17 Oktober 2018

Cara Membuka Tutup Tangki Bensin Toyota Calya

Letak TutupTangki Bensin Toyota Calya
Letak Tutup Tangki Bensin Toyota Calya

Letak tutup tangki bensin (bahan bakar) mobil ini ada di mana sih? Lalu bagaimana cara membukanya? Hmm, terdengar sepele tho? Tetapi pada kasus di lapangan di mana masih ada sebagian pengemudi dibuat bingung dengan masalah sepele ini, terlebih pada pengemudi baru atau pengemudi yang sedang mengemudikan mobil baru pertama kali dikemudikannya (misalnya mobil sewaan atau mobil pinjaman), hehehehe.

Nah, pada tulisan kali ini aku akan memberi tahu tentang cara membuka tutup tangki bensin atau bahan bakar pada mobil Toyota Calya dan berlaku juga pada mobil kembarannya, yaitu Daihatsu Sigra. Berikut penjelasannya.
  • Pada mobil Toyota Calya letak pintu bahan bakar adalah di sebelah kiri mobil (lihat tanda panah). Jadi untuk memudahkan ketika pengisian bahan bakar antrilah di jalur sebelah kanan dari pompa bensin apabila di stasiun pompa bensin tersebut terdiri dari 2 jalur antian (kiri-kanan).

    letak tutup tangki bahan bakar
    letak tutup tangki bahan bakar

  • Lalu tarik ke atas tuas pembuka pintu bahan bakar yang terletak di sekitar bawah samping kanan tempat duduk pengemudi (lihat tanda panah).

    letak tuas pembuka pintu bahan bakar
    letak tuas pembuka pintu bahan bakar
    tarik ke atas
    tarik ke atas

  • Begitu tuas tersebut ditarik, secara otomatis pintu bahan bakar pun akan terbuka.

    pintu bahan bakar telah terbuka
    pintu bahan bakar telah terbuka

  • Nah, kemudian buka tutup tangki bahan bakar secara perlahan dengan cara memutarnya berlawanan arah jarum jam. Lalu proses pengisian bahan bakar bisa dilakukan. Hmm, sebagai informasi, kapasitas tangki bahan bakar Toyota Calya adalah sekitar 36 liter dan bahan bakar yang disarankan adalah bensin tanpa timbal dengan nilai oktan 92 (contoh: Pertamina Pertamax) atau di atasnya (apabila kondisi mesin mobil masih standar).

    tutup tangki bahan bakar telah dibuka
    tutup tangki bahan bakar telah dibuka

  • Setelah proses pengisian bahan bakar selesai, pasang dan rapatkan kembali tutup tangki bahan bakar dengan cara memutarnya searah jarum jam dan sampai terdengar bunyi klik (lihat tanda panah).

    pasang kembali tutup tangki
    pasang kembali tutup tangki

  • Kemudian tutup dan rapatkan kembali pintu bahan bakar dengan cara menekannya sampai terdengar bunyi klik. Selesai. ^,^

    tutup kembali dan rapatkan pintu bahan bakar
    tutup kembali dan rapatkan pintu bahan bakar

Catatan:
Sesuai pengalaman di lapangan, di mana mayoritas SPBU milik Pertamina menyediakan petugas pada setiap pompa bensinnya (kecuali pada sebagian SPBU Pertamina di kota-kota besar yang berlabel self service), pengemudi hanya perlu melakukan langkah sampai membuka pintu bahan bakar (langkah kedua pada tulisan ini) dan membayar saja, sementara untuk membuka tutup tangki bahan bakar, melakukan pengisian bahan bakar, memasang kembali tutup tangki bahan bakar dan menutup kembali pintu bahan bakar dilakukan oleh petugas SPBU.

Enak sekali tho? Jadi tidak perlu keluar dari mobil, cukup membuka kaca jendela saja. Hmm, kondisi yang berbeda dengan di luar negeri di mana kita (pengemudi) harus melakukan pengisian bahan bakar secara sendiri, sementara petugas hanya menunggu di kasir atau loket dan baru membantu ketika ada masalah atau kondisi darurat. ^,^

Tonton video-nya di sini:

Artikel terkait:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar