October 21, 2016

Fastron Techno Untuk Oli Transmisi Yamaha Mio J

Fastron Techno 10W-40
Fastron Techno 10W-40

Kerjaan iseng hari ini adalah mengganti oli transmisi atau biasa juga disebut dengan oli gearbox pada sepeda motor matic Yamaha Mio J. Sebagai informasi, oli transmisi pada sepeda motor matic dianjurkan untuk diganti setelah sepeda motor menempuh jarak sekitar 9.000 kilometer. Dan kebetulan saat ini adalah waktu untuk mengganti oli transmisi karena jarak sekitar 9.000 kilometer telah tercapai (riwayat pergantian oli transmisi terakhir bisa dibaca pada tulisan 'Mengganti Oli Transmisi Yamaha Mio J').

Oh iya, oli transmisi yang digunakan sebelumnya adalah oli transmisi bawaan Yamaha, dan rencana awalnya akan aku coba ganti dengan oli Pertamina Rored MTF, akan tetapi setelah aku pikir-pikir kok olinya nanti bakal mubazir karena yang akan digunakan hanya sebanyak 140 ml, sementara kemasannya adalah 1.000 ml (1 liter). Hmm, bisa sih untuk pemakaian beberapa kali (5-6 kali), akan tetapi oli yang telah dibuka kemasannya disarankan lebih baik digunakan maksimal selama 8 bulan setelah kemasan dibuka, sedangkan pada kasusku untuk menempuh jarak sejauh 9.000 kilometer (1 kali pemakaian) membutuhkan waktu sekitar 9 bulan. Kan sayang tho kalau oli baru yang belum pernah dipakai akan digunakan untuk melumasi rantai, roda pagar atau engsel pagar, hehehehe.

Nah, karena pertimbangan di atas akhirnya aku menggunakan oli Fastron Techno yang adalah oli sisa dari proses mengganti oli mesin beberapa waktu yang lalu, dan aku berani melakukannya setelah terlebih dahulu berkonsultasi dengan mamasku yang lebih paham tentang mesin. (untuk cara mengganti oli transmisi bisa dibaca pada tulisan 'Mengganti Oli Transmisi Yamaha Mio J').

oli bekas
oli bekas

Gambar di atas adalah penampakan oli bekas, secara kasat mata oli berwarna agak hitam dan volumenya adalah tetap (sekitar 140 ml). Sementara gambar di bawah adalah penampakan oli baru, untuk volume adalah 140 ml, kalau bisa ukurannya pas, jangan kurang atau jangan lebih.

oli baru
oli baru
perbandingan oli
perbandingan oli

Setelah proses mengganti oli transmisi selesai, catat angka yang tertera di odometer sebagai acuan untuk pergantian oli transmisi berikutnya.

odometer saat ini
odometer saat ini

Yup, akhirnya pekerjaan iseng-iseng hari ini selesai, sementara untuk review-nya akan aku ceritakan pada tulisan tentang pergantian oli transmisi berikutnya (setelah menempuh jarak 9.000 kilometer). ^,^

Yamaha Mio J
Yamaha Mio J

2 comments: