18 Oktober 2018

Nomor Rangka Dan Nomor Mesin - Toyota Calya

Toyota Calya Tipe G
Toyota Calya Tipe G

"Mbak, nomor rangka dan nomor mesin Calya ada di mana sih?" Yuhu, beberapa hari yang lalu ada yang bertanya seperti itu kepadaku. Hmm, oke deh, silahkan simak penjelasan berikut, hehehehe.

Sebenarnya sangat mudah mengetahui di mana letak nomor rangka dan nomor mesin mobil Toyota Calya. Hmm, pada kasus kali ini aku menggunakan contoh mobil Toyota Calya tipe G produksi tahun 2018. Hal pertama yang harus dilakukan adalah membuka kap ruang mesin.

ruang mesin
ruang mesin

Hmm, perhatikan gambar ruang mesin di atas. Dengan melihat gambar tersebut aku yakin sangat mudah dan sangat jelas untuk mengetahui nomor rangka dan nomor mesin pada mobil Toyota Calya yang berkapasitas mesin 1.200 cc tersebut, hehehehe.

Untuk nomor rangka terletak pada panel atau dinding ruang mesin bagian belakang, di sekitar bawah wiper kanan (lihat tanda panah di gambar berikut).

letak nomor rangka
letak nomor rangka

Sementara untuk nomor mesin terletak di sekitar bawah mesin dan menghadap ke depan (jika kita menghadap ke ruang mesin dari arah depan mobil). Nomor mesin diawali dengan kode '3NR' yang artinya mobil tersebut menggunakan mesin 3NR, lebih tepatnya menggunakan mesin seri 3NR-VE.

letak nomor mesin
letak nomor mesin

Oke deh, setelah mengetahui nomor rangka dan nomor mesin secara fisik, silahkan lakukan cross-check atau cek silang apakah nomor rangka dan nomor mesin tersebut identik dengan nomor rangka dan nomor mesin yang tertera pada STNK dan BPKB, karena nomor-nomor identitas tersebut harus sama dan sesuai antara fisik dan berkas surat-menyurat. ^,^

Artikel terkait:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Loading...