17 Desember 2020

Cara Memperbanyak Tanaman Janda Bolong (Monstera adansonii)

Tanaman Janda Bolong (Monstera adansonii)
Tanaman Janda Bolong (Monstera adansonii)

Alhamdulillah, segala puji bagi Allah karena hanya dengan rahmat-Nya kita masih diberi kesehatan, kekuatan dan keceriaan dalam menjalani kehidupan di masa pandemi Covid-19 ini. Dan semoga Allah segera mengangkat serta melenyapkan Covid-19 dari dunia ini, aamiin.

Hmm, salah satu sektor usaha yang agak naik daun di masa pandemi ini adalah bisnis tanaman hias. Beberapa waktu yang lalu kita sempat dikejutkan dengan salah satu tanaman hias yang dihargai puluhan bahkan ratusan juta, yaitu Janda Bolong, hohohoho. Kondisi seperti ini mengingatkan kita untuk flashback ke beberapa tahun yang lalu dengan fenomena batu akik, di mana kala itu banyak orang yang secara mendadak berubah menjadi tukang asah batu dan kolektor batu (cincin).

Yup, kembali ke tanaman janda bolong. Ternyata tanaman yang satu ini ada banyak jenisnya dan ada yang secara fisik dan tampilan sangat mirip sehingga agak sulit membedakannya. Hmm, sebagai informasi, janda bolong berharga mahal yang beberapa waktu lalu sempat viral adalah janda bolong jenis variegata yang daunnya memiliki dua warna, yaitu kombinasi hijau-kuning atau hijau-putih. Konon tanaman tersebut termasuk tanaman impor atau berasal dari luar negeri.

Oh iya, beberapa bulan yang lalu aku diberi tanaman janda bolong oleh tetanggaku karena kebetulan di rumahnya sudah terlalu banyak tanaman dan tidak ada tempat kosong lagi untuk menaruhya, hohohoho. Hmm, janda bolong yang diberikan kepadaku tersebut memiliki nama ilmiah Monstera adansonii. Nah, kalau jenis yang ini tidak mahal harganya, sangat cocok untuk dipelihara oleh pemula sepertiku, hehehehe.

Monstera adansonii
Monstera adansonii

Baidewei, cara merawat tanaman merambat janda bolong Monstera adansonii menurutku sangatlah mudah, cukup ditaruh di tempat teduh yang tidak terkena sinar matahari secara langsung dan jaga kelembaban tanahnya. Sebagai informasi, pada kasus tanamanku di rumah setelah sekitar 2 bulan berhasil tumbuh 3 daun baru, padahal tanaman tersebut tidak diberi pupuk, hanya aku siram dengan air biasa setiap sore hari.

Dapatkan harga promo penawaran menarik dengan membeli tanaman hias Janda Bolong (Monstera adansonii) di sini:

Monstera adansonii
bukalapak

shopee

tokopedia

jd.id

blibli


Nah, kali ini aku akan coba memisahkan tanaman tersebut agar menjadi lebih banyak dan menjadi tanaman yang berdiri sendiri. Metode yang dipilih adalah stek (cutting), di mana ruas batang yang telah muncul tunas dan akar baru akan dipotong dari induknya. Menurutku inilah cara yang paling mudah. Hmm, oke deh, ayo kita mulai acaranya, hehehehe.
  1. Siapkan tanaman janda bolong (Monstera adansonii) yang sudah bisa diperbanyak atau dipisahkan. Salah satu indikatornya adalah telah muncul tunas atau akar baru pada ruas batang tanaman (lihat tanda panah).

    tanaman siap diperbanyak atau dipisahkan
    tanaman siap diperbanyak atau dipisahkan
    telah tumbuh akar baru
    telah tumbuh akar baru

  2. Siapkan peralatan berupa pisau (cutter), sendok semen (untuk memindahkan tanah) dan ember yang diisi air. Siapkan juga media tanam, pada kasus kali ini digunakan tanah sekam bakar yang akan ditaruh di dalam sebuah pot.

    peralatan dan bahan
    peralatan dan bahan

  3. Isi pot dengan tanah sekam bakar secukupnya.

    isi pot dengan tanah
    isi pot dengan tanah

  4. Perhatikan bagian tanaman yang akan dipisah. Kemudian gali atau sisihkan tanah di sekitar akar baru agar akar tersebut bisa diambil atau dikeluarkan dari dalam pot. Oh iya, lakukan secara hati-hati agar akar tidak putus dari batang.

    akar yang akan dikeluarkan
    akar yang akan dikeluarkan
    akar telah dikeluarkan
    akar telah dikeluarkan

  5. Kemudian potong ruas batang tersebut dengan menggunakan pisau (cutter).

    potong ruas batang
    potong ruas batang
    bagian tanaman yang dipisahkan
    bagian tanaman yang dipisahkan

  6. Kemudian masukkan bagian akar tanaman yang tadi dipisahkan ke dalam ember yang berisi air. Diamkan sejenak untuk menjaga kelembaban.

    masukkan tanaman ke dalam ember yang berisi air
    masukkan tanaman ke dalam ember yang berisi air

  7. Sementara itu rapihkan kembali tanah pada pot lama yang tadi telah diacak-acak saat proses pengambilan akar.

    rapihkan pot lama
    rapihkan pot lama

  8. Kemudian tanam tanaman yang tadi dipisahkan di dalam pot baru.

    siapkan media tanam pada pot baru
    siapkan media tanam pada pot baru
    tanaman telah berhasil dipindah
    tanaman telah berhasil dipindah

  9. Selesai deh. Sekarang tanaman hias janda bolong (Monstera adansonii) yang semula hanya ada satu pot telah bertambah menjadi dua pot, hehehehe. Bagaimana, mudah sekali kan? ^,^

    sekarang ada 2 pot tanaman janda bolong (Monstera adansonii)
    sekarang ada 2 pot tanaman janda bolong (Monstera adansonii)

Tonton video-nya di sini:

Artikel terkait:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Loading...