17 Januari 2018

Kereta Api Shuttle Timur (Tumpat - Dabong)

Tumpat - Dabong
Tumpat - Dabong

Pada tulisan kali ini aku masih membahas tentang kereta api area timur Malaysia, yaitu kereta api Shuttle Timur. Kereta api dengan kode SH55 dan SH56 ini melayani rute antara Stasiun Tumpat dan Stasiun Dabong, bisa dibilang kereta api ini adalah kereta api lokal area negara bagian Kelantan. Dan bisa disebut juga kereta api ini adalah versi rute pendek dari kereta api Shuttle Timur SH50/52, SH51/53, SH57/59 dan SH58/60 yang melayani rute Tumpat - Gua Musang - Kuala Lipis, dan sebaliknya.

Shuttle Timur
Shuttle Timur

Setiap harinya kereta api ini beroperasi hanya satu kali, dari Tumpat berangkat pada pukul 10.15 dan berangkat dari Dabong pada pukul 15.00 (update jadwal per Juni 2018). Biasanya kereta api terdiri dari 3-4 rangkaian gerbong yang terdiri dari gerbong kelas superior dan gerbong kelas ekonomi. Akan tetapi tidak ada penomoran tempat duduk pada kereta api ini, jadi ya bebas memilih tempat duduk jika masih tersedia, hehehehe.

interior gerbong ekonomi
interior gerbong ekonomi
interior gerbong superior
interior gerbong superior

Karena ini adalah kereta api lokal, untuk pembelian tiketnya hanya tersedia di loket stasiun setempat, tidak dijual secara online. Harga tiket pada saat tulisan ini diterbitkan adalah sekitar MYR 1-6 (1-6 ringgit), sesuai dengan jarak yang ditempuh. Untuk jarak terdekat hanya MYR 1 (1 ringgit) dan untuk jarak terjauh atau Tumpat - Dabong harganya adalah MYR 6 (6 ringgit).

Berikut adalah stasiun-stasiun yang dilalui dan disinggahi (update jadwal per Juni 2018).




Bagaimana, tertarik mencoba naik kereta api Shuttle Timur sepanjang Tumpat dan Dabong? ^,^

Artikel terkait:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar