March 31, 2018

Mengganti Bohlam Lampu Belakang Jialing Kancil

Jialing Kancil (JL70-3)
Jialing Kancil (JL70-3)

Yup, hari ini kembali menonton si Wulan (Tomboy) mengacak-acak garasi di rumah, hehehehe. Hmm, kali ini yang jadi bahan adalah sekitar bagian lampu-lampu pada sepeda motor Jialing Kancil atau Jialing Pony (JL70-3). Oh iya, hunting printilan atau suku cadang sepeda motor ini susah-susah-gampang karena sepeda motor ini sudah tidak diproduksi lagi (discontinued), huhuhuhu.

Oke deh, mari kita lihat si Wulan menyalurkan hobi otomotif-nya di garasi kali ini, hehehehe.
  1. Siapkan obeng (+), kuas kecil, kain lap dan bohlam baru (sesuaikan dengan bohlam yang mati atau putus bohlam untuk fungsi lampu yang mana). Sebagai informasi, bohlam lampu belakang pada sepeda motor ini terdiri dari 2 buah bohlam, yaitu bohlam dengan ukuran 6 volt 10 watt untuk lampu rem dan bohlam dengan ukuran 6 volt 3 watt untuk lampu posisi atau lampu malam. Setelah semua bahan dan peralatan siap, lepaskan 2 buah sekrup pengunci mika lampu belakang dengan menggunakan obeng (+) (lihat tanda panah).

    lepas mika lampu belakang
    lepas mika lampu belakang

  2. Kemudian lepas bohlam yang bermasalah (lihat tanda panah). Bohlam yang posisinya berada di atas atau yang ukurannya lebih besar adalah bohlam lampu rem, sementara yang di bawah atau yang ukurannya lebih kecil adalah bohlam lampu posisi (lampu malam). Caranya melepas bohlamnya adalah cukup dengan menekannya sedikit ke dalam, lalu memutarnya ke kiri (berlawanan arah jarum jam), kemudian tarik perlahan.

    lepas bohlam yang bermasalah
    lepas bohlam yang bermasalah

  3. Inilah komponen-komponen dari lampu belakang yang dilepas. Bersihkan dan periksa, apabila ada yang sudah tidak layak pakai sebaiknya diganti dengan yang baru.

    komponen lampu belakang yang dilepas
    komponen lampu belakang yang dilepas

  4. Nah, proses yang agak sulit adalah mencari bohlam pengganti atau bohlam yang baru. Sebagian besar sepeda motor saat ini menggunakan aki dengan ukuran 12 volt, sementara Jialing Kancil menggunakan aki 6 volt. Hal ini berimbas dengan agak sulitnya mencari ukuran bohlam yang sama persis, terutama untuk lampu posisi (lampu malam). Sebagai referensi bisa melihat ke sepeda motor yang juga menggunakan aki 6 volt, seperti Honda Win, Honda C70, Yamaha RX King lama, atau sepeda motor lawas lainnya, hehehehe. Sebagai saran, apabila ukuran watt bohlam diganti dengan yang tidak sama persis ukurannya, pilihlah yang selisih watt-nya tidak terlalu jauh.

    bohlam lampu belakang
    bohlam lampu belakang

  5. Sebelum bohlam baru dipasang, sebaiknya bersihkan dulu bagian dalam rumah lampu, serta periksa juga fitting, kondisi kabel dan sambungannya.

    bersihkan bagian dalam rumah lampu
    bersihkan bagian dalam rumah lampu

  6. Setelah itu pasang bohlam lampu yang baru (lihat tanda panah). Cara memasangnya adalah dengan menekannya sedikit ke dalam, lalu diputar sedikit ke arah kanan (searah jarum jam). Kemudian tes nyala bohlam dan fungsi bohlam sebelum mika lampu dipasang kembali.

    pasang bohlam lampu yang baru
    pasang bohlam lampu yang baru

  7. Kemudian pasang kembali mika lampu belakang dan jangan lupa juga pasang karet seal-nya. Setelah itu pasang dan kencangkan 2 buah sekrup penguncinya (lihat tanda panah). Selesai. ^,^

    pasang kembali mika lampu belakang
    pasang kembali mika lampu belakang

Artikel terkait:

No comments:

Post a Comment