23 Juli 2021

Cara Menambahkan Metode Pembayaran Pada Google Adsense (Studi Kasus Bank Syariah Indonesia BSI)

Google Adsense & Bank Syariah Indonesia
Google Adsense & Bank Syariah Indonesia

Salah satu dampak yang aku alami sebagai nasabah yang terkena proses migrasi rekening dari BRI Syariah (dan juga nasabah BNI Syariah) menjadi Bank Syariah Indonesia (BSI) adalah aku harus mengubah metode pembayaran pada rekening Google Adsense milikku. Proses mengubah atau menambah metode pembayaran pada akun Google Adsense sebetulnya sangat mudah, tetapi jika tidak dilakukan dengan benar akan menjadi ribet karena hal tersebut berhubungan dengan uang yang biasanya memerlukan proses verifikasi dan pencocokan data diri si pemilik akun.

Nah, pada tulisan kali ini aku akan berbagi pengalaman tentang cara menambah dan mengubah rekening untuk metode pembayaran pada akun Google Adsense. Proses ini mau tidak mau harus aku lakukan karena rekening BRI Syariah milikku telah berubah menjadi rekening Bank Syariah Indonesia. Sementara pada sistem Google Adsense, Bank Syariah Indonesia (BSI) masih menggunakan data atau terdaftar sebagai Bank Syariah Mandiri (BSM).

Hmm, apabila metode pembayaran tersebut tidak aku tambah atau ubah, maka Google tidak bisa melakukan transfer kepadaku karena rekening BRI Syariah milikku yang terdaftar pada sistem Google Adsense sudah diblokir karena nasabah BRI Syariah sudah bermigrasi menjadi nasabah Bank Syariah Indonesia (BSI), hohohoho.

Oke deh, berikut penjelasannya.
  1. Masuk ke halaman beranda Google Adsense sesuai dengan akun anda. Lalu klik menu 'Pembayaran' (lihat tanda panah).

    klik 'PEMBAYARAN'
    klik 'PEMBAYARAN'

  2. Kemudian klik 'KELOLA METODE PEMBAYARAN' (lihat tanda panah).

    klik 'KELOLA METODE PEMBAYARAN'
    klik 'KELOLA METODE PEMBAYARAN'

  3. Lalu klik 'TAMBAHKAN METODE PEMBAYARAN' (lihat tanda panah).

    klik 'TAMBAH METODE PEMBAYARAN'
    klik 'TAMBAH METODE PEMBAYARAN'

  4. Kemudian isi kolom-kolom sesuai dengan data pribadi anda.
    Kolom A = Isi sesuai dengan nama pada rekening bank
    Kolom B = Pilih atau isi dengan 'BANK SYARIAH MANDIRI'
    Kolom C = Isi sesuai dengan nomor rekening
    Pastikan data-data diisi dengan benar, lalu klik 'SIMPAN' (lihat tanda panah).

    isi formulir, lalu klik 'SIMPAN'
    isi formulir, lalu klik 'SIMPAN'

  5. Kemudian akan tampil kotak pemberitahuan, klik 'OKE' (lihat tanda panah).

    klik 'OKE'
    klik 'OKE'

  6. Metode pembayaran telah berhasil ditambahkan, tetapi statusnya 'Verifikasi tertunda' atau belum diverifikasi (lihat tanda panah).

    status: verifikasi tertunda
    status: verifikasi tertunda

  7. Kemudian Google akan mengirimkan email ke akun Gmail anda yang inti isinya adalah kita diminta untuk melakukan verifikasi metode pembayaran yang baru saja ditambahkan.

    email dari Google
    email dari Google
    isi email
    isi email

Hmm, sampai di sini cukup abaikan saja dan tunggu sampai Google melakukan sejumlah kecil (kurang dari seribu rupiah) transfer ke rekening kita yang baru saja kita tambahkan sebagai metode pembayaran. Proses transfer akan dilakukan 1-3 hari kerja, jadi aktiflah melakukan cek saldo dan mutasi transaksi pada rekening anda.

Karena contoh kasus kali ini aku menggunakan rekening Bank Syariah Indonesia (BSI), maka untuk mengetahui apakah Google sudah melakukan transfer atau belum akan aku cek melalui aplikasi mobile banking BSI Mobile pada smartphone Android. Caranya cukup mudah dan tidak dikenakan biaya alias gratis kok, hehehehe.
  1. Buka aplikasi BSI Mobile pada smartphone anda, lalu tap icon Menu yang berada di pojok kiri atas pada layar smartphone (lihat tanda panah).

    tap icon Menu
    tap icon Menu

  2. Kemudian tap 'Info Rekening' (lihat tanda panah).

    tap 'Info Rekening'
    tap 'Info Rekening'

  3. Lalu tap 'Daftar Mutasi' (lihat tanda panah).

    tap 'Daftar Mutasi'
    tap 'Daftar Mutasi'

  4. Kemudian tap '5 Transaksi' (lihat tanda panah).

    tap '5 Transaksi'
    tap '5 Transaksi'

  5. Kemudian masukkan nomor pin anda (A), lalu tap 'SELANJUTNYA' (lihat tanda panah).

    masukkan PIN
    masukkan PIN

  6. Kemudian akan muncul daftar 5 mutasi terakhir pada rekening anda. Perhatikan yang keterangannya tertera tulisan 'GOOGLE ASIA PACIFIC PTE LTD'. Catat nilai kreditnya, 3 digit angka tersebutlah yang akan digunakan untuk melakukan verifikasi metode pembayaran. Pada contoh kasus kali ini, 3 digit angka tersebut adalah 249 (lihat tanda panah). Setelah mengetahui 3 digit angka tersebut, anda bisa menutup aplikasi BSI Mobile anda.

    nominal transfer dari Google
    nominal transfer dari Google

Selanjutnya lakukanlah verifikasi metode pembayaran yang sebelumnya telah ditambahkan.
  1. Masuk kembali ke halaman beranda Google Adsense sesuai dengan akun anda. Lalu klik menu 'Pembayaran' (lihat tanda panah).

    klik 'Pembayaran'
    klik 'Pembayaran'

  2. Kemudian klik 'KELOLA METODE PEMBAYARAN' (lihat tanda panah).

    klik 'KELOLA METODE PEMBAYARAN'
    klik 'KELOLA METODE PEMBAYARAN'

  3. Lalu klik 'VERIFIKASI' (lihat tanda panah).

    klik 'VERIFIKASI'
    klik 'VERIFIKASI'

  4. Kemudian pilih atau masukkan 3 digit angka sesuai dengan nominal yang telah Google transfer ke rekening anda (lihat panah A). Pada contoh kasus kali ini angkanya adalah 249. Setelah itu klik 'VERIFIKASI' (lihat panah B).

    masukkan 3 digit angka, lalu klik 'VERIFIKASI'
    masukkan 3 digit angka, lalu klik 'VERIFIKASI'

  5. Apabila 3 digit angka tersebut sesuai, maka akan tampil kotak pemberitahuan bahwa rekening bank anda sudah diverifikasi. Lalu klik 'OKE' (lihat tanda panah).

    klik 'OKE'
    klik 'OKE'

  6. Nah, sekarang kedua status rekening untuk metode pembayaran sudah diverifikasi dan siap untuk digunakan.

    rekening telah siap digunakan
    rekening telah siap digunakan

  7. Kemudian ubah status rekening bank BSI menjadi metode pembayaan utama. Caranya dengan mengubah status 'Tidak satu pun' menjadi 'Utama' (lihat tanda panah). Selesai deh. ^,^

    pilih 'Utama'
    pilih 'Utama'

Hmm, sampai di sini biasanya masih ada rasa penasaran apakah proses penambahan metode pembayaran yang telah dilakukan sudah benar atau belum? Lalu bagaimana jika Google mengirimkan pembayaran masih ke rekening yang lama (rekening BRI Syariah), padahal rekening BRI Syariah tersebut sudah diblokir. Nah, kebetulan pada tanggal 21 Juli 2021 Google melakukan proses pembayaran penghasilan Adsense ke rekeningku. Berikut lebih lengkapnya.
  1. Apabila nilai ambang batas penghasilan Adsense kita telah tercapai, maka Google akan melakukan pembayaran ke rekening kita. Dan apabila uang tersebut sudah dikirim ke rekening kita, maka Google akan memberitahu kita melalui email (Gmail).

    email dari Google Payments
    email dari Google Payments
    isi email
    isi email

  2. Anda juga bisa mengeceknya pada dashboard akun Google Adsense anda.

    keterangan pada dashboard Adsense
    keterangan pada dashboard Adsense
    tanda terima pembayaran
    tanda terima pembayaran

  3. Jika tidak ada masalah dan tidak terbentur dengan hari libur, maka uang tersebut akan masuk ke rekening kita antara 1-7 hari. Pada contoh kasus kali ini aku menerima transfer pada tanggal 22 Juli 2021 atau hanya selisih 1 hari dari email pemberitahuan.

    transfer dari Google telah masuk ke rekening BSI
    transfer dari Google telah masuk ke rekening BSI

Oke deh, semoga bermanfaat. ^,^

4 komentar:

  1. Wah, mantap...
    Ini yang saya cari dari kemarin.
    Kebetulan kemarin juga baru migrasi ke BSI

    BalasHapus
  2. Kaus saya beda, saya belum sempat migrasi dan saya tidak tahu kalau akun BNI Syariah saya sudah di blokir, lalu Adesen kasih tahu kalau pembayaran sudah di lakukan, saya cek via ATM ternyata tidak bisa di gunakan, akhirnya ke BSI deh untuk migrasi, tapi saya bingung kata adsene sudah masuk, kata BANK nya ga ada yang masuk karena sudah di blokir..
    Gimana nasib uang saya yah...

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba ditanya dulu ke halaman bantuan (contact us) google adsense, jelaskan kronologi masalahnya. kemudian tanya apakah bukti tanda terima pembayaran bisa dijadikan alat aduan ke bank tujuan.
      jika sudah jelas masalahnya dengan pihak adsense, lalu teruskan tanya ke pihak bank.
      karena ini kasusnya saat transfer di akun adsense masih pakai rekening lama (bnis), maka sebaiknya ditanya ke bsi (ex-bnis) sesuai kantor bnis sebelumnya.

      Hapus

Loading...