencangkan) mur roda dengan jumlah 5 buah mur. Hmm, jika digambar garis imajiner, maka akan membentuk pola bintang (star). Atau agar lebih mudah diingat, untuk mur berikutnya lompati (lewatkan) 1 mur dari mur yang terakhir dikendurkan atau dikencangkan. Oh iya, untuk urutan mur pertama terserah anda mau dimulai dari mur yang mana.

  • Pola 6 buah mur
    contoh pola urutan 6 buah mur
    contoh pola urutan 6 buah mur

    Gambar di atas adalah contoh urutan atau pola melepas (mengendurkan) dan memasang (mengencangkan) mur roda dengan jumlah 6 buah mur. Hmm, agar lebih mudah diingat urutannya akan membentuk pola: mur pertama, lompat 2 mur, lompat 1 mur, lompat 2 mur, lompat 1 mur, lompat 2 mur (mur terakhir). Oh iya, untuk urutan mur pertama terserah anda mau dimulai dari mur yang mana.

Kemudian yang juga harus diperhatikan adalah selalu gunakan kunci roda yang sesuai dengan ukuran dan bentuk mur. Selanjutnya ketika mengencangkan mur, pastikan roda telah dipasang dengan benar, pas dan tidak miring. Lalu kencangkan dengan torsi yang tepat (tidak terlalu kencang ataupun tidak terlalu kendur). Oke deh, semoga bermanfaat. ^,^

Tonton video-nya di sini:

Artikel terkait:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar