11 Agustus 2020

Komponen LibreOffice 7.0

Komponen LibreOffice 7.0
Komponen LibreOffice 7.0

Sebagai paket program aplikasi yang bisa didapatkan secara gratis tanpa membeli lisensi dan bebas digunakan, LibreOffice 7.0 termasuk lengkap dan bisa diandalkan sebagai penunjang kegiatan administrasi perkantoran. Terdapat 6 program aplikasi yang merupakan komponen dari LibreOffice 7.0, yaitu Writer, Calc, Impress, Draw, Math dan Base.

komponen-komponen LibreOffice 7.0
komponen-komponen LibreOffice 7.0


Berikut sedikit penjelasan dari komponen-komponen LibreOffice 7.0.
  1. LibreOffice Writer
    LibreOffice Writer adalah program aplikasi pengolah kata yang merupakan salah satu komponen dari paket program aplikasi LibreOffice 7.0. Digunakan untuk membuat atau menulis naskah, surat atau dokumen yang lazimnya mayoritas isinya didominasi oleh teks dan gambar. Jika anda sudah terbiasa menggunakan Microsoft Office, program aplikasi ini mirip dengan Microsoft Word.

    Format file bawaannya berekstensi .odt (open document text). Selain itu bisa juga membuka dan menyimpan dokumen dalam format .doc, .docx, .rtf, .pdf dan yang lainnya.

    tampilan LibreOffice Writer
    tampilan LibreOffice Writer

  2. LibreOffice Calc
    LibreOffice Calc adalah program aplikasi pengolah data yang merupakan salah satu komponen dari paket program aplikasi LibreOffice 7.0. Digunakan untuk membuat dokumen berupa laporan yang di dalamnya terdapat tabel data, operasi hitung, fungsi logika, grafik, diagram dan informasi lainnya. Jika anda sudah terbiasa menggunakan Microsoft Office, program aplikasi ini mirip dengan Microsoft Excel.

    Format file bawaannya berekstensi .ods (open document spreadsheet). Selain itu bisa juga membuka dan menyimpan dokumen dalam format .xls.xlsx.csv.pdf dan yang lainnya.

    tampilan LibreOffice Calc
    tampilan LibreOffice Calc

  3. LibreOffice Impress
    LibreOffice Impress adalah program aplikasi pengolah tampilan yang merupakan salah satu komponen dari paket program aplikasi LibreOffice 7.0. Digunakan untuk membuat dokumen berupa tampilan atau slide yang digunakan untuk presentasi di depan publik. Jika anda sudah terbiasa menggunakan Microsoft Office, program aplikasi ini mirip dengan Microsoft PowerPoint.

    Format file bawaannya berekstensi .odp (open document presentation). Selain itu bisa juga membuka dan menyimpan dokumen dalam format .ppt.pptx.pdf dan yang lainnya.

    tampilan LibreOffice Impress
    tampilan LibreOffice Impress

  4. LibreOffice Draw
    LibreOffice Draw adalah program aplikasi pengolah gambar yang merupakan salah satu komponen dari paket program aplikasi LibreOffice 7.0. Digunakan untuk membuat dokumen berupa tampilan gambar, simbol, diagram alir (flowchart) atau bagan topologi yang digunakan untuk presentasi atau keperluan lainnya. Jika anda sudah terbiasa menggunakan Microsoft Office, program aplikasi ini mirip dengan Microsoft Visio.

    Format file bawaannya berekstensi .odg (open document drawing). Selain itu bisa juga membuka dokumen dalam format .vsd.vsdx, .jpg, .png.psd.pdf dan yang lainnya.

    tampilan LibreOffice Draw
    tampilan LibreOffice Draw

  5. LibreOffice Math
    LibreOffice Math adalah salah satu komponen dari paket program aplikasi LibreOffice 7.0 yang digunakan untuk membuat atau menulis persamaan dan rumus matematika. Jika anda sudah terbiasa menggunakan Microsoft Office, program aplikasi ini mirip dengan Microsoft Equation Editor.

    Format file bawaannya berekstensi .odf (open document formula). Selain itu bisa juga membuka dokumen dalam format .sxm dan .mml. Sama seperti Microsoft Equation Editor biasanya LibreOffice Math digunakan di dalam atau menjadi bagian dari isi dokumen pada Writer, Calc atau Impress yang berhubungan dengan penulisan persamaan atau rumus matematika.

    tampilan LibreOffice Math
    tampilan LibreOffice Math

  6. LibreOffice Base
    LibreOffice Base adalah program aplikasi pengolah basis data yang merupakan salah satu komponen dari paket program aplikasi LibreOffice 7.0. Digunakan untuk membuat dan mengolah basis data terstruktur. Jika anda sudah terbiasa menggunakan Microsoft Office, program aplikasi ini mirip dengan Microsoft Access.

    Format file bawaannya berekstensi .odb (open document database).

    tampilan LibreOffice Base
    tampilan LibreOffice Base

Yup, itulah sedikit penjelasan tentang komponen-komponen dari paket program aplikasi LibreOffice 7.0 yang bisa digunakan dengan bebas dan gratis tanpa harus membeli lisensi. Secara umum sudah bisa menggantikan fungsi dari Microsoft Office yang merupakan paket program aplikasi berbayar. Nah, sampai di sini tinggal masalah kebiasaan dan adaptasi dari pengguna (user). Karena pada dasarnya kita akan menjadi bisa karena terbiasa, hehehehe. ^,^

Artikel terkait:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Loading...