1 April 2018

Mengganti Bohlam Lampu Depan Jialing Kancil

Jialing Kancil (JL70-3)
Jialing Kancil (JL70-3)

Yup, kali ini kita masih bermain-main dengan sepeda motor imut-imut Jialing Kancil atau Jialing Pony (JL70-3), hehehehe. Sekarang yang akan diperiksa adalah di sekitar lampu depan. Seperti biasa, praktisi main bengkel-bengkelan kali ini adalah si Wulan (Tomboy) yang adalah saudara sepupuku, hehehehe.

Oke deh, ayo dimulai acara main bengkel-bengkelannya, hehehehe.
  1. Siapkan peralatan berupa obeng (+) dan kain lap. Kemudian lepaskan 2 buah sekrup pengunci dengan obeng (+) (lihat tanda panah).

    lepas sekrup pengunci
    lepas sekrup pengunci

  2. Kemudian lepaskan secara perlahan bagian reflektor. Lalu lepaskan 2 buah konektor lampu depan. Caranya, untuk lampu depan utama yang konektornya lebih besar, tekan sedikit ke dalam, lalu putar sedikit ke arah kiri (berlawanan arah jarum jam), kemudian tarik keluar (lihat tanda panah A). Sementara untuk lampu posisi yang konektornya lebih kecil, cukup dengan cara ditarik keluar secara perlahan (lihat tanda panah B). Nah, setelah konektor dilepas dari reflektor, keluarkan bohlamnya.

    lepas konektor dan bohlam
    lepaskan konektor dan bohlam

  3. Nah, ini yang agak susah, yaitu mencari bohlam yang sama persis. Bohlam standar adalah berukuran 6 volt 15/15 watt untuk lampu utama, sementara bohlam lampu posisi berukuran 6 volt 5 watt. Hmm, apabila tidak menemukannya, cari yang ukuran volt-nya sama (6 volt) dan juga dimensi dudukannya sama. Sementara untuk ukuran watt-nya tidak sama juga tidak apa-apa asalkan selisihnya tidak begitu jauh.

    bohlam lampu depan (utama) dan lampu posisi
    bohlam lampu depan (utama) dan lampu posisi
    perhatikan ukuran bohlam
    perhatikan ukuran bohlam

  4. Langkah selanjutnya adalah merangkainya kembali. Hmm, ada baiknya sebelum merangkai bersihkan dulu sekitar bagian tersebut, periksa juga kabel-kabel, konektor serta sambungannya. Setelah itu pasang bohlam lampu yang baru, lalu pasang kembali konektornya (lihat tanda panah). Kemudian tes nyala dan fungsi lampu. Apabila lampu sudah menyala dan berfungsi dengan baik, lanjutkan ke langkah berikutnya.

    pasang bohlam baru dan rangkai kembali konektornya
    pasang bohlam baru dan rangkai kembali konektornya

  5. Kemudian rekatkan kembali bagian reflektor, lalu pasang dan kencangkan 2 buah sekrup penguncinya (lihat tanda panah). Selesai. ^,^

    pasang kembali reflektor
    pasang kembali reflektor

Artikel terkait:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Loading...