28 Maret 2018

Membersihkan Filter Udara Jialing Kancil

Filter Udara Jialing Kancil (JL70-3)
Filter Udara Jialing Kancil (JL70-3)

Hari ini bertepatan dengan jadwal ganti oli mesin salah satu penghuni garasi di rumah, yaitu sepeda motor imut-imut Jialing Kancil atau Jialing Pony (JL70-3). Pas juga kebetulan siang ini si Wulan (Tomboy) sudah pulang dari kampus dan sedang santai, hehehehe. Hmm, selain melakukan penggantian oli mesin, sekalian deh mengajarkan Wulan cara membersihkan filter (saringan) udara dan membersihkan serta menyetel karburator. Eeh, hari gini masih mainan karburator? Hop oloh, hohohoho.

Oke deh, pada tulisan kali ini aku fokuskan tentang pasal membersihkan dan memeriksa komponen-komponen pada filter udara terlebih dahulu. Mari kita mulai acara main bengkel-bengkelannya.
  1. Hmm, untuk lebih mudahnya lakukan ritual membersihkan filter udara ini bersamaan dengan membersihkan dan menyetel karburator, terutama untuk sepeda motor Jialing Kancil ini, karena letak kotak filter udara berada agak di dalam dan di belakang karburator, hehehehe. Nah, setelah karburator dan kotak filter udara dilepas, maka sekarang lepaskan sekrup pengunci klem karet filter udara (lihat tanda panah) dengan obeng (+). Setelah itu pisahkan kotak filter udara dari karburator.

    lepas klem karet filter udara
    lepas klem karet filter udara
    kotak filter udara dan klem
    kotak filter udara dan klem

  2. Kemudian lepas 2 buah sekrup pengunci dengan menggunakan obeng (+) (lihat tanda panah).

    lepas sekrup
    lepas sekrup

  3. Kemudian buka kotak filter udara, lalu lepas busa atau elemen filter udara (lihat tanda panah). Cukup dipindahkan pakai tangan.

    elemen filter udara
    elemen filter udara

  4. Lalu lepas plastik holder elemen filter udara (lihat tanda panah). Cukup dipindahkan dengan tangan.

    plastik holder
    plastik holder
    komponen filter udara
    komponen filter udara

  5. Nah, setelah filter udara dibongkar, maka sekarang tugas kita adalah membersihkannya. Cara membersihkannya bisa dengan menggunakan cairan detergen atau juga bisa dengan bensin, kemudian keringkan. Sementara untuk bagian elemen atau busanya, setelah kering dilapisi tipis dengan oli mesin. Oh iya, jika ada komponen yang rusak atau tidak layak pakai lagi (biasanya elemen atau busa yang sudah tipis atau robek) sebaiknya diganti dengan yang baru.

    komponen-komponen filter udara
    komponen-komponen filter udara

  6. Setelah semua komponen telah bersih dan siap pakai, rangkai kembali filter udara dengan urutan kebalikan dari membongkarnya tadi. Selesai. ^,^

Artikel terkait:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Loading...