16 Januari 2018

Kereta Api Shuttle Timur (Tumpat - Gua Musang - Kuala Lipis)

Tumpat - Gua Musang - Kuala Lipis
Tumpat - Gua Musang - Kuala Lipis

Yup, pada tulisan kali ini aku akan menjelaskan tentang kereta api Shuttle Timur milik Keretapi Tanah Melayu Berhad (KTMB), Malaysia yang melayani rute Tumpat - Gua Musang - Kuala Lipis, dan sebaliknya. Kereta api yang beroperasi di rel lintas timur Malaysia ini menghubungkan antara 2 negara bagian, yaitu Kelantan dan Pahang.

Sebagai informasi, Shuttle Timur adalah sebutan untuk kereta api yang melayani rute lintas timur Malaysia. Setiap harinya ada 3 kereta api (secara bolak-balik totalnya ada 6 kereta api) yang melintasi rute ini dengan 2 rute yang berbeda. Nah, pada tulisan kali ini aku akan fokuskan tentang kereta api yang melayani rute Tumpat - Gua Musang - Kuala Lipis, dan sebaliknya.

Shuttle Timur
Shuttle Timur

Terdapat 2 kereta api yang beroperasi di rute Tumpat - Gua Musang - Kuala Lipis yaitu kereta api SH51/53 dan SH57/59, sementara untuk rute Kuala Lipis - Gua Musang - Tumpat dilayani oleh kereta api SH50/52 dan SH58/60. Biasanya kereta api ini terdiri dari 3-4 gerbong yang terdiri dari gerbong kelas superior dan kelas ekonomi. Hmm, akan tetapi tampaknya tidak ada penomoran tempat duduk pada kereta api ini, jadi istilahnya siapa cepat dia dapat, hehehehe.

interior gerbong superior
interior gerbong superior
interior gerbong ekonomi
interior gerbong ekonomi

Penjualan tiket untuk kereta api ini dilakukan di loket stasiun setempat dan tidak dijual secara online. Harga tiket berkisar antara MYR 1-12 (1-12 ringgit), tergantung jarak yang ditempuh. Untuk saat ini harga tiket untuk jarak terjauh atau Tumpat - Kuala Lipis adalah MYR 12 (12 ringgit). Untuk jurusan Tumpat - Gua Musang harga tiketnya MYR 8 (8 ringgit). Sementara untuk jarak terdekat, misalnya Tumpat - Wakaf Bharu atau Tumpat - Pasir Mas harga tiketnya hanya MYR 1 (1 ringgit).

Berikut adalah stasiun-stasiun yang dilalui dan disinggahi (update jadwal per Juni 2018).



Bagaimana, tertarik pusing-pusing Kelantan dan Pahang dengan mencoba naik kereta api Shuttle Timur? ^,^

Artikel terkait:

2 komentar:

Loading...