19 Desember 2017

Jeruk Kunci Hangat

Jeruk Kunci Hangat ala Rika
Jeruk Kunci Hangat ala Rika

Seperti biasa di setiap penghujung tahun atau sekitar bulan Desember, wilayah Indonesia memasuki musim hujan. Termasuk juga di Pulau Belitung, di sini hampir setiap menjelang sore sampai malam dikunjungi oleh hujan. Kalau sudah turun hujan biasanya timbul rasa malas untuk beraktivitas di luar rumah, mayoritas penduduk setempat memilih menghabiskan waktunya dengan bersantai dengan sanak keluarga di rumah, kecuali ada hal yang benar-benar mendesak.

Hmm, malam yang diselimuti hawa dingin sangat cocok apabila dilewati dengan makanan dan minuman yang hangat. Untuk makanan biasanya penduduk setempat membuat makanan seperti bubur, kolak, gorengan atau makanan hangat lainnya. Sementara minumannya tak jauh-jauh dari teh, kopi, kopi susu, air jahe, air jeruk atau minuman lainnya yang disajikan secara hangat.

Nah, pada kesempatan kali ini aku akan mencoba membuat salah satu minuman hangat khas Pulau Belitung, yaitu Jeruk Kunci Hangat. Oke deh, ayo kita buat minuman hangatnya, hehehehe.

Bahan-bahan:
-  2 buah jeruk kunci ukuran kecil-sedang
-  3 sdt gula pasir
-  200 ml air hangat

Cara pembuatan:
  1. Siapkan jeruk kunci. Pilihlah jeruk kunci yang masih dalam keadaan utuh dan tidak cacat (bisa dilihat dari permukaan kulitnya yang bersih, tidak memar dan tidak sobek). Jika jeruk dalam keadaan dingin (disimpan di dalam lemari es), diamkan dulu sejenak di tempat sejuk sampai jeruk berkeringat (basah karena proses menyesuaikan dengan suhu sekitar), kemudian lap bagian yang basah berkeringat tersebut.
  2. Kemudian gelindingkan jeruk pada permukaan yang rata atau bisa juga digelindingkan pada kedua telapak tangan, kemudian pijat-pijatlah jeruk tersebut dengan perlahan. Ini bertujuan untuk memperlunak daging buah jeruk sehingga airnya mudah keluar ketika diperas.
  3. Lalu gunakan pisau yang tipis, tajam dan bersih untuk membelahnya. Kemudian belahlah jeruk secara melintang. Setelah dibelah, perhatian apakah ada biji jeruk yang ikut terbelah. Jika ada segera buang, sementara biji jeruk yang utuh atau tidak terbelah biarkan saja.

    belah jeruk melintang
    belah jeruk melintang

  4. Kemudian siapkan gelas berukuran 220-240 ml. Tempatkan saringan teh di atas gelas tersebut. Lalu peraslah jeruk secara manual dengan tangan. Jangan terlalu kuat memerasnya karena akan mengakibatkan getah yang terkandung di dalam kulit jeruk akan keluar dan ikut terperas.
    Kemudian tuang sedikit air hangat (sekitar 50 ml) ke dalam gelas melalui saringan.

    peras jeruk lalu tambahkan sedikit air hangat
    peras jeruk lalu tambahkan sedikit air hangat

  5. Kemudian tambahkan gula pasir, lalu kocok rata sampai gula larut atau sampai semua komposisi menyatu.

    tambahkan gula pasir
    tambahkan gula pasir

  6. Kemudian tambahkan sisa air hangat, lalu kocok rata. Kemudian sajikan.

    tambahkan sisa air hangat
    tambahkan sisa air hangat

  7. Tarraaa, Jeruk Kunci Hangat ala Rika siap untuk dinikmati. ^,^

    Jeruk Kunci Hangat ala Rika
    Jeruk Kunci Hangat ala Rika

Artikel terkait:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar