31 Desember 2017

Cara Membuka Tutup Tangki Bensin Daihatsu Terios

Tutup Tangki Bensin Daihatsu Terios
Tutup Tangki Bensin Daihatsu Terios

Di mana letak tutup tangki bensin (bahan bakar) dan bagaimana cara membukanya? Hmm, terdengar sepele, akan tetapi banyak kasus di lapangan di mana masih ada sebagian pengemudi dibuat bingung dengan masalah sepele ini, terutama pada pengemudi baru atau pada pengemudi yang sedang mengemudikan mobil yang baru pertama kali dikemudikannya (misalnya mobil rental atau mobil pinjaman), hehehehe.

Pengalaman seperti ini pun dulu pernah aku alami ketika baru bisa mengemudikan mobil dan ingin mengisi bensin di sebuah SPBU (pom bensin), hehehehe. Dan hal semacam ini pun dialami oleh sepupuku, si Wulan (Tomboy) ketika ingin mengisi bensin baru-baru ini. Hmm, oke deh, berikut aku jelaskan bagaimana cara membuka tutup tangki bensin dan sekaligus tata cara mengisi bensin (bahan bakar) untuk mobil Daihatsu Terios R-Adventure.
  1. Untuk pemula, perhatikan indikator letak pintu bahan bakar yang tertera pada panel speedometer (lihat tanda panah), di situ tertera tulisan 'FUEL DOOR >' yang artinya pintu bahan bakar terletak pada sisi mobil sebelah kanan. Hal ini selain berguna untuk mengetahui letak pintu bahan bakar juga berguna untuk menentukan posisi jalur antrian di SPBU (pom bensin) yang menerapkan dua jalur antrian (kiri-kanan). Pada mobil Daihatsu Terios letak pintu bahan bakar adalah di sebelah kanan mobil, jadi untuk memudahkan pengisian bahan bakar antrilah di jalur sebelah kiri dari pompa bensin.

    posisi letak pintu bahan bakar bisa dilihat pada panel speedometer
    posisi letak pintu bahan bakar bisa dilihat pada panel speedometer

  2. Kemudian tarik ke atas tuas pembuka pintu bahan bakar yang terletak di sekitar bawah agak ke kanan tempat duduk pengemudi (lihat tanda panah).

    letak tuas pembuka pintu bahan bakar
    letak tuas pembuka pintu bahan bakar

  3. Begitu tuas tersebut ditarik, secara otomatis pintu bahan bakar pun akan terbuka (lihat tanda panah).

    secara otomatis pintu bahan bakar akan terbuka
    secara otomatis pintu bahan bakar akan terbuka

  4. Nah, kemudian buka tutup tangki bahan bakar secara perlahan dengan cara memutarnya berlawanan arah jarum jam (lihat tanda panah). Lalu proses pengisian bahan bakar bisa dilakukan. Hmm, sebagai informasi, kapasitas tangki bahan bakar Daihatsu Terios adalah sekitar 45 liter dan bahan bakar yang disarankan adalah bensin tanpa timbal dengan nilai oktan 90 (contoh: Pertamina Pertalite) atau di atasnya (apabila kondisi mesin mobil masih standar).
    Setelah proses pengisian bahan bakar selesai, pasang dan rapatkan kembali tutup tangki bahan bakar dengan cara memutarnya searah jarum jam dan sampai terdengar bunyi klik.

    buka tutup tangki bahan bakar
    buka tutup tangki bahan bakar

  5. Kemudian tutup dan rapatkan kembali pintu bahan bakar dengan cara menekannya. Selesai. ^,^

    tutup kembali pintu bahan bakar
    tutup kembali pintu bahan bakar

Sebagai catatan:
Kasus di lapangan, di mana mayoritas SPBU milik Pertamina menyediakan petugas pada setiap pompa bensinnya (kecuali pada sebagian SPBU Pertamina di kota-kota besar yang berlabel self service), pengemudi hanya perlu melakukan langkah sampai membuka pintu bahan bakar (langkah nomor 2 pada tulisan ini) dan membayar saja, sementara untuk membuka tutup tangki bahan bakar, melakukan pengisian bahan bakar, memasang kembali tutup tangki bahan bakar dan menutup kembali pintu bahan bakar (langkah nomor 4 dan 5 pada tulisan ini) dilakukan oleh petugas SPBU.

Hehehehe, enak sekali yah? Jadi tidak perlu keluar dari mobil, cukup membuka kaca jendela saja. Hmm, kondisi yang berbeda dengan di luar negeri di mana kita (pengemudi) diharuskan melakukan pengisian bahan bakar secara sendiri, sementara petugas hanya menunggu di kasir atau loket dan baru membantu ketika ada masalah atau kondisi darurat, hehehehe.

Tonton video-nya di sini:

Artikel terkait:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar