December 31, 2017

Mengenal Bumbu Dapur: Adas Dan Jintan

Adas Dan Jintan
Adas Dan Jintan

Dua bumbu dapur ini secara sekilas terlihat sangat mirip, apalagi jika dilihat secara terpisah. Nah, jika didekatkan seperti gambar di atas baru deh ketahuan bedanya, heheheheYup, adas dan jintan (atau sering juga disebut jinten). Kedua bumbu dapur yang bentuknya seperti bulir gabah ini akrab dengan pecinta masakan seperti kari, opor dan gulai.

Oke deh, berikut penjelasannya.
  1. Adas
    adas
    adas

    Adas atau yang dalam Bahasa Inggris disebut dengan fennel seeds memiliki nama latin Foeniculum vulgare. Tampilan fisiknya secara sekilas mirip dengan buliran gabah atau beras yang masih ada kulitnya (sekam). Bumbu dapur ini memiliki aroma harum dan sedikit pedas. Dan yang biasa dijual di pasar adalah bijinya yang sudah dikeringkan.
    Adas lazim digunakan sebagai bumbu untuk masakan seperti kari, gulai dan opor. Satuan yang digunakan dalam resep masakan adalah gram dan sendok teh. Selain sebagai bumbu masakan, adas juga dimanfaatkan sebagai bahan obat dan bahan jamu. Oh iya, apabila dibandingkan dengan jintan, adas berukuran lebih besar dan berwarna lebih terang.
     
  2. Jintan
    jintan
    jintan

    Jintan atau jinten yang dimaksud pada tulisan kali ini adalah jintan putih yang memiliki nama ilmiah Cuminum cyminum. Sementara dalam Bahasa Inggris lazim disebut dengan nama cumin seeds. Secara fisik tampilan jintan terlihat lebih kecil dan berwarna agak gelap apabila dibandingkan dengan adas. Rasa yang ditawarkan adalah harum dan pedas, lebih pedas dari adas.
    Sama seperti adas, jintan yang lazim dijual di pasar sebagai bumbu dapur adalah bijinya yang telah dikeringkan. Satuan yang digunakan dalam resep masakan adalah gram dan sendok teh. Masakan yang menggunakan bumbu jintan seperti kari, gulai, opor dan olahan daging lainnya. Selain sebagai bumbu masakan, jintan juga digunakan sebagai bahan obat dan bahan jamu.

Artikel terkait:

No comments:

Post a Comment