March 14, 2018

Selang Hawa Pada Yamaha Mio J Yang Sering Terabaikan

Selang Hawa (Pipe Breather) Yamaha Mio J
Selang Hawa (Pipe Breather) Yamaha Mio J

Selang Hawa? Hah, benda apa lagi itu? Hehehehe. Yup, sesuai dengan dua kata pembentuknya, yaitu selang dan hawa, secara logika sekenanya adalah selang yang berfungsi sebagai jalur sirkulasi hawa atau udara. Dalam bahasa bengkelnya adalah pipe breather. Kenapa aku tulis 'sering terabaikan'? Ya, karena bagi pengguna awam bagian yang memang ukurannya agak kecil ini jarang dilirik, apalagi diperiksa. Hmm, kecuali pada pengguna matic aliran Thailook, biasanya selang ini sudah diganti dengan yang model variasi yang berwarna-warni, hehehehe.

Pada sepeda motor Yamaha Mio J selang ini terletak di atas crankcase CVT dan gearbox atau di sekitar bagian bawah shock breaker belakang. Kalau dilihat jalurnya, selang ini menghubungkan bagian CVT dan gearbox. Cara melepasnya pun cukup mudah, cukup dengan menggunakan tangan, karena hanya menempel pada nepel dan tidak dikunci atau juga tidak menggunakan sejenis klem layaknya pada selang bensin atau selang bening indikator CVT dan gearbox.

Karena yang hanya menempel tersebutlah selang hawa harus sering dilihat dan diperiksa. Dan juga karena materialnya yang dari karet, seiring bertambahnya waktu semakin rentan kaku, keras, getas dan retak. Hal yang dikhawatirkan apabila selang ini rusak atau hilang adalah masuknya udara kotor, debu dan air ke dalam ruang gearbox dan CVT yang dapat mengakibatkan gangguan kinerja atau bahkan kerusakan pada komponen-komponen yang terletak di sekitar gearbox dan CVT.

selang hawa Mio J
selang hawa Mio J

Nah, berhubung kemarin CVT miyoje di-servis, sekalian deh dilakukan pembersihan dan pemeriksaan pada selang hawa. Selang hawa tersebut terdiri dari 3 bagian, yaitu karet pelindung yang terletak paling luar, kemudian selang hawa atau selang utama, dan busa atau elemen penyaring (filter) yang bahannya sejenis dengan filter CVT, busa kecil ini terletak di dalam selang hawa.

komponen-komponen selang hawa
komponen-komponen selang hawa

Hmm, ketika kemarin dilakukan pemeriksaan, selang hawa pada miyoje terdapat keretakan sedikit pada salah satu ujungnya. Karena kondisi retaknya hanya sedikit, dilakukan pemotongan pada bagian yang retak tersebut, kira-kira sekitar 2 mm. Gunakan pisau cutter dan pastikan potongannya rata. Kemudian setelah dicoba pasang kembali, ternyata panjangnya masih cukup dan bisa kembali digunakan, hehehehe. Oh iya, nepel bisa diputar dan disesuaikan kok, jadi kalau pemotongannya tidak terlalu banyak atau panjang selang hawa masih bisa digunakan, kecuali selangnya bocor di sekitar bagian tengah, hehehehe.

detail suku cadang
detail suku cadang

Sebenarnya harga selang hawa murah kok, pada situs resmi Yamaha harganya hanya Rp.6.500,-, sementara untuk elemennya dijual seharga Rp.8.500,-. Total hanya Rp.15.000,-. Tidak terlalu mahal tho? Oh iya, sekali lagi aku ingatkan, jangan diabaikan yah benda kecil yang satu ini, hehehehe.

pasang kembali selang hawa
pasang kembali selang hawa

Artikel terkait:

No comments:

Post a Comment