2 Desember 2020

Mengganti Terminal Aki Toyota Kijang Super (5K)

Terminal Aki
Terminal Aki

Hmm, ada yang agak aneh dengan si Kirun (Toyota Kijang Super warna merah marun) pagi ini. Ketika mesinnya akan dipanaskan ada gejala seperti kurang setrum atau tidak kuat starter. Seperti biasa, apabila setelah dicoba starter sebanyak 3-4 kali masih juga mesin tidak mau menyala, maka harus dilakukan pemeriksaan pada aki, relay starter, motor starter, busi, pengkabelan dan komponen lainnya.

Setelah dilakukan pemeriksaan, masalahnya pun ketemu dan masalah kali ini bisa dibilang agak langka, yaitu terminal (klem) pada kutub positif (+) aki mengalami kerusakan atau lebih tepatnya patah. Sangat jarang terjadi masalah seperti ini tho? Hohohoho. Perkiraannya mungkin sebelumnya pada saat mengencangkan mur-baut penguncinya tidak pas sehingga bisa patah. Tapi entahlah aku juga heran kok bisa sampai patah, hehehehe.

bagian yang patah
bagian yang patah

Oke deh, ayo kita mulai acara main montir-montirannya, hehehehe.
  1. Siapkan terminal aki yang baru. Oh iya, sesuaikan dengan ukuran kutub aki yang terpasang saat ini.

    terminal aki
    terminal aki

    Dapatkan harga promo penawaran menarik dengan membeli terminal aki model N70 di sini:

    terminal aki N70
    blibli

    shopee

    tokopedia


  2. Siapkan peralatan berupa 2 buah kunci pas 10'.

    kunci pas 10'
    kunci pas 10'

  3. Buka kap mesin. Oh iya, pastikan juga kunci kontak di posisi off atau lock. Kemudian dengan menggunakan kunci pas 10', kendurkan mur-baut pengunci pada terminal kutub negatif (-) aki, lalu lepas terminal tersebut dari kutub negatif (-) aki (lihat panah A). Setelah itu dengan cara yang sama, lepaskan terminal pada kutub positif (+) aki (lihat panah B).

    lepas kedua terminal aki
    lepas kedua terminal aki

  4. Kemudian pisahkan kabel-kabel yang terhubung dengan terminal positif (+) aki. Perhatikan dan ingat kabel-kabel tersebut agar nanti saat dirangkai kembali tidak ada yang terlewat.

    terminal lama yang rusak (patah)
    terminal lama yang rusak (patah)

  5. Kemudian dengan terminal positif (+) yang baru, rangkai kembali kabel-kabel yang tadi dilepas. Lalu pasang kembali terminal pada kutub positif (+) aki. Setelah itu kencangkan mur-baut penguncinya (lihat tanda panah).

    pasang terminal baru
    pasang terminal baru

  6. Hmm, karena terminal negatif (-) kondisinya masih OK dan tidak bermasalah, tidak perlu dilakukan penggantian. Tetapi jika mau sekalian diganti juga boleh kok, hehehehe. Yup, pasang kembali terminal pada kutub negatif (-) aki, lalu kencangkan mur-baut penguncinya (lihat tanda panah).

    pasang kembali terminal negatif (-)
    pasang kembali terminal negatif (-)

  7. Selesai deh. Nah, setelah terminal yang bermasalah tersebut diganti proses starting mesin pun jadi lancar kembali seperti semula. ^,^

    selesai, mesin bisa menyala dengan normal
    selesai, mesin bisa menyala dengan normal

Tonton video-nya di sini:

Artikel terkait:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar