30 Desember 2017

Tekanan Angin Ban Daihatsu Terios R-Adventure

Tekanan Angin Ban Daihatsu Terios R-Adventure
Tekanan Angin Ban Daihatsu Terios R-Adventure

Berapa sih tekanan angin yang pas untuk mobil Daihatsu Terios? Hmm, sebenarnya jawabannya adalah relatif. Kenapa aku sebut relatif? Yup, karena ada beberapa variabel penentu. Contohnya, apakah velg dan ban yang terpasang masih sesuai ukuran standar pabrik, kemudian kondisi medan jalan yang sering dilalui, dan seberapa berat beban yang sering diangkut.

Kita anggap velg dan ban yang terpasang masih menggunakan yang sesuai ukuran pabrik. Sebagai informasi, Daihatsu Terios R-Adventure dibekali velg asli dengan ukuran diameter 16 inch dan ban Dunlop Grantrek ST20 dengan ukuran 235/60 R16 100H. Nah, apabila kondisi seperti ini masih terpenuhi maka sangat mudah untuk mengetahui tekanan angin ban yang pas, caranya hanya dengan melihat tabel acuan yang tertera pada body mobil di sekitar bagian pintu bagian pengemudi (lihat tanda panah).

letak tabel acuan
letak tabel acuan

Nah, ini tampilan tabel acuan untuk lebih jelasnya.

tabel acuan
tabel acuan

Pada tabel acuan tersebut tertera bahwa tekanan angin yang pas atau sesuai anjuran pabrik adalah 230 kpa atau 33 psi.

Hmm, walaupun sudah ada acuan dari pabrik, biasanya masih ada beberapa pengemudi yang mengeluh atau merasa bahwa dengan tekanan angin sesuai nilai acuan tersebut bantingan mobil terasa keras, hehehehe. Kalau aku sih biasanya untuk pemakaian harian dengan beban normal, tekanan angin ban aku kurangi sedikit, yaitu menjadi 220 kpa atau 32 psi untuk masing-masing ban.

Kondisi di atas berlaku apabila mayoritas medan jalan yang dilintasi adalah berupa jalan aspal yang relatif mulus dan bagus. Jika mayoritas medan jalan yang dilintasi adalah jalan bukan aspal atau jalan kurang bagus, maka lazim tekanan angin ban dikurangi sekitar 10-15%, yaitu menjadi sekitar 28-30 psi. Oh iya, jangan lupa untuk memeriksa tekanan angin pada setiap ban (termasuk juga ban cadangan atau ban serep) setiap seminggu atau dua minggu sekali. ^,^


Artikel terkait:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Loading...