30 Desember 2017

Mengganti Oli Gardan Daihatsu Terios

Gardan Daihatsu Terios (3SZ-VE)
Gardan Daihatsu Terios (3SZ-VE)

Hmm, kali ini kita kembali ngolong di bawah mobil atau main bengkel-bengkelan lagi, hehehehe. Materi kali ini adalah mengganti oli gardan atau differential pada mobil Daihatsu Terios (3SZ-VE). Oli gardan pada mobil jenis ini disarankan untuk diganti setiap 40.000 kilometer (sesuai buku panduan), akan tetapi biasanya sebelum mencapai angka tersebut atau di sekitar angka 30.000 kilometer sudah diganti. Sementara spesifikasi olinya adalah hypoid gear oil API GL-5 dengan viskositas SAE 80W-90, 85W-90 atau 90. Terserah mau pakai merk apa asalkan memenuhi spesifikasi tersebut, hehehehe.

Oke deh, ayo kita mulai acara main bengkel-bengkelannya.
  1. Tempatkan mobil pada bidang permukaan yang rata, lalu aktifkan rem tangan.
  2. Siapkan peralatan berupa kunci sok dan kunci ring ukuran 24', wadah penampung oli bekas berukuran sekitar 3 liter (atau di atas 2,5 liter), serta kain lap.
    Oh iya, (jika tersedia) siapkan juga pompa oli atau istilahnya bengkelnya adalah suction gun, alat yang berbentuk seperti suntikan atau semprotan obat nyamuk cair yang berfungsi untuk mempermudah dalam pengisian oli gardan. Hmm, jika tidak tersedia bisa menggunakan alat bantu darurat, yaitu berupa 3 buah kantong plastik bening ukuran 1 kg, 3 buah karet gelang dan gelas ukur (ala MacGyver, hehehehe).

    aneka peralatan
    aneka peralatan

  3. Siapkan juga oli gardan. Pada kasus kali ini aku menggunakan oli gardan Pertamina Rored HDA dengan spesifikasi API GL-5 dan SAE 90. Volume oli yang dibutuhkan adalah sekitar 2,4 liter.

    Pertamina Rored HDA API GL-5 SAE 90
    Pertamina Rored HDA API GL-5 SAE 90

  4. Nah, sekarang saatnya masuk ke kolong mobil. Hmm, jika tidak menggunakan alat bantu untuk mengangkat mobil atau dongkrak, masuklah ke kolong mobil dari sisi sebelah kanan mobil.
    Taruh wadah penampung oli bekas tepat di bawah lubang penguras oli gardan. Lalu lepaskan baut penguras oli gardan dengan menggunakan kunci sok ukuran 24' (lihat panah A). Kemudian lepaskan juga baut pengisian oli gardan dengan menggunakan kunci ring ukuran 24' (lihat panah B).

    lepaskan baut penguras (A) dan baut pengisian (B)
    lepaskan baut penguras (A) dan baut pengisian (B)

  5. Sementara menunggu oli gardan keluar, bersihkan kedua baut (baut penguras dan baut pengisian), biasanya pada baut penguras terdapat kotoran dan gram serpihan logam.
    Kemudian kemas oli gardan yang baru ke dalam kantong plastik bening yang telah disiapkan, lalu ikat dengan karet gelang. Hmm, karena oli gardan yang dibutuhkan adalah sekitar 2,4 liter, maka isi setiap kantong plastik sebanyak 800 ml, jadi totalnya pas 2,4 liter. Gunakan gelas ukur untuk menakarnya.

    kemas oli ke dalam kantong plastik bening
    kemas oli ke dalam kantong plastik bening

  6. Setelah oli gardan yang lama telah keluar semua, pasang dan kencangkan kembali baut penguras oli gardan (lihat tanda panah).

    pasang kembali baut penguras
    pasang kembali baut penguras

  7. Kemudian masukkan oli gardan yang baru melalui lubang pengisian oli gardan (lihat tanda panah). Ingat, oli gardan yang baru sudah dikemas dalam 3 buah kantong plastik bening, masukkan secara bergantian dan pada kemasan yang terakhir (atau kemasan ketiga) masukkan oli dengan perlahan dan hati-hati, agar oli tidak tumpah atau meluber karena kepenuhan.

    masukkan oli gardan yang baru
    masukkan oli gardan yang baru

  8. Kemudian pasang dan kencangkan kembali baut pengisian oli gardan (lihat tanda panah). Periksa kembali di sekitar baut penguras oli gardan, pastikan tidak ada oli yang rembes atau keluar di sekitar daerah tersebut.

    pasang kembali baut pengisian oli
    pasang kembali baut pengisian oli

  9. Terakhir, catat angka yang tertera pada odometer sebagai acuan untuk penggantian oli gardan berikutnya (per 30.000 atau 40.000 kilometer). Selesai. ^,^

Tonton video-nya di sini:

Artikel terkait:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar