15 Januari 2018

Ekspres Rakyat Timuran, Naik Kereta Api Melintasi Johor, Negeri Sembilan, Pahang Dan Kelantan

Johor - Kelantan
Johor - Kelantan

Dari Johor yang terletak di ujung selatan Malaysia menuju ke Kelantan yang terletak di ujung utara-timur Malaysia naik kereta api secara langsung? Bisa, hehehehe. Oleh orang luar Malaysia rute kereta api ini disebut dengan Malaysia's Jungle Railway, ada juga yang menyebutnya dengan East LineEast-South Route atau East Coast Line.

Untuk penyebutan yang terakhir aku agaknya kurang setuju karena terdapat kata coast yang secara umum berarti pantai atau pesisir. Hmm, kapan kereta api ini lewat daerah pantainya hayo? Hehehehe. Disebut east atau timur juga menurutku kurang tepat, karena apabila dilihat dari peta ini rute sejatinya melintasi tengah-tengah Malaysia.

Istilah yang hampir tepat menurutku ya Malaysia's Jungle Railway karena rute ini melewati sebagian besar daerah yang masih hijau (hutan), walaupun wilayah hutan yang dilintasi sudah berkurang karena sebagian telah berubah menjadi pemukiman dan perkebunan, hehehehe. Hmm, mungkin rute ini memakai embel-embel kata timur karena jalur kereta api di Malaysia mulai dari daerah Gemas, Negeri Sembilan terbagi menjadi dua jalur, yaitu jalur menuju ke Perlis dan Kedah di ujung barat-utara Malaysia dan satu jalur lagi menuju ke Kelantan yang berada di ujung timur-utara Malaysia.

Ekspres Rakyat Timuran
Ekspres Rakyat Timuran

Kereta api Ekspres Rakyat Timuran (sebelumnya bernama Ekspres Senandung Timuran) adalah kereta api milik Keretapi Tanah Melayu Berhad (KTMB) yang melayani rute JB Sentral - Tumpat, dan sebaliknya. Kereta api ini menawarkan dua kelas penumpang, yaitu superior night class dan superior class. Perbedaannya adalah superior night class termasuk jenis gerbong sleeper atau tempat duduk bisa diubah menjadi tempat tidur (istilahnya berth), sehingga pada perjalanan di waktu malam hari kita bisa berbaring meluruskan badan, hehehehe. Sementara superior class hanya berupa tempat duduk saja.

interior gerbong superior night class (1)
interior gerbong superior night class (1)
interior gerbong superior night class (2)
interior gerbong superior night class (2)
interior gerbong superior class
interior gerbong superior class

Hmm, pada gerbong kereta api ini juga terdapat mushola (orang Malaysia menyebutnya surau) yang disediakan untuk penumpang Muslim menunaikan sholat. Terdapat juga satu gerbong restorasi atau istilahnya buffet coach (sejenis kantin) apabila penumpang ingin membeli makanan dan minuman.

Oh iya, berapa harga tiketnya? Ketika aku cek di situs ktmb.com.my untuk rute JB Sentral - Tumpat adalah MYR 50 (50 ringgit) untuk dewasa dan MYR 32 (32 ringgit) untuk anak-anak (usia 4-12 tahun) di superior night class. Sementara untuk superior class tarifnya adalah MYR 44 (44 ringgit) untuk dewasa dan MYR 26 (26 ringgit) untuk anak-anak. Untuk anak-anak yang berusia di bawah 4 tahun tidak dikenakan biaya alias gratis, dengan ketentuan duduk bersama atau dipangku oleh orang tuanya atau pendampingnya.

harga tiket (JB Sentral - Tumpat)
harga tiket (JB Sentral - Tumpat)

Nah, di dalam perjalanan selama sekitar 18 jam tersebut kita akan melalui stasiun-stasiun kereta api berikut (update jadwal per Juni 2018).




Hmm, jika tujuan anda di Kelantan adalah Kota Bharu, sebaiknya anda turun di Stasiun Wakaf Bharu karena secara jarak stasiun tersebut yang letaknya terdekat dengan Kota Bharu, yaitu sekitar 6 kilometer. Sementara jika turun di pemberhentian akhir atau Stasiun Tumpat akan lumayan jauh, yaitu sekitar 22 kilometer dari Tumpat ke Kota Bharu. Jadi untuk menghemat jarak, waktu dan juga ongkos, akan lebih baik dan tepat jika kita memesan tiket cukup sampai ke Stasiun Wakaf Bharu. Lumayan bisa menghemat 1 ringgit, hehehehe.

harga tiket (JB Sentral - Wakaf Bharu)
harga tiket (JB Sentral - Wakaf Bharu)

Kalau Mbak Mila biasanya ketika main ke Kelantan selain menuju ke Kota Bharu, beliau juga tak lupa berkunjung ke Machang, salah satu kota di Negara Bagian Kelantan. Nah, jika hendak langsung menuju ke Machang, maka untuk memperpendek jarak beliau turun di Stasiun Tanah Merah, secara stasiun tersebut yang letaknya paling dekat dengan Machang, yaitu sekitar 12 kilometer. Jadi cukup memesan tiket untuk tujuan sampai ke Tanah Merah saja.

harga tiket (JB Sentral - Tanah Merah)
harga tiket (JB Sentral - Tanah Merah)

Hmm, bagaimana jika ingin naik kereta api dari Kota Bharu, Kelantan menuju ke Kuala Lumpur ataupun sebaliknya? Untuk saat ini tidak ada rute kereta api langsung yang menghubungkan antara kedua kota tersebut, jadi harus berganti kereta api di Gemas, Negeri Sembilan. Caranya adalah dari Kota Bharu menuju ke Stasiun Wakaf Bharu, lalu naik kereta api Ekspres Rakyat Timuran (ERT-27) menuju ke Stasiun Gemas. Kemudian dilanjutkan dengan naik kereta api lagi dari Stasiun Gemas menuju ke Stasiun Kuala Lumpur atau juga ke KL Sentral. ^,^

harga tiket (Wakaf Bharu - Gemas)
harga tiket (Wakaf Bharu - Gemas)

Untuk informasi lebih lengkap dan pemesanan tiket silahkan kunjungi halaman situs www.ktmb.com.my

Atau jika halaman situs resmi di atas susah diakses, pemesanan tiket secara online juga bisa melalui tautan berikut:

Artikel terkait:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar