31 Maret 2018

Mengganti Bohlam Lampu Sein Jialing Kancil

Jialing Kancil (JL70-3)
Jialing Kancil (JL70-3)

Hmm, pada tulisan sebelumnya telah dijelaskan bagaimana cara mengganti bohlam lampu belakang (lampu rem dan lampu posisi atau lampu malam). Nah, pada tulisan kali ini aku akan menjelaskan tentang cara melakukan penggantian bohlam lampu sein pada sepeda motor imut-imut produksi tahun 2003, yaitu Jialing Kancil atau Jialing Pony (JL70-3), hehehehe.

Seperti biasa, praktisi main bengkel-bengkelan kali ini adalah si Wulan (Tomboy), saudara sepupuku. Oke deh, ayo kita perhatikan si Wulan melakukannya.
  1. Siapkan peralatan berupa obeng (+) dan kain lap. Dan juga bohlam lampu sein yang baru, ukurannya adalah 6 volt 8 watt. Setelah semua bahan dan peralatan telah siap, lepaskan mika lampu sein dengan menggunakan obeng (+) (lihat tanda panah). Hmm, pada kasus kali ini sebagai contoh adalah lampu sein belakang sebelah kiri.

    lepas mika lampu sein
    lepas mika lampu sein

  2. Kemudian lepas bohlam lampu sein (lihat tanda panah). Caranya adalah dengan menekannya sedikit ke dalam, lalu putar sedikit ke kiri (berlawanan arah jarum jam), lalu tarik keluar.

    lepas bohlam lampu sein
    lepas bohlam lampu sein

  3. Nah, inilah penampakan bohlam lampu sein, ukurannya adalah 6 volt 8 watt. Ganti dengan yang ukurannya sama persis karena apabila ukurannya tidak sama lampu sein tidak akan berfungsi secara normal seperti biasanya. Entah itu tidak mau menyala, menyala tetapi tidak mau berkedip atau intensitas kedipan tidak seperti biasanya (berkedip lebih cepat atau lebih lambat).

    bohlam lampu sein
    bohlam lampu sein

  4. Sebelum bohlam baru dipasang, ada baiknya bersihkan bagian dalam rumah lampu, serta periksa kondisi fitting, kabel beserta sambungannya.

    bersihkan bagian dalam rumah lampu
    bersihkan bagian dalam rumah lampu

  5. Kemudian pasang bohlam lampu sein yang baru (lihat tanda panah). Caranya cukup ditekan sedikit ke dalam, lalu putar ke kanan sedikit (searah jarum jam). Kemudian tes nyala dan fungsi lampu sebelum mika lampu sein dipasang kembali.

    pasang bohlam baru
    pasang bohlam baru

  6. Kemudian pasang kembali mika lampu sein, lalu pasang dan kencangkan sekrup penguncinya (lihat tanda panah). Selesai. ^,^

    pasang kembali mika lampu sein
    pasang kembali mika lampu sein

Tonton video-nya di sini:

Artikel terkait:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar