January 24, 2018

Naik Kereta Api KLIA Transit Dari Bandara KLIA Ke Kota Kuala Lumpur

KLIA Transit
KLIA Transit

Pada tulisan sebelumnya aku telah menjelaskan tentang KLIA Ekspres, yaitu salah satu kereta api cepat bandara yang beroperasi di Bandara Internasional Kuala Lumpur, Malaysia, yang lebih dikenal dengan sebutan KLIA dan juga KLIA2. Nah, pada tulisan kali ini aku akan menjelaskan tentang kereta api cepat bandara yang satunya lagi, yaitu KLIA Transit.

Sama halnya dengan KLIA Ekspres, KLIA Transit adalah kereta api yang dimiliki oleh Ekspress Rail Link Sendirian Berhad (ERL Sdn Bhd). Rutenya pun sama, yaitu sama-sama beroperasi antara KLIA2 - KLIA - KL Sentral. Bahkan harga tiketnya pun sama, yaitu MYR 55 (55 ringgit) untuk dewasa dan MYR 25 (25 ringgit) untuk anak usia 2-12 tahun.

Lantas apa perbedaannya antara KLIA Transit dengan KLIA Ekspres? Imho, secara waktu tempuh KLIA Transit sedikit lebih lama dari pada KLIA Ekspres. Perjalanan sedikit lebih lama karena KLIA Transit berhenti di 3 stasiun lain, yaitu di stasiun Salak Tinggi, Putrajaya/Cyberjaya dan Bandar Tasik Selatan, sementara KLIA Ekspres hanya berhenti di KLIA.

Nah, justru karena berhenti di stasiun-stasiun tersebut di atas, KLIA Transit sifatnya lebih fleksibel karena tidak sepenuhnya digunakan oleh penumpang yang tujuannya ke bandara atau ke KL Sentral saja. Kereta api ini juga sering dimanfaatkan oleh penumpang dengan tujuan Putrajaya/Cyberjaya yang sedang dikejar waktu. Selain itu juga apabila dari bandara, penumpang tidak semuanya turun di KL Sentral, ada yang hanya sampai ke Bandar Tasik Selatan dan kemudian melanjutkan perjalanannya dengan naik komuter, LRT atau bus.

interior
interior

Kereta api cepat bandara yang terdiri dari 4 gerbong ini terasa cukup nyaman, hanya saja cukup ramai jika di jam-jam sibuk. Dan yang perlu diperhatikan adalah kereta api ini tidak mengenal penomoran tempat duduk, jadi bebas mau duduk di mana saja, hehehehe. Hmm, jadi jika tujuan anda adalah langsung ke bandara atau langsung ke KL Sentral dan sedang dikejar oleh waktu, aku sarankan lebih baik naik KLIA Ekspres. Karena KLIA Ekspres hanya berhenti sesaat di KLIA, sementara KLIA Transit ini mesti berhenti di 3 stasiun lainnya.

KLIA Transit di setiap harinya beroperasi mulai pukul 05.48 dan jadwal terakhir pada pukul 00.59 untuk rute KLIA2 - KLIA - KL Sentral. Sementara untuk rute KL Sentral - KLIA - KLIA2 dimulai pada pukul 04.33 dan jadwal terakhir pada pukul 00.03. Kereta api ini tersedia dalam interval 20-30 menit sekali. Lama perjalanan KLIA2 - KLIA adalah 3 menit, KLIA - Salak Tinggi adalah 6 menit, Salak Tinggi - Putrajaya/Cyberjaya adalah 8 menit, Putrajaya/Cyberjaya - Bandar Tasik Selatan adalah 11 menit, dan Bandar Tasik Selatan - KL Sentral adalah 10 menit. Dengan lama waktu berhenti di setiap stasiun sekitar 1-2 menit. Jadi total perjalanan dari KLIA2 ke KL Sentral adalah sekitar 39 menit.

tarif KLIA Transit
tarif KLIA Transit

Berapa uang yang harus dikeluarkan untuk naik KLIA Transit? Jawaban adalah sama dengan tarif KLIA Ekspres, yaitu MYR 55 (55 ringgit) untuk dewasa dan MYR 25 (25 ringgit) untuk anak usia 2-12 tahun, sementara untuk anak usia di bawah 2 tahun tidak perlu membayar alias gratis. Tarif tersebut berlaku untuk jurusan KLIA2 atau KLIA ke KL Sentral dan rute sebaliknya dari KL Sentral ke KLIA atau KLIA2. Sementara untuk rute lainnya bisa dilihat pada gambar di atas.

Oh iya, jika ingin mendapatkan diskon senilai 10%, lakukan pembelian tiket secara online, melalui aplikasi (mobile app) atau melalui mesin tiket otomatis (self-service kiosk). Atau bisa juga dengan cara melakukan pembelian tiket pulang pergi (return trip), hanya dikenakan biaya sebesar MYR 100 untuk dewasa dan MYR 45 untuk anak usia 1-12 tahun. Tetapi potongan harga untuk tiket pulang pergi hanya berlaku untuk jurusan penuh atau KLIA/KLIA2 - KL Sentral atau sebaliknya.

Hmm, untuk traveller kelas kere hore atau minim budget sepertiku ongkos kereta api KLIA Transit terbilang mahal, hehehehe. Nah, untuk menyiasatinya ada beberapa cara yang bisa dilakukan, di antaranya:
  1. 2 Kali Naik KLIA Transit
    Caranya, pertama naik KLIA Transit dari KLIA2, KLIA atau KL Sentral turun dulu di Salak Tinggi, kemudian dari Salak Tinggi lanjut kembali ke KL Sentral, KLIA atau KLIA2.
    Dengan cara ini cukup membayar 4,9 ringgit (KLIA2/KLIA - Salak Tinggi) + 18,3 ringgit (Salak Tinggi - KL Sentral), totalnya hanya 23,2 ringgit.
    Cara ini agak terlihat aneh, kenapa coba harus turun di tengah jalan, kemudian naik lagi untuk melanjutkan perjalanan di jadwal berikutnya? Hmm, memang akan membuang waktu sekitar 20-30 menit, tapi percayalah dengan melakukan cara ini anda bisa menghemat biaya sekitar 31,8 ringgit per orang, hehehehe.
    .
  2. KLIA Transit + Bus Smart Selangor
    Caranya, apabila dari KLIA atau KLIA2, naik Bus Smart Selangor (MP Sepang) SPG01 atau SPG02, lalu turun di ERL Salak Tinggi. Kemudian dilanjutkan naik KLIA Transit menuju ke KL Sentral. Apabila dari KL Sentral, naik KLIA Transit dan turun di Salak Tinggi, kemudian dilanjutkan dengan naik Bus Smart Selangor (MP Sepang) SPG01 atau SPG02 menuju ke KLIA atau KLIA2.
    Dengan cara ini cukup membayar ongkos KLIA Transit dari Salak Tinggi ke KL Sentral atau sebaliknya sebesar 18,3 ringgit, sementara naik Bus Smart Selangor tidak dipungut biaya alias gratis.
    .
  3. KLIA Transit + Bus (Putrajaya - Kuala Lumpur)
    Caranya, apabila dari KLIA atau KLIA2, naik KLIA Transit lalu turun di Putrajaya, kemudian dilanjutkan dengan naik bus Rapid KL E1 atau bus Nadi Putra 500, lalu turun di KL Sentral. Kalau terlewat, bus ini berhenti di Pasar Seni (Central Market). Untuk rute sebaliknya atau dari Kuala Lumpur menuju ke KLIA atau KLIA2, lebih baik naik bus dari Pasar Seni (Central Market).
    Dengan cara ini cukup membayar 9,4 ringgit untuk KLIA Transit + 3,8 ringgit untuk bus, jadi totalnya hanya 13,2 ringgit.
    .
  4. KLIA Transit + Komuter
    Caranya, apabila dari KLIA atau KLIA2, naik KLIA transit lalu turun di Bandar Tasik Selatan, kemudian dilanjutkan dengan naik komuter (rute Tampin/Pulau Sebang - Batu Caves, atau Tampin/Pulau Sebang - KL Sentral, atau Seremban - KL Sentral, atau Seremban - Batu Caves, atau Sungai Gadut - KL Sentral, atau Sungai Gadut - Batu Caves), lalu turun di KL Sentral.
    Dengan cara ini cukup membayar 38,4 ringgit untuk ongkos KLIA Transit (KLIA2 atau KLIA ke Bandar Tasik Selatan) + 2,4 ringgit untuk ongkos komuter dari Bandar Tasik Selatan ke KL Sentral. Totalnya adalah 40,8 ringgit (hmm, kalau segini mah masih termasuk mahal yah? huhuhuhu).
    .
  5. KLIA Transit + Bus Smart Selangor + Komuter
    Hmm, cara ini adalah kombinasi dari cara kedua dan keempat. Bisa jadi pilihan ini adalah yang paling ribet, tapi hemat, (jujur, kalau aku lebih memilih naik bus langsung saja, tapi jika ingin merasakan bagaimana rasanya naik KLIA Transit, ya oke lah cara ini boleh dicoba, hehehehe).
    Caranya, dari KLIA atau KLIA2 naik Bus Smart Selangor SPG01 atau SPG02, lalu turun di ERL Salak Tinggi, kemudian dilanjutkan dengan naik KLIA Transit, lalu turun di Bandar Tasik Selatan, kemudian dilanjutkan lagi dengan naik komuter menuju ke KL Sentral.
    Dengan cara ini cukup mengeluarkan biaya sebesar 14,8 ringgit (12,4 ringgit untuk KLIA Transit + 2,4 ringgit untuk komuter).
    .
  6. KLIA Transit + Bus (KLIA/KLIA2 - Kuala Lumpur)
    Opsi yang satu ini adalah cara yang agak nyeleneh atau hanya untuk yang ngidam naik KLIA Transit (atau juga KLIA Ekspres), hahahaha. Caranya adalah apabila berangkat dari KLIA2, naik KLIA Transit atau KLIA Ekspres menuju ke KLIA, kemudian dilanjutkan dengan naik bus dari KLIA menuju ke Kuala Lumpur, contohnya Airport Coach Bus.
    Apabila berangkat dari KLIA, maka naiklah KLIA Transit atau KLIA Ekspres menuju ke KLIA2, kemudian dilanjutkan dengan naik bus dari KLIA2 menuju ke Kuala Lumpur, contoh busnya adalah SkyBus dan AeroBus.
    Dengan cara ini cukup mengeluarkan biaya sebesar 2 ringgit untuk KLIA Transit atau KLIA Ekspres + 10-11 ringgit untuk ongkos bus, jadi totalnya hanya sekitar 12-13 ringgit.

Sebagai catatan, lakukan metode kombinasi di atas hanya apabila anda memiliki waktu yang cukup luang dan tentunya dengan tidak sedang membawa banyak barang bawaan, hehehehe.

Bagaimana, tertarik untuk mencoba naik kereta api cepat bandara KLIA Transit? Atau ingin mencoba cara kombinasinya? Hehehehe, ya semua pilihan ada di tangan anda. ^,^


Artikel terkait:

No comments:

Post a Comment