28 Januari 2018

Mengganti Aki Yamaha Mio J

Aki Yamaha Mio J
Aki Yamaha Mio J

Dari September 2012 ke Januari 2018, artinya sepeda motor milik Mbak Mila yang statusnya tidak jelas ini (entah sepeda motor ini dihibahkan atau hanya dititipkan kepadaku, hehehehe) sudah berumur sekitar 5 tahun 4 bulan. Untuk sepeda motor dengan usia tersebut, sepeda motor ini termasuk ke dalam kategori sepeda motor pajangan karena odometer baru menunjukkan angka sekitar 28.000 kilometer. Hmm, walaupun sepeda motor miyoje ini sudah pernah menapakkan bannya di 4 provinsi, yaitu Lampung, Banten, DKI Jakarta dan Jawa Barat, hehehehe.

Masalah yang muncul akhir-akhir ini adalah sepeda motor ini sangat susah sekali dinyalakan di pagi hari atau setelah berhenti agak lama, harus menggunakan starter kaki atau di-engkol terlebih dahulu baru mau menyala, huhuhuhu. Hmm, sedikit agak ribet memang untuk meng-engkol sepeda motor jenis matic karena harus dilakukan dalam posisi ditegakkan dengan standar tengah.

Pemeriksaan pun dimulai, seperti aki, kiprok (regulator), spul, dinamo starter dan juga busi. Dan setelah dilakukan pemeriksaan pada komponen-komponen tersebut, bisa disimpulkan bahwa yang mengalami penurunan kinerja adalah aki. Yup, karena sumber masalah sudah diketahui, ya mau tidak mau itu aki harus dipensiunkan atau diganti.

Oke deh, berikut proses cara mengganti aki pada sepeda motor Yamaha Mio J.
  1. Siapkan aki baru. Aki baru yang aku beli berbeda dengan aki yang terpasang sebelumnya, di mana aki sebelumnya adalah 12 volt 3 ampere, sementara aki baru adalah 12 volt 3,5 ampere. Hmm, sebelum memutuskan membeli aki tersebut seperti biasa aku bertanya kepada mamasku jika suku cadang yang dimaksud tidak tersedia dan yang tersedia adalah suku cadang dengan spesifikasi yang berbeda. Menurut mamasku sih tidak masalah selama selisih ampere-nya tidak terlalu jauh dan pastikan juga apakah dimensinya sama atau mendekati sama.

    aki lama dan aki baru
    aki lama dan aki baru
    dimensinya sama
    dimensinya sama

  2. Tegakkan sepeda motor dengan standar tengah, lalu buka jok, kemudian keluarkan semua barang yang terdapat di dalam bagasi. Setelah itu gunakan obeng (+) untuk melepas kedua sekrup pengunci tutup aki (lihat tanda panah).

    lepaskan sekrup pengunci
    lepaskan sekrup pengunci

  3. Kemudian lepaskan baut pengunci baut kutub (-) aki (lihat panah A), lalu setelah itu lepaskan juga baut pengunci baut kutub (+) aki (lihat panah B).

    lepaskan baut pengunci kutub aki
    lepaskan baut pengunci kutub aki

  4. Kemudian keluarkan aki dari tempatnya. Setelah itu bersihkan debu dan kotoran yang terdapat di sekitar tempat atau rumah aki.

    keluarkan aki dari tempatnya
    keluarkan aki dari tempatnya

  5. Kemudian pasang aki baru. Lalu pasang kembali baut pengunci kutub (+) aki (lihat panah A), setelah itu pasang kembali baut pengunci kutub (-) aki (lihat panah B).
    Sebelum penutup aki dipasang kembali, coba lakukan tes dengan cara menghidupkan sepeda motor dengan starter elektrik, lalu tes juga perangkat elektrik lainnya seperti lampu-lampu dan klakson. Apabila sudah OK lanjutkan ke langkah berikutnya.

    pasang aki baru
    pasang aki baru

  6. Kemudian pasang kembali penutup aki berikut kedua sekrup penguncinya (lihat tanda panah).

    pasang kembali tutup aki dan kencangkan sekrupnya

  7. Selesai. ^,^

Artikel terkait:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar