25 Februari 2018

Udang Goreng Sederhana

Udang Goreng Sederhana ala Rika
Udang Goreng Sederhana ala Rika

Ketiga anak Mbak Mila, yaitu Ain, Leka dan Njo paling gemar dengan yang namanya makanan laut atau seafood, terutama olahan udang dan cumi-cumi. Hmm, jadi mereka hampir tidak pernah bermasalah dengan yang namanya makan, alhamdulillah. Cukup dibuatkan olahan makanan laut dan masukkan sebagai daftar menu makanan (lauk pauk) mereka per dua hari sekali. Dijamin aman deh, dan mereka tidak akan minta dibelikan jajanan atau makanan yang aneh-aneh di luar rumah, hehehehe.

Oh iya, sebenarnya seafood sangat mudah sekali untuk disajikan menjadi sebuah menu masakan yang menggugah selera. Karena pada dasarnya seafood (seperti udang dan cumi-cumi) secara alami memang sudah enak rasanya, jadi tidak perlu diolah dengan cara yang aneh-aneh, yang justru dapat mengurangi atau bahkan merusak rasa seafood tersebut.

Nah, pada tulisan kali ini aku akan memberikan resep sederhana dan praktis bagaimana cara menyajikan udang secara sederhana. Sebagai informasi, apabila aku sedang malas atau sedang diburu waktu, dan kebetulan harus memasak dengan bahan utama seafood, baik itu ikan laut, udang, cumi-cumi atau gurita, maka akan aku olah dengan cara direbus sederhana, ditumis sederhana atau digoreng sederhana, hehehehe.

Oke deh, ayo kita mulai acara menggoreng udangnya.

Bahan-bahan:
-  150 gr udang ukuran kecil-sedang
-  1/2 sdt asam jawa
-  1/8 sdt garam
-  4 sdm air
-  5 sdm minyak goreng

Cara pembuatan:
  1. Siapkan udang. Bersihkan, sisihkan bagian kepala dan kulitnya.
    Hmm, sebenarnya menyisihkan bagian kepala dan kulitnya adalah opsional dan sesuai selera, apabila anda suka udang secara utuh, cukup dibersihkan saja. Berhubung rakyat di rumahku lebih suka menikmati udang dengan menyisihkan bagian kepala dan kulitnya, jadi ya bagian tersebut aku sisihkan. Agar tidak mubazir, biasanya sisa bagian kepala dan kulit udang yang tidak terpakai aku manfaatkan untuk membuat kaldu udang, hehehehe.

    siapkan udang
    siapkan udang

  2. Kemudian siapkan sebuah baskom atau wadah, lalu masukkan asam jawa dan air, kemudian larutkan. Setelah itu masukkan udang dan garam, lalu aduk rata agar air asam dan garam meresap ke dalam udang.

    udang siap digoreng
    udang siap digoreng

  3. Lalu panaskan minyak untuk menggoreng. Cukup gunakan api kecil.

    panaskan minyak goreng
    panaskan minyak goreng

  4. Kemudian goreng udang tersebut, jangan lupa untuk membaliknya agar udang matang merata. Proses menggoreng sampai udang berubah warna menjadi kemerahan.

    proses menggoreng
    proses menggoreng

  5. Apabila udang telah berubah warna menjadi kemerahan, itu artinya udang telah matang. Hmm, sesuaikan tingkat kegaringan udang, apabila suka dengan udang yang garing bisa digoreng agak lama sedikit.

    udang telah matang
    udang telah matang

  6. Kemudian sajikan di dalam sebuah piring atau wadah.

    sajikan
    sajikan

  7. Tarraaa, Udang Goreng Sederhana ala Rika siap untuk dinikmati. ^,^

    Udang Goreng Sederhana ala Rika
    Udang Goreng Sederhana ala Rika

Artikel terkait:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Loading...