March 7, 2018

Cara Mudah Menggunakan Dan Merawat Ampia (Gilingan Mie)

Ampia
Ampia

Ampia? Benda apa lagi sih ini? Hehehehe. Hmm, mungkin kalau disebut dengan mesin gilingan mie baru pada mengerti. Yup, ampia sering disebut dengan (mesin) gilingan mie. Dalam bahasa londo alat ini disebut pasta machine atau pasta maker atau noodle machine. Di Benua Eropa, ampia familiar dengan negara Italia karena alat ini digunakan untuk membuat pasta.

Pada tulisan kali ini aku akan menjelaskan sedikit tentang cara menggunakan dan merawat ampia. Sebenarnya sangat mudah mengoperasikan ampia, cukup dengan sebentar saja membaca petunjuk penggunaan dan lalu mempraktekkannya, aku yakin anda pasti langsung bisa deh, hehehehe. Hmm, imho yang memerlukan pengalaman dan jam terbang adalah pasal menentukan tingkat ketipisan atau ketebalan adonan sebelum adonan tersebut dicetak.

Marcato, made in Italy
Marcato, made in Italy

Nah, kebetulan di rumah tersedia ampia jadul dengan merk Marcato, entah tipe dan seri berapa, karena kardus kemasannya sudah berada entah di mana, hehehehe. Bagi anda penggemar mie dan suka membuat mie sendiri di rumah (home made), alat ini wajib anda miliki di rumah karena sangat membantu dalam membuat mie. Selain mie, alat ini juga bisa digunakan untuk mencetak kue tusuk gigi atau kue bawang atau stick bawang.

Cara menggunakan ampia:
  • Secara umum ampia terdiri dari 3 bagian, yaitu Bagian Utama atau Mesin (A) yang berfungsi sebagai alat cetak dan alat giling, Handle (B) yang berfungsi sebagai alat pemutar, dan Table Clamp (C) yang berfungsi sebagai penahan atau pengunci ampia pada meja atau alas agar tidak bergerak atau berubah posisi ketika dioperasikan.

    bagian-bagian ampia
    bagian-bagian ampia

  • Taruh ampia di atas meja, tempatkan di sisi tepi sebelah kanan meja. Kemudian pasang dan kencangkan klem penguncinya (lihat panah A). Lalu pasang handle di salah satu lubang yang berada di sisi sebelah kanan ampia, sesuaikan ampia akan digunakan sebagai apa?
    Rinciannya:
    Lubang B1 untuk proses menggiling atau menipiskan atau memipihkan adonan.
    Lubang B2 untuk proses mencetak adonan kue tusuk gigi atau mie pipih lebar (fettuccine).
    Lubang B3 untuk proses mencetak mie ukuran biasa atau ukuran kecil.

    merangkai ampia
    merangkai ampia

  • Kemudian masukkan adonan dari bagian atas ampia. Seperti yang telah dijelaskan di atas, apabila ingin menipiskan atau memipihkan adonan masukkan ke bagian A, dengan terlebih dahulu melakukan pengaturan tingkat ketipisan pada knob yang berada di sebelah kiri (lihat panah B). Pada ampia seperti yang aku jelaskan kali ini terdapat 7 tingkatan, yaitu nomor 1-7, di mana semakin besar angkanya akan semakin tipis. Setelah dilakukan pengaturan tingkat ketipisan, kemudian masukkan adonan dari atas (lihat panah A), lalu putar handle-nya ke arah depan. Nah, nanti hasilnya akan keluar di bawah.
    Apabila ingin mencetak mie pipih lebar (fettuccine) atau kue tusuk gigi (kue bawang), masukkan adonan pada bagian yang ditunjukkan dengan panah C. Sementara untuk mencetak mie biasa, adonan dimasukkan pada bagian yang ditunjukkan dengan panah D.

    pengaturan ampia
    pengaturan ampia

  • Jadi deh, sangat mudah dioperasikan tho?

Cara merawat ampia:
  • Apabila ampia telah selesai digunakan, bersihkan terlebih dahulu di sekitar tempat penggilingan, cukup gunakan lap kering yang bersih. Setelah itu lepaskan bagian handle, kemudian lepaskan juga bagian table clamp. Lalu bersihkan dan lap sekali lagi seluruh komponen dengan menggunakan lap kering. Hmm, jangan pernah atau hindari membersihkan ampia dengan menggunakan air, karena akan menimbulkan karat.

    bagian-bagian ampia
    bagian-bagian ampia

  • Kemudian taruh ampia ditempat yang kering dan sejuk. Apabila masih ada plastik dan kardus kemasannya, masukkan ampia ke dalam plastik, lalu masukkan lagi ke dalam kardus kemasannya. Setelah itu taruh di tempat yang kering dan sejuk. ^,^

Artikel terkait:

1 comment:

  1. Very good post. I definitely appreciate this site. Keep it
    up!

    ReplyDelete