22 Maret 2018

Hok Lo Pan (Martabak Manis)

Hok Lo Pan (Martabak Manis) ala Rika
Hok Lo Pan (Martabak Manis) ala Rika

Yup, acara acak-acak dapur kali ini adalah membuat Hok Lo Pan atau Martabak Manis atau Terang Bulan. Kue ini sangat banyak penggemarnya dan sangat mudah menemukannya di daerahku (baca: Bandar Lampung), mulai dari yang murah meriah seharga sekitar Rp.10.000,- per loyang sampai dengan yang harganya di atas Rp.100.000,- per loyang, tergantung dari topping martabak dan nama dagang penjualnya.

Martabak manis kesukaanku adalah yang memakai topping keju, cokelat dan kacang. Hmm, tapi pada kesempatan kali ini aku akan membuat yang memakai topping cokelat saja. Karena berhubung kejunya habis untuk digunakan membuat pizza kemarin dan juga kacangnya juga belum digoreng dan ditumbuk, huhuhuhu. Hmm, oke deh, ayo kita mulai acara buat martabaknya.

Bahan-bahan:
-  250 gr tepung terigu protein sedang (contoh: Segitiga Biru)
-  3 sdm susu bubuk full-cream
-  1/4 sdt garam
-  300 ml air
-  1 btr telur ayam
-  75 gr gula pasir
-  1/2 sdt baking soda atau soda kue

Bahan pelengkap:
-  Secukupnya gula pasir
-  Secukupnya cokelat butir (meises)
-  Secukupnya susu kental manis
-  Secukupnya margarin

*) bahan pelengkap atau topping bisa dimodifikasi sesuai selera.


Cara pembuatan:
  1. Siapkan sebuah baskom atau wadah. Lalu masukkan tepung terigu, susu bubuk, garam dan air. Kemudian kocok dengan menggunakan mixer dalam kecepatan tinggi atau sedang selama sekitar 15 menit.

    siapkan adonan
    siapkan adonan

  2. Setelah adonan diaduk rata selama sekitar 15 menit, kemudian masukkan telur dan gula pasir, lalu aduk rata sejenak dengan menggunakan mixer di kecepatan rendah atau sedang. Sebentar saja, cukup sekitar 1-2 menit, asal telur tercampur dan gula larut dalam adonan. Karena apabila adonan setelah ditambahkan telur lalu dikocok terlalu lama akan menyebabkan adonan menjadi seperti kue bolu ketika di masak, hehehehe.

    masukkan telur dan gula pasir
    masukkan telur dan gula pasir

  3. Lalu diamkan adonan selama minimal 1 jam.

    diamkan adonan
    diamkan adonan

  4. Kira-kira 5 menit sebelum adonan dimasak, larutkan baking soda dengan sedikit air hangat (sekitar 2-3 sendok makan), kemudian tambahkan larutan tersebut ke dalam adonan, lalu kocok rata dengan menggunakan sendok. Setelah itu diamkan adonan selama sekitar 5 menit.

    tambahkan baking soda
    tambahkan baking soda

  5. Sementara itu panaskan loyang untuk memasak martabak. Cukup gunakan api kecil. Hmm, loyang harus benar-benar panas merata sebelum adonan dimasak. Besaran api juga harus pas. Api yang terlalu besar akan menyebabkan kulit martabak cepat hangus, sementara api yang terlalu kecil akan menyebabkan kulit martabak kurang halus atau berlubang-lubang.

    panaskan loyang
    panaskan loyang

  6. Kemudian tuang adonan ke dalam loyang. Oh iya, adonan yang telah dibuat tadi adalah untuk ukuran 2 loyang, jadi biar lebih mudah sebelumnya bagi adonan menjadi 2 bagian. Loyang yang aku gunakan adalah loyang dengan diameter 20 cm.
    Setelah adonan dimasukkan, tunggu sampai adonan membuat pori-pori atau lubang-lubang dengan sendirinya. Kemudian taburi gula pasir secara merata di atasnya.

    proses memasak
    proses memasak

  7. Setelah ditaburi gula pasir secara merata, tutup bagian atas loyang. Tunggu sejenak sekitar 2-3 menit.

    tutup sejenak
    tutup sejenak

  8. Kemudian tambahkan susu kental manis, lalu taburi meises secara merata. Setelah itu tutup lagi bagian atas loyang. Tunggu sejenak sekitar 1-2 menit.
    Oh iya, metode pemberian topping ada 2 macam, pertama dilakukan saat martabak akan matang (di atas loyang dan kompor) dan kedua dilakukan saat martabak telah diangkat dari loyang. Terserah anda mau menggunakan metode yang mana dan juga tergantung dari jenis topping yang digunakan, apakah termasuk bahan yang mudah meleleh atau yang agak susah meleleh.

    tambahkan meises dan susu kental manis
    tambahkan meises dan susu kental manis
    tutup kembali
    tutup kembali

  9. Kemudian angkat martabak dari loyang. Kemudian potong martabak menjadi 2 bagian sama rata, lalu tumpuk menjadi satu bagian seperti gambar di bawah. Setelah itu olesi bagian kulit martabak dengan margarin secara merata, gunakan kuas agar lebih mudah.

    lapisi kulit martabak dengan margarin
    lapisi kulit martabak dengan margarin

  10. Kemudian potong martabak menjadi 4 bagian atau sesuai selera anda, lalu sajikan.

    potong menjadi 4 bagian
    potong menjadi 4 bagian

  11. Tarraaa, Hok Lo Pan (Martabak Manis) ala Rika siap untuk dinikmati. ^,^

    Hok Lo Pan (Martabak Manis) ala Rika (1)
    Hok Lo Pan (Martabak Manis) ala Rika (1)
    Hok Lo Pan (Martabak Manis) ala Rika (2)
    Hok Lo Pan (Martabak Manis) ala Rika (2)

Artikel terkait:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar