27 Desember 2020

Cara Membuka Tutup Tangki Bensin Suzuki XL7

Letak Tutup Tangki Bensin Suzuki XL7
Letak Tutup Tangki Bensin Suzuki XL7

Salah satu hal sepele tetapi sering membingungkan pengemudi ketika sedang mengemudikan mobil baru, mobil sewa (rental) atau mobil pinjaman yang sebelumnya belum pernah mengemudikan mobil jenis tersebut adalah tentang di mana letak pintu bahan bakar dan bagaimana cara membukanya. Tak jarang ditemui kasus di lapangan jika petugas pengisi bahan bakar di SPBU (pom bensin) lebih paham tentang hal seperti ini dibandingkan dengan pengemudi mobil tersebut, hehehehe.

Oke deh, pada kesempatan kali ini aku akan memberi tahu tentang cara membuka tutup tangki bensin (bahan bakar) pada mobil Suzuki XL7 produksi tahun 2020. Simak penjelasan berikut.
  1. Bagi pengemudi, untuk mengetahui di mana letak posisi pintu bahan bakar pada mobil Suzuki XL7 tanpa keluar dari dalam mobil adalah dengan melihat pada panel speedometer. Perhatikan arah tanda panah pada indikator bahan bakar, yaitu menunjuk ke arah kiri yang artinya adalah posisi pintu bahan bakar terletak pada sisi mobil sebelah kiri. Jadi apabila pada SPBU (pom bensin) di mana anda akan mengisi bahan bakar menerapkan 2 (dua) jalur antrian, maka ambil jalur sebelah kanan dari pompa bensin.

    posisi letak pintu tangki bensin bisa dilihat pada panel speedometer
    posisi letak pintu bahan bakar bisa dilihat pada panel speedometer

  2. Kemudian tarik ke atas atau congkel tuas pembuka pintu bahan bakar yang terletak di sekitar bawah sebelah kanan tempat duduk (jok) pengemudi (lihat tanda panah).

    letak tuas pembuka pintu bahan bakar
    letak tuas pembuka pintu bahan bakar

  3. Ketika tuas tersebut ditarik maka secara otomatis pintu bahan bakar akan terbuka (lihat tanda panah).

    pintu bahan bakar akan terbuka ketika tuas ditarik
    pintu bahan bakar akan terbuka ketika tuas ditarik

  4. Kemudian buka penutup tangki bahan bakar dengan cara memutarnya berlawanan arah jarum jam (lihat tanda panah).

    buka tutup tangki bahan bakar
    buka tutup tangki bahan bakar

  5. Lalu lakukan proses pengisian bahan bakar melalui lubang pengisian bahan bakar (lihat tanda panah). Sebagai informasi, kapasitas tangki bahan bakar Suzuki XL7 adalah sekitar 45 liter.

    lubang pengisian bahan bakar
    lubang pengisian bahan bakar

  6. Setelah proses pengisian bahan bakar (bensin) selesai, pasang dan rapatkan kembali tutup bahan bakar dengan cara memutarnya searah jarum jam sampai terdengar bunyi klik (lihat tanda panah).

    pasang kembali tutup bahan bakar
    pasang kembali tutup bahan bakar

  7. Kemudian tutup dan rapatkan kembali pintu bahan bakar dengan cara menekannya (lihat tanda panah). Selesai. ^,^

    rapatkan kembali tutup pintu bahan bakar
    rapatkan kembali tutup pintu bahan bakar

Sebagai catatan:
Kasus di lapangan, di mana mayoritas SPBU milik Pertamina menyediakan petugas pada setiap pompa bensinnya (kecuali pada sebagian SPBU Pertamina di kota-kota besar yang berlabel self service), pengemudi hanya perlu melakukan langkah sampai membuka pintu bahan bakar (langkah nomor 2 pada tulisan ini) dan membayar saja, sementara untuk membuka tutup tangki bahan bakar, melakukan pengisian bahan bakar, memasang kembali tutup tangki bahan bakar dan menutup kembali pintu bahan bakar (langkah nomor 4 sampai 7 pada tulisan ini) dilakukan oleh petugas SPBU.

Enak sekali tho? Jadi tidak perlu keluar dari mobil, cukup membuka kaca jendela saja. Hmm, kondisi yang berbeda dengan di luar negeri di mana kita (pengemudi) diharuskan melakukan pengisian bahan bakar secara sendiri, sementara petugas hanya menunggu di kasir atau loket dan baru membantu ketika ada masalah atau kondisi darurat, hehehehe. ^,^

Tonton video-nya di sini:

Artikel terkait:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar