23 Juli 2018

Nomor Rangka Dan Nomor Mesin - Toyota Kijang Innova Diesel

Toyota Grand New Kijang Innova
Toyota Grand New Kijang Innova

Toyota Kijang Innova generasi pertama dimulai sejak tahun 2004 dan berakhir pada tahun 2015. Berdasarkan jenis bahan bakar terdiri dari 2 jenis mesin, yaitu mesin bensin dan mesin diesel (solar). Sepanjang 11 tahun masa edarnya, terjadi sebanyak 3 kali facelift atau dalam artian total ada 4 tampilan berbeda pada mobil ini pada generasi pertama. Di samping itu juga dibagi lagi menjadi beberapa tipe (J, E, G, dan V) berdasarkan fitur-fitur yang tersemat pada mobil ini.

Oke deh, kali ini aku akan memberi tahu tentang letak nomor rangka dan nomor mesin pada salah satu mobil dari keluarga Toyota Kijang yang sangat familiar di negeri ini, hehehehe. Secara detail mobil yang aku bahas pada kasus kali ini adalah Toyota Grand New Kijang Innova tipe G bermesin diesel (dengan bahan bakar solar) produksi tahun 2013. Hmm, mobil ini termasuk pada generasi pertama facelift kedua.

Nomor rangka terletak pada chassis (sasis) bagian depan sebelah kiri, letaknya berada di sekitar bagian sebelah dalam antara ban depan sebelah kiri dan bumper depan (lihat tanda panah).

letak nomor rangka (1)
letak nomor rangka (1)

Untuk lebih dekat dan jelasnya penampakan nomor rangka pada mobil Toyota Kijang Innova bisa dilihat pada gambar di bawah ini.

letak nomor rangka (2)
letak nomor rangka (2)

Sementara untuk melihat nomor mesin, buka kap mesin terlebih dahulu. Kemudian perhatikan di sekitar mesin sebelah kiri (lihat tanda panah gambar atas). Nomor mesin agak tersembunyi karena sedikit tertutup oleh komponen-komponen lain di sekitarnya. Hmm, untuk lebih mudahya perhatikan di sekitar bawah bagian ujung pipa EGR (Exhaust Gas Recirculation) sebelah kiri atau depan blok mesin (lihat tanda panah gambar bawah). Nomor mesin Kijang Innova bermesin diesel untuk generasi pertama diawali dengan kode '2KD'.

letak nomor mesin (1)
letak nomor mesin (1)
letak nomor mesin (2)
letak nomor mesin (2)

Yuhu, setelah mengetahui nomor rangka dan nomor mesin secara fisik, lakukan cross-check atau cek silang apakah nomor rangka dan nomor mesin tersebut identik dengan nomor rangka dan nomor mesin yang tertera pada STNK dan BPKB, karena nomor-nomor identitas tersebut harus sama dan sesuai antara fisik dan berkas surat menyurat. ^,^

Artikel terkait:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar