18 Desember 2017

Cara Jumper Aki Mobil

Cara Men-jumper Aki Mobil
Cara Men-jumper Aki Mobil

Pernah mengalami mobil yang mesinnya tidak mau di-starter karena aki tekor atau aki kurang daya? Lalu jika mengalami kasus seperti itu apa yang akan anda lakukan? Hehehehe. Yup, berdasarkan pengalamanku apabila mengalami kejadian tersebut ada 4 pilihan yang bisa dilakukan, yaitu menghubungi keluarga atau teman, menghubungi jasa aki (tukang aki), meminta bantuan dengan mobil yang melintas atau mobil di sekitar (alhamdulillah kalau ada yang mau membantu, hehehehe) dan meminta bantuan orang di sekitar untuk mendorong mobil (starter ala dorong, ini pilihan terakhir dan hanya bisa diaplikasikan untuk mobil bertransmisi manual).

3 dari 4 pilihan di atas adalah melakukan starter mesin mobil dengan cara memanfaatkan pancingan aki bantuan atau istilah di lapangan sering disebut dengan 'jumper aki'. Nah, pada tulisan kali ini aku akan menjelaskan tentang bagaimana cara melakukan jumper aki. Secara umum dan yang sering ditemui di lapangan ada 2 metode jumper aki, yaitu metode jumper aki dengan bantuan aki yang terpasang pada mobil lain dan dengan bantuan aki cadangan.

Oke deh, berikut skema dan penjelasannya.

Alat yang diperlukan:
-  aki bantuan yang sehat (aki pada mobil lain atau aki cadangan)
-  kabel booster atau kabel jumper
multitester (opsional)

kabel jumper atau kabel booster
kabel jumper atau kabel booster
multitester
multitester


Prosedur pemancingan dengan bantuan aki pada mobil lain:

Sebelum melakukan proses pemancingan, terlebih dahulu dekatkan posisi kedua mobil kira-kira berjarak sekitar 0,5 - 1 meter atau sesuaikan dengan panjang kabel jumper. Kemudian pastikan kedua mobil dalam posisi mesin mati atau tidak menyala. Lalu pastikan juga perangkat-perangkat yang dioperasionalkan dengan sumber daya dari aki seperti lampu-lampu, audio, ac dalam posisi off.
Nah, kemudian ikuti prosedur yang dijelaskan berikut secara berurutan.

skema dengan bantuan aki mobil lain
skema dengan bantuan aki mobil lain
  1. Hubungkan atau pasang salah satu penjepit (konektor) kabel jumper yang berwarna merah pada kutub (+) aki mobil yang kurang daya.
  2. Lalu hubungkan atau pasang penjepit (konektor) kabel jumper yang berwarna merah lainnya pada kutub (+) aki mobil yang sehat (bantuan).
  3. Kemudian hubungkan atau pasang penjepit (konektor) kabel jumper yang berwarna hitam pada kutub (-) aki mobil yang sehat (bantuan).
  4. Lalu hubungkan atau pasang penjepit (konektor) kabel jumper yang berwarna hitam lainnya pada body mobil atau massa yang kurang daya. Sebagai catatan, pilih bagian pada mobil yang terbuat dari logam, tidak mudah bergerak dan agak jauh dari posisi aki.
  5. Kemudian nyalakan mesin mobil yang akinya sehat, lalu diamkan sejenak beberapa saat.
  6. Kemudian coba nyalakan mesin mobil yang akinya kurang daya. Jika belum mau hidup, diamkan dulu sejenak beberapa saat, lalu coba lagi. Apabila setelah dicoba sebanyak 2-3 kali dengan interval waktu masih tetap tidak mau hidup, coba periksa sambungan rangkaian kabel jumper, pastikan terhubung dengan benar dan tidak longgar.
    Nah, setelah mesin bisa dinyalakan, naikkan putaran mesin (rpm) dengan cara menginjak sedikit pedal gas selama beberapa saat untuk mempercepat pengisian daya aki.
  7. Setelah voltase aki pada mobil yang tadinya kurang daya dirasa cukup, lepaskan rangkaian kabel jumper secara bertahap dengan urutan kebalikan dari pemasangan. Atau urutannya 4-3-2-1 pada prosedur ini.
  8. Selesai.

Prosedur pemancingan dengan bantuan aki cadangan:

Sebelum melakukan proses pemancingan, pastikan perangkat-perangkat yang dioperasionalkan dengan sumber daya dari aki seperti lampu-lampu, audioac dalam posisi offNah, kemudian ikuti prosedur yang dijelaskan berikut secara berurutan.

skema dengan bantuan aki cadangan
skema dengan bantuan aki cadangan
  1. Hubungkan atau pasang salah satu penjepit (konektor) kabel jumper yang berwarna merah pada kutub (+) aki mobil.
  2. Lalu hubungkan atau pasang penjepit (konektor) kabel jumper yang berwarna merah lainnya pada kutub (+) aki bantuan (cadangan).
  3. Kemudian hubungkan atau pasang penjepit (konektor) kabel jumper yang berwarna hitam pada kutub (-) aki bantuan (cadangan).
  4. Lalu hubungkan atau pasang penjepit (konektor) kabel jumper yang berwarna hitam lainnya pada kutub (-) aki mobil.
  5. Kemudian diamkan sejenak beberapa saat.
  6. Lalu coba nyalakan mesin mobil. Jika belum mau hidup, diamkan dulu sejenak beberapa saat, lalu coba lagi. Apabila setelah dicoba sebanyak 2-3 kali dengan interval waktu masih tetap tidak mau hidup, coba periksa sambungan rangkaian kabel jumper, pastikan terhubung dengan benar dan tidak longgar.
    Nah, setelah mesin bisa dinyalakan, naikkan putaran mesin (rpm) dengan cara menginjak sedikit pedal gas selama beberapa saat untuk mempercepat pengisian daya aki.
  7. Setelah voltase aki pada mobil dirasa cukup, lepaskan rangkaian kabel jumper secara bertahap dengan urutan kebalikan dari pemasangan. Atau urutannya 4-3-2-1 pada prosedur ini.
  8. Selesai.

Artikel terkait:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Loading...