4 Juli 2018

Cara Membuka Tutup Tangki Bahan Bakar Toyota Kijang Innova

Letak Tutup Tangki Bahan Bakar Toyota Kijang Innova
Letak Tutup Tangki Bahan Bakar Toyota Kijang Innova 

Hal paling sepele yang selalu diabaikan oleh pengemudi pemula atau pengemudi yang baru pertama kali mengendarai mobil yang bukan pegangannya adalah tentang letak tutup tangki bahan bakar dan bagaimana cara membukanya. Kasus seperti ini baru disadari oleh si pengemudi ketika akan mengisi bahan bakar. Hmm, bahkan malah petugas SPBU yang lebih tahu dan lebih hafal dari pada si pengemudi mobil tersebut, hehehehe.

Oke deh, kali ini aku akan memberi tahu tentang bagaimana cara membuka tutup tangki bahan bakar pada mobil Toyota Kijang Innova, lebih spesifiknya adalah Toyota Grand New Kijang Innova tipe G bermesin diesel produksi tahun 2013.
  1. Letak tutup tangki bahan bakar pada mobil Toyota Kijang Innova berada di sebelah kiri, hal ini bisa dilihat dari indikator tanda panah kiri <[] pada panel speedometer (lihat tanda panah). Apabila pada stasiun pompa bensin (SPBU) tersedia 2 jalur antrian (kiri-kanan), maka ambil lah atau antri lah di jalur sebelah kanan.

    indikator kuantitas dan letak tutup tangki bahan bakar
    indikator kuantitas dan letak tutup tangki bahan bakar

  2. Kemudian tarik atau congkel tuas pembuka pintu bahan bakar yang terletak di sekitar sebelah kanan-bawah dashboard (lihat tanda panah).

    letak tuas pembuka pintu bahan bakar
    letak tuas pembuka pintu bahan bakar

  3. Begitu tuas tersebut ditarik atau dicongkel, secara otomatis pintu bahan bakar akan terbuka (lihat tanda panah).

    pintu bahan bakar telah terbuka
    pintu bahan bakar telah terbuka

  4. Kemudian lepas tutup tangki bahan bakar (lihat tanda panah) dengan cara diputar berlawanan arah jarum jam.

    lepas tutup tangki bahan bakar
    lepas tutup tangki bahan bakar

  5. Nah, proses pengisian bahan bakar sudah bisa dilakukan. Sebagai informasi, kapasitas tangki bahan bakar pada mobil Toyota Kijang Innova adalah sekitar 55 liter, baik yang solar maupun yang bensin kapasitasnya sama saja.

    lubang pengisian bahan bakar
    lubang pengisian bahan bakar

  6. Setelah pengisian bahan bakar selesai, pasang dan rapatkan kembali tutup bahan bakar (lihat tanda panah). Caranya diputar searah jarum jam sampai terdengar bunyi klik.

    pasang kembali tutup bahan bakar
    pasang kembali tutup bahan bakar

  7. Kemudian tutup dan rapatkan kembali pintu bahan bakar (lihat tanda panah) dengan cara menekannya sampai terdengar bunyi klik. Selesai. ^,^

    tutup dan rapatkan pintu bahan bakar
    tutup dan rapatkan pintu bahan bakar

Tonton video-nya di sini:

Catatan:
Sesuai pengalaman di lapangan, di mana mayoritas SPBU milik Pertamina menyediakan petugas pada setiap pompa bensinnya (kecuali pada sebagian SPBU Pertamina di kota-kota besar yang berlabel self service), pengemudi hanya perlu melakukan langkah sampai membuka pintu bahan bakar (langkah kedua pada tulisan ini) dan membayar saja, sementara untuk membuka tutup tangki bahan bakar, melakukan pengisian bahan bakar, memasang kembali tutup tangki bahan bakar dan menutup kembali pintu bahan bakar dilakukan oleh petugas SPBU.

Enak sekali khan? Jadi tidak perlu keluar dari mobil, cukup membuka kaca jendela saja. Hmm, kondisi yang berbeda dengan di luar negeri di mana kita (pengemudi) harus melakukan pengisian bahan bakar secara sendiri, sementara petugas hanya menunggu di kasir atau loket dan baru membantu ketika ada masalah atau kondisi darurat. ^,^

Artikel terkait:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Loading...