23 Januari 2018

Naik Kereta Api KLIA Ekspres Dari Bandara KLIA Ke Kota Kuala Lumpur

KLIA2 - KLIA - KL Sentral
KLIA2 - KLIA - KL Sentral

Bagaimana caranya dari bandara KLIA (Kuala Lumpur International Airport) ataupun KLIA2 (Kuala Lumpur International Airport 2) menuju ke Kota Kuala Lumpur? Sebetulnya sangat mudah dan ada beberapa pilihan moda transportasi seperti kereta api, bus, taksi dan mobil rental yang bisa dipilih. Hmm, tapi pada tulisan kali ini aku akan fokus menjelaskan tentang moda transportasi yang (bisa dikatakan) paling cepat, yaitu kereta api KLIA Ekspres.

Ekspress Rail Link Sendirian Berhad (ERL Sdn Bhd) adalah perusahaan penyedia jasa transportasi kereta api cepat bandara yang beroperasi di wilayah KLIA, KLIA2 dan KL Sentral. Oh iya, sudah pada mengerti kan apa itu KLIA, KLIA2 dan KL Sentral? Oke deh, aku jelaskan lagi. KLIA adalah bandara utama di Kuala Lumpur, hampir semua maskapai penerbangan dengan tujuan Kuala Lumpur mendarat dan lepas landas di bandara ini.

Sementara KLIA2 adalah bandara yang dikhususkan untuk maskapai penerbangan berbiaya rendah, bandara yang mulai beroperasi pada 2 Mei 2014 ini adalah suksesor bandara LCCT (Low Cost Carrier Terminal). Bandara ini identik dengan maskapai penerbangan Air Asia. Untuk saat ini maskapai penerbangan seperti Jetstar Asia, Tiger Air, Scoot (Singapura), dan Cebu Pacific Air (Filipina) juga menggunakan bandara ini.

Dan yang terakhir, yaitu KL Sentral adalah stasiun kereta api yang terintegrasi dengan mall, hotel dan pemberhentian bus. KL Sentral terletak di tengah Kota Kuala Lumpur, sementara KLIA dan KLIA2 terletak sekitar 55 kilometer dari KL Sentral. Nah, biasanya (walaupun tidak semua) apabila kita masuk ke negara Malaysia melalui KLIA atau KLIA2, maka tujuan selanjutnya adalah KL Sentral sebelum diteruskan lagi menuju ke tujuan berikutnya atau tujuan akhir.

Ada dua pilihan kereta api cepat yang bisa dipilih untuk menuju ke KL Sentral, yaitu KLIA Ekspres dan KLIA Transit. Apa bedanya? Secara garis besar perbedaannya adalah pada waktu tempuh, stasiun yang disinggahi dan interior gerbong.

Dengan menggunakan KLIA Ekspres, dari KLIA2 ke KLIA hanya membutuhkan waktu sekitar 3 menit dan dari KLIA ke KL Sentral hanya membutuhkan waktu sekitar 28 menit. Jadi dari KLIA2 menuju ke KL Sentral hanya membutuhkan waktu sekitar 33 menit, dengan berhenti sejenak selama 2 menit di KLIA. Kereta api ini adalah pilihan terbaik apabila berhubungan dengan waktu.

Setiap harinya kereta api cepat ini beroperasi mulai pukul 04.55 dan kereta api terakhir pada pukul 00.55 jika dari KLIA2. Sementara jika dari KL Sentral mulai beroperasi pada pukul 05.00 dan kereta api terakhir pada pukul 00.40. Kereta api tersedia dalam interval 15-20 menit sekali.

Rute KLIA Ekspres adalah KLIA2 - KLIA - KL Sentral, atau sebaliknya. Kereta api ini hanya berhenti di 3 stasiun, yaitu stasiun awal (KLIA2 atau KL Sentral), KLIA dan stasiun akhir (KL Sentral atau KLIA2). Nah, faktor inilah yang menjadikan KLIA Ekspres sebagai moda transportasi umum tercepat.

Kemudian pasal interior gerbong. Hmm, kalau pasal yang ini tidak perlu aku jelaskan secara detail, kesannya cukup mewah, hehehehe. Kereta api ini juga menyediakan wifi gratis. Oh iya, yang perlu diperhatikan adalah kereta ini tidak berlaku penomoran tempat duduk, jadi bebas mau duduk di kursi mana, siapa cepat dia dapat. Akan tetapi anda tidak perlu khawatir tidak mendapat tempat duduk. Sesuai pengalamanku naik KLIA Ekspres, kereta api ini jarang dalam kondisi penuh penumpang, pasti ada saja kursi yang kosong, hehehehe.

interior gerbong
interior gerbong

Karena beberapa keunggulannya dibanding dengan moda transportasi lainnya, jadi harga yang ditawarkan pun terbilang cukup mahal, huhuhuhu. Hmm, tapi menurutku sebanding lah dengan segala fasilitas yang ditawarkan, hehehehe. Ketika tulisan ini diterbitkan, harga tiketnya adalah MYR 55 (55 ringgit) untuk dewasa dan MYR 25 (25 ringgit) untuk anak usia 2-12 tahun, sementara untuk anak usia di bawah 2 tahun tidak dikenakan biaya alias gratis.

Untuk menghemat biaya, anda bisa membeli tiket pulang-pergi (return trip ticket) dengan harga MYR 100 (100 ringgit) untuk dewasa dan MYR 45 (45 ringgit) untuk anak usia 2-12 tahun. Untuk tiket sekali jalan (single trip) dan pulang-pergi (return trip) masa berlakunya adalah 31 hari dari tanggal perjalanan yang dipilih. Selain itu, ada juga diskon 10% apabila membeli tiket secara online, melalui aplikasi smartphone (mobile app) atau melalui mesin tiket otomatis (self-service kiosk) yang tersedia di stasiun dan bandara terkait.

Ada baiknya anda sering mengunjungi halaman situs www.kliaekspres.com untuk mencari informasi tentang promo dan paket yang ditawarkan, biasanya ada penawaran menarik dan bisa mendapatkan harga di bawah harga normal. Contohnya, saat ini ada promo Family Package (Paket Keluarga), cukup dengan membayar MYR 120 (120 ringgit) untuk 2 orang dewasa dan 2 anak-anak usia 2-12 tahun, secara lebih hemat 25%. Kemudian ada Group Saver (Paket Rombongan), apabila anda terdiri dari 3 orang atau lebih, hanya dikenakan biaya MYR 40 (40 ringgit) per orang. Lalu ada juga beberapa paket menarik lainnya.

Oh iya, jangan lupa perhatikan dan pahami dengan jelas syarat dan ketentuan yang berlaku untuk paket promo. Sebagai contoh, tiket paket promo biasanya hanya berlaku sesuai tanggal perjalanan yang dipilih saja, berbeda dengan tiket normal yang masa berlakunya 31 hari setelah tanggal perjalanan yang dipilih. ^,^


Artikel terkait:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar