February 3, 2017

Gilingan Daging Manual

Gilingan Daging Manual
Gilingan Daging Manual

Sudah pernah melihat alat seperti gambar di atas? Yup anda benar, gambar di atas adalah gilingan daging manual yang bisa juga digunakan untuk menggiling atau menghaluskan kacang, aneka bumbu dapur, singkong untuk membuat kue getuk, dan bahan-bahan lainnya. Dalam bahasa Inggris alat ini disebut dengan nama 'manual meat grinder'.

Alat sederhana ini ada embel-embel kata 'manual' yang artinya untuk mengoperasikannya hanya diperlukan tenaga manusia dan tidak memerlukan tenaga listrik. Cara mengoperasikannya pun sangat sederhana, cukup masukkan bahan yang akan digiling atau dihaluskan pada lubang yang berada di bagian atas, kemudian putar dan gerakkan bagian handle-nya untuk memulai proses penggilingan, atau istilahnya cukup diengkol dengan tangan.

Oke deh, kali ini aku akan coba menggiling dan menghaluskan kacang tanah goreng yang akan aku gunakan sebagai bahan dasar untuk bumbu pecel. Hal pertama yang harus dilakukan adalah mempersiapkan alat dan bahan, kemudian letakkan dan pasang alat penggiling di bagian sudut meja, lalu pasang dan kencangkan alat penguncinya agar alat tidak mudah berpindah dan melekat di meja. Siapkan juga wadah dan letakkan di sekitar bawah lubang keluaran yang berada di samping alat.

siapkan alat dan bahan
siapkan alat dan bahan

Kemudian masukkan kacang tanah goreng di lubang bagian atas, isi sampai kacang memenuhi lubang tersebut, lalu gerakkan atau engkol handle-nya.

proses penggilingan
proses penggilingan

Tarraaa, kacang giling pun keluar dari lubang yang berada di bagian samping. Mudah sekali bukan? Hehehehe. Oh iya, apabila hasil gilingan terasa kurang halus, anda bisa memasukkan hasil gilingan pertama ke lubang masukan untuk kemudian digiling lagi. Hmm, contoh bahan yang biasanya digiling ulang adalah seperti daging sapi atau bahan berserat agak kasar lainnya. Sementara untuk bahan kacang tanah goreng pada contoh kasusku di tulisan ini cukup digiling satu kali saja, hehehehe.

hasil gilingan
hasil gilingan
kacang hasil gilingan
kacang hasil gilingan

Apabila alat sudah selesai digunakan, alat bisa langsung dibongkar kemudian dicuci sampai bersih, terutama pada bagian pisau spiral-nya dan komponen bagian dalam lainnya yang berhubungan langsung dengan bahan yang digiling. Lalu keringkan agar tidak berkarat, terutama pada komponen yang terbuat dari besi. Perlu diingat, pemeliharaan alat dengan baik dan benar dapat memperpanjang masa pakai alat tersebut. ^,^

Artikel terkait:

No comments:

Post a Comment