25 Maret 2018

Kue Lumpur

Kue Lumpur ala Rika
Kue Lumpur ala Rika

Yup, siang sampai sore hari ini hanya berduaan dengan Leka di rumah. Mamasku menemani Wulan (Tomboy) dan Ain pergi ke pasar untuk mencari keperluan kuliah Wulan dan sekolah Ain. Sementara Njo akhir-akhir ini lebih sering menghabiskan waktunya bersama Ibunya, Mbak Mila, hehehehe. Nah, jadi ceritanya nostalgia nih berduaan sama si Leka.

Sebagai informasi, Leka, anak Mbak Mila yang nomor dua ini memang lebih dekat dan lebih banyak menghabiskan waktunya bersamaku dari pada dengan Ibunya sendiri, maka dari itulah Leka memanggilku dengan sebutan 'Mama Ka', tidak seperti Ain dan Njo (kakak dan adiknya) yang memanggilku dengan sebutan 'Bule' Ka', hehehehe.

Hmm, siang ini rencananya Aku dan Leka akan membuat kue lumpur, yaitu salah satu kue tradisional khas Indonesia, bahkan nama internasional kue ini adalah 'Indonesian Mud Cake'. Lazimnya kue ini diberi topping atau hiasan berupa kismis, akan tetapi karena permintaan Leka kue lumpur yang aku buat kali ini tidak memakai kismis tapi aku ganti dengan cokelat butir (meises). Toh biasanya juga kalau pakai kismis nanti akan disisihkan atau tidak akan dimakan oleh Leka, Ain dan Njo karena memang mereka kurang suka.

Oke deh, ayo kita mulai acara acak-acak dapurnya, hehehehe.

Bahan-bahan:
-  250 gr kentang
-  130 ml santan kental (2 kemasan kecil Kara)
-  125 ml air
-  1/4 sdt garam
-  1 lbr daun pandan
-  2 btr telur ayam
-  100 gr gula pasir
-  3 sdm susu bubuk
-  150 gr tepung terigu
-  50 gr margarin, cairkan
-  1/4 sdt vanili
-  Secukupnya minyak goreng atau margarin, untuk melumasi loyang
-  Secukupnya cokelat butir (meises)

*) resep untuk 15 buah kue.


Cara pembuatan:
  1. Kupas kentang, lalu potong-potong, kemudian cuci bersih. Setelah itu kukus kentang sampai matang, lalu dinginkan. Kemudian haluskan kentang dengan menggunakan blender.

    kukus kentang
    kukus kentang
    kentang telah dihaluskan
    kentang telah dihaluskan

  2. Masak santan, air, garam dan daun pandan sampai mendidih. Jangan lupa diaduk agar semua komposisi menyatu. Setelah itu diamkan sampai tidak terasa panas.

    masak santan, air, garam dan daun pandan
    masak santan, air, garam dan daun pandan

  3. Kemudian satukan kentang yang tadi telah dihaluskan dan air santan dengan menggunakan blender. Pastikan sampai semua komposisi menyatu sempurna dan teksturnya lembut. Setelah itu sisihkan sejenak.

    blender kentang halus dan air santan
    blender kentang halus dan air santan

  4. Kemudian siapkan sebuah baskom atau wadah. Kocok telur dan gula pasir dengan mixer di kecepatan rendah-sedang. Cukup dikocok sebentar saja, asal gula larut dan menyatu dengan telur.

    kocok telur dan gula pasir
    kocok telur dan gula pasir

  5. Lalu tambahkan susu bubuk dan tepung terigu. Kocok dengan mixer di kecepatan sedang-tinggi. Setelah itu tambahkan margarin cair dan vanili, kocok sampai semua komposisi menyatu.

    tambahkan susu bubuk, terigu, margarin cair dan vanili
    tambahkan susu bubuk, terigu, margarin cair dan vanili

  6. Setelah itu tambahkan adonan kentang-santan, lalu kocok sampai semua komposisi menyatu dengan mixer di kecepatan sedang.

    tambahkan adonan kentang
    tambahkan adonan kentang
    adonan telah siap
    adonan telah siap

  7. Kemudian panaskan loyang, cukup gunakan api kecil. Setelah panasnya merata, lumasi atau olesi tipis bagian cetakan loyang dengan minyak goreng atau margarin.

    panaskan loyang
    panaskan loyang

  8. Kemudian tuang adonan ke dalam cetakan loyang. Jangan terlalu penuh atau sisakan sedikit ruang pada cetakan loyang, cukup diisi adonan sekitar 4/5 atau 3/4 bagian cetakan loyang. Setelah itu tutup bagian atas loyang, dan tunggu sampai kue di posisi 3/4 matang.
    Oh iya, gunakan gelas yang ada moncongnya (seperti gelas ukur) agar lebih mudah menuang adonan ke dalam cetakan loyang.

    proses memasak
    proses memasak
    tutup bagian atas loyang
    tutup bagian atas loyang

  9. Setelah kue 3/4 matang, taburi cokelat butir (meises) di atas kue, lalu tutup lagi dan tunggu sampai kue matang. Setelah itu angkat kue dari cetakan loyang. Kemudian bersiaplah untuk kembali melumasi cetakan loyang dengan minyak goreng atau margarin, lalu menuang adonan lagi untuk kloter kedua, hehehehe.

    beri topping meises
    beri topping meises
    tutup kembali
    tutup kembali

  10. Kemudian diamkan atau dinginkan sejenak sampai tidak terasa panas lagi, lalu sajikan.

    sajikan
    sajikan

  11. Tarraaa, Kue Lumpur ala Rika siap untuk dinikmati. ^,^

    Kue Lumpur ala Rika
    Kue Lumpur ala Rika

Artikel terkait:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Loading...