12 November 2020

Sepatu Sepak Bola Merk Lokal Di Negara Jepang

Sepatu Sepak Bola Merk Lokal Di Negara Jepang
Sepatu Sepak Bola Merk Lokal Di Negara Jepang

Jepang merupakan salah satu negara di wilayah benua Asia yang termasuk sukses prestasi sepak bolanya. Hal ini dibuktikan dengan beberapa kali keikutsertaan negara Jepang di perhelatan Piala Dunia Sepak Bola (FIFA World Cup). Film animasi Captain Tsubasa, Ganbare Kickers!, game konsol PlayStation Winning Eleven merupakan beberapa contoh bahwa sepak bola sangat menarik dan berkembang di negara tersebut.

Seperti kita ketahui, produk-produk buatan Jepang sudah terkenal dengan kualitasnya, termasuk juga untuk produk sepatu sepak bola. Hmm, Untuk produk sepatu sepak bola buatan Jepang kita sudah familiar dengan nama Mizuno dan ASICS. Yup, karena kedua merk tersebut mudah ditemukan di pasar Indonesia. Namun, jika anda berkunjung ke negara Jepang, anda akan menjumpai merk-merk sepatu sepak bola yang terdengar asing atau tidak pernah anda lihat sebelumnya, hehehehe.

Oke deh, karena merk Mizuno dan ASICS sudah aku bahas pada artikel sebelumnya (baca: 2 Merk Terbaik Sepatu Sepak Bola Asal Jepang), maka berikut ada 4 (empat) merk sepatu sepak bola lokal selain merk Mizuno dan ASICS yang bisa anda temukan ketika berkunjung ke negara Jepang.
  1. Adler
    Adler logo
    Adler logo

    Adler diadopsi dari bahasa Jerman yang artinya burung elang atau eagle dalam bahasa Inggris. Adler berdiri di bawah perusahaan Oval Trading Co.,Ltd. yang berada di Osaka, Jepang. Sepatu sepak bola buatan Adler adalah sepatu yang dibuat dengan tangan (handmade). Kemudian ciri khas lainnya adalah terdapat jahitan pada bagian telapak (sol) sepatu yang membuat sepatunya lebih kuat. Hmm, kalau di Indonesia hal menjahit bagian sol sepatu lazim dilakukan oleh konsumen setelah sepatu digunakan 1-3 kali pemakaian. Yup, tujuannya agar bagian sol semakin kuat dan tidak mudah terlepas, sepatu menganga atau sepatu lapar istilahnya, hehehehe.

    Sepatu merk Adler terbuat dari 2 jenis bahan kulit, yaitu kulit kanguru asli dan kulit sintetis. Ada beberapa nama seri sepatu, di antaranya Reggio, Girona, Toledo, Nebraska dan Reims. Saat ini sepatu sepak bola merk Adler dibanderol pada rentang harga sekitar 9.000-12.000 Yen (JPY).

    Produk-produk Adler bisa dilihat pada halaman situs https://adlerfootball.jp

    Adler Toledo MS AD107
    Adler Toledo MS AD107


  2. Svolme
    Svolme logo
    Svolme logo

    Menurutku sepatu sepak bola merk Svolme terlihat lebih menarik atau eye-catching ketika sedang digunakan di lapangan. Hmm, mungkin karena desain sepatu dan juga logonya yang terlihat ramai, hehehehe. Bernaung di bawah perusahaan Svolme Co.,Ltd. yang berpusat di Tokyo, Jepang, perusahaan ini berdiri pada 20 April 2006.

    Sepatu sepak bola buatan Svolme dengan nama seri Delsalma sampai saat ini telah rilis versi ke-4. Ada 2 pilihan bahan sepatu yang bisa dipilih, yaitu berbahan kulit kanguru asli (seri LE) dan berbahan kulit sintetis (seri SL). Oh iya, sepatu merk Svolme ini bisa dibilang cukup mahal karena dibanderol pada rentang harga 13.000-18.700 Yen (JPY).

    Produk-produk Svolme bisa dilihat di halaman situs http://www.svolme.net

    Svolme Delsalma-4 LE YK
    Svolme Delsalma-4 LE YK


  3. Gavic
    Gavic logo
    Gavic logo

    Gavic adalah akronim dari padanan kata Gain Victory. Pada mulanya (berdiri sejak tahun 2012) Gavic fokus pada produk apparel dan sepatu futsal, kemudian pada tahun 2018 mulai meramaikan dunia sepatu sepak bola di Jepang. Nama seri sepatu sepak bola merk Gavic antara lain Mathieu Ichi Ten, Mathieu Ichi Jin dan Mathieu Jin 20.

    Produk-produk Gavic bisa dilihat di halaman website https://gavic.jp dan laman instagram https://www.instagram.com/gavicofficial

    Gavic Mathieu Ichi Ten
    Gavic Mathieu Ichi Ten


  4. Yasuda
    Yasuda logo
    Yasuda logo

    Yasuda sebetulnya merupakan pemain lama di dunia sepatu sepak bola negara Jepang. Bermula dari toko sepatu yang didirikan oleh Shigeharu Yasuda di daerah Koishikawa, Tokyo, Jepang pada sekitar tahun 1932. Pada tahun 1936 Yasuda ikut berkontribusi untuk negara Jepang pada gelaran Olimpiade Berlin, Jerman karena beberapa pemain menggunakan sepatu dari tokonya.

    Namun pada tahun 2002 atau beberapa saat sebelum gelaran Piala Dunia 2002 Korea-Jepang, Yasuda dinyatakan bangkrut. Kemudian pada tahun 2018 Yasuda lahir kembali dengan nama perusahaan Yasuda Co.,Ltd. Setahun kemudian atau tepatnya pada bulan Maret 2019 Yasuda merilis sepatu sepak bola yang diberi nama YX-2019. Satu tahun berikutnya, yaitu pada Maret 2020 Yasuda kembali merilis sepatu seri terbarunya yang diberi nama Ligaresta.

    Produk-produk Yasuda bisa dilihat pada halaman situs https://yasudafootball.com

    Yasuda Ligaresta Pro-ex
    Yasuda Ligaresta Pro-ex

Catatan:
Untuk anda yang beragama Islam (Muslim), sebelum memutuskan untuk membeli atau memakai sepatu buatan luar negeri yang target pemasarannya adalah bukan untuk negara Muslim (seperti Indonesia, Malaysia, Timur Tengah dan atau sebagainya), pastikan bahwa produk tersebut tidak mengandung kulit babi asli. Kulit babi biasanya menggunakan istilah pigskin, natural pigskin, pig lining atau pigskin lining. Untuk produk seperti sepatu biasanya kulit babi digunakan pada bagian telapak bagian dalam (insole) dan lidah sepatu (tongue).


Artikel terkait:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Loading...