7 Januari 2018

Rucuh Pakel (Mbawang)

Rucuh Pakel (Mbawang) ala Rika
Rucuh Pakel (Mbawang) ala Rika

A : "Mama Ka, buah weni-nya kok asem sih?"
B : "Hehehehe, itu kan bukan buah kuweni, Leka, tapi namanya buah pakel."
A : "Ooh, beda ya, Mama Ka?"
B : "Iya beda, buah pakel rasanya memang asem, rada beda dengan kuweni."

A : "Hmm, Mama Ka kok sekarang suka makan yang asem-asem sih?"
B : "Hah? indvcudcjdnxkbvsxbn, hehehehe."


Yup, itulah percakapan santai di ruang keluarga antara aku dengan Leka, keponakanku beberapa waktu yang lalu. Ketika itu aku sedang menikmati asemnya buah pakel (bacang, machang, mbawang, limus) yang secara sekilas mirip dengan buah kuweni (kuini). Hmm, sebenarnya asyik sih menikmati buah yang satu ini, rasanya asem-asem seger, hehehehe. Akan tetapi, sayang dan kasihan dengan Leka kalau aku hanya menikmatinya sendirian.

Berhubung buah pakel masih ada stoknya, aku akan membuat rucuh pakel buat Leka. Hmm, ada yang belum tahu apa itu rucuh? Oke deh, rucuh adalah minuman manis yang terbuat dari gula (gula merah atau gula pasir) yang dilarutkan dengan air dan berisi potongan-potongan atau irisan-irisan buah segar. Nah, karena judul tulisan kali ini adalah rucuh pakel, maka buah yang aku gunakan adalah buah pakel, hehehehe. Oh iya, di Lampung ada juga minuman sejenis rucuh ini, disebut dengan nama serbat. Sementara buah yang digunakan adalah saudara dekatnya buah pakel, yaitu buah kuweni, namanya Serbat Kuweni.

Oke deh, ayo kita mulai acara acak-acak dapurnya.

Bahan-bahan:
-  1 buah pakel
-  100 gram gula merah
-  1 lembar daun pandan
-  Sejumput garam
-  800 ml air
-  Es batu secukupnya (opsional)

aneka bahan
aneka bahan

Cara pembuatan:
  1. Didihkan air bersama dengan gula merah, garam dan daun pandan.

    masak air gula merah
    masak air gula merah

  2. Sementara menunggu air gula masak, kupas buah pakel, kemudian rendam sejenak di dalam air garam yang hangat, lalu bilas dengan air tawar, setelah itu potong atau iris sesuai selera.

    buah pakel
    buah pakel

  3. Kemudian siapkan wadah atau botol, lalu masukkan potongan buah pakel ke dalam botol tersebut.

    masukkan buah pakel ke dalam botol

  4. Setelah air gula matang, dinginkan sejenak. Apabila sudah terasa hangat atau tidak begitu panas, tuang air gula ke dalam botol. Gunakan saringan agar ampas air gula tidak ikut masuk ke dalam botol. Kemudian diamkan sejenak sampai suhu hangatnya berkurang dan aman untuk dimasukkan ke dalam lemari pendingin (kulkas).

    tuang air gula ke dalam botol
    tuang air gula ke dalam botol

  5. Setelah terasa aman untuk dimasukkan ke dalam lemari pendingin (kulkas), dinginkan minimal selama 2 jam. Pada kasus kali ini aku mendinginkannya selama sekitar 6 jam.

    dinginkan dalam lemari pendingin (kulkas)
    dinginkan dalam lemari pendingin

  6. Kemudian siapkan gelas, lalu tuang rucuh yang telah dingin ke dalam gelas. Jika dirasa kurang dingin tambahkan pecahan es batu. Tarraaa, Rucuh Pakel (Mbawang) ala Rika siap untuk dinikmati. ^,^

    Rucuh Pakel (Mbawang) ala Rika
    Rucuh Pakel (Mbawang) ala Rika

Artikel terkait:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar