16 Januari 2018

JB Sentral Ke Gemas Naik Kereta Api Ekspres Selatan

JB Sentral - Gemas
JB Sentral - Gemas

Beberapa tahun yang lalu, melakukan perjalanan dari Singapura (Woodlands) ke Kuala Lumpur, Malaysia (bahkan sampai ke Ipoh, Perak, Malaysia) bisa dilakukan secara langsung dengan menggunakan kereta api, yaitu kereta api Senandung Sutera. Nah, sekitar pertengahan tahun 2015 rute ini diperpendek jaraknya, yaitu dimulai dari JB Sentral, Johor. Dan kemudian sekitar pertengahan tahun 2016 rute ini dihentikan operasionalnya, huhuhuhu. Padahal keberadaan kereta api ini sangat membantu bagi traveller kelas kere hore sepertiku, hehehehe.

Hmm, sebagai informasi, rute tersebut sekarang dipecah menjadi tiga rute, yaitu:
  • Woodlands CIQ - JB Sentral
  • JB Sentral - Gemas - (Tampin/Pulau Sebang)
  • Gemas - KL Sentral - Ipoh - Butterworth - Padang Besar

Rute Woodlands CIQ - JB Sentral telah aku jelaskan pada tulisan sebelumnya (baca: Singapura Ke Malaysia Cuma 5 Menit Naik Kereta Api), pada tulisan kali ini aku akan menjelaskan tentang rute berikutnya, yaitu rute JB Sentral - Gemas - (Tampin/Pulau Sebang).

Ekspres Selatan
Ekspres Selatan

Ada 4 kereta api yang melintasi rute ini di setiap harinya, yaitu Ekspres Selatan 40, Ekspres Selatan 42, Ekspres Selatan 44 dan Ekspres Rakyat Timuran 26, untuk rute JB Sentral - Gemas. Sementara untuk rute sebaliknya Gemas - JB Sentral ada Ekspres Selatan 41, Ekspres Selatan 43, Ekspres Selatan 45 dan Ekspres Rakyat Timuran 27. Sebagai informasi, kereta api Ekspres Selatan kerap juga disebut dengan nama Shuttle Selatan.

interior gerbong Ekspres Selatan
interior gerbong Ekspres Selatan

Lalu berapa harga tiketnya? Hmm, berdasarkan halaman situs www.ktmb.com.my di awal tahun 2018 adalah MYR 21 (21 ringgit) untuk orang dewasa dan MYR 15 (15 ringgit) untuk anak-anak usia 4-12 tahun, sementara untuk anak-anak di bawah umur 4 tahun tidak dikenakan biaya alias gratis, dengan syarat duduk bersama atau dipangku oleh orang tuanya atau pendampingnya.

harga tiket (ES40)
harga tiket (ES40)
harga tiket (ES42)
harga tiket (ES42)
harga tiket (ES44 dan ERT26)
harga tiket (ES44 dan ERT26)

Berikut adalah jadwal dan stasiun-stasiun yang dilalui (update jadwal per Juni 2018).




Sebagai catatan, perhatikan dan pilih jadwal dengan seksama agar tidak ketinggalan kereta api pada jadwal berikutnya. ^,^

Untuk informasi lebih lengkap dan pemesanan tiket silahkan kunjungi halaman situs www.ktmb.com.my

Atau jika halaman situs resmi di atas susah diakses, pemesanan tiket secara online juga bisa melalui tautan berikut:

Artikel terkait:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar