December 27, 2017

Mengenal Bumbu Dapur: Bawang Merah, Bawang Putih, Bawang Bombay

Bawang
Bawang

Yup, kali ini kita kembali belajar mengenal bumbu dapur. Hmm, yang akan aku bahas kali ini adalah bawang-bawangan. Secara umum dan lazim ditemukan pada masakan di Indonesia dikenal tiga jenis bawang, yaitu bawang merah, bawang putih dan bawang bombay. Hampir di setiap masakan Indonesia menggunakan bawang sebagai salah satu bumbunya.

Bumbu dapur yang termasuk jenis tanaman umbi ini sangat mudah ditemukan di pasar-pasar di Indonesia, baik di pasar modern maupun di pasar tradisional. Aku rasa tidak begitu sulit untuk orang awam pun membedakan antara bawang merah, bawang putih dan bawang bombay, karena dari bentuk dan warnanya sudah bisa dikenali, hehehehe.

Yang perlu diperhatikan dalam pemilihan bawang adalah tingkat kepadatan, kondisi kering dan warna. Bawang yang baik lazimnya terasa agak keras, kering dan berwarna cerah. Sementara untuk penyimpanannya, sebaiknya bawang dijemur dulu ketika baru dibeli dari pasar, lalu simpan di tempat terbuka yang sejuk dan sirkulasi udaranya lancar. Hindari menyimpan bawang di tempat yang basah atau lembab karena bawang akan lebih cepat busuk dan bertunas.

Hmm, untuk lebih mengenal dan lebih akrab tentang bawang-bawangan, silahkan baca penjelasan berikut, hehehehe.
  1. Bawang merah
    bawang merah
    bawang merah

    Bawang merah memiliki nama latin Allium cepa var. ascalonicum. Dalam Bahasa Inggris disebut shallot dan dalam Bahasa Jawa disebut brambang. Di Indonesia daerah penghasil bawang merah yang terkenal adalah Brebes, Jawa Tengah.
    Bawang merah adalah bumbu dapur yang sering digunakan pada masakan Indonesia. Satuan yang biasa digunakan dalam resep masakan adalah gram dan siung. Aplikasi penggunaannya bisa berupa dihaluskan (diulek atau di-blender) atau diiris untuk kemudian dicampur dengan bumbu lainnya. Atau lazim juga diolah dengan cara diiris tipis, lalu digoreng di dalam minyak panas dan kemudian ditiriskan, yang biasa disebut dengan bawang goreng. Digunakan sebagai taburan dalam masakan lainnya.
    Selain digunakan sebagai bumbu dapur, bawang merah juga dimanfaatkan sebagai obat dengan cara dikonsumsi langsung ataupun diramu dengan bahan-bahan lainnya. Dan sering juga digunakan sebagai media atau alat bantu untuk mengerik (mengerok) bayi atau anak kecil yang sedang sakit panas dan masuk angin.
    Oh iya, simpanlah bawang merah dalam keadaan kering dan di tempat yang sejuk, karena apabila disimpan di tempat yang lembab atau disimpan di dalam lemari pendingin, bawang merah akan cepat bertunas.

  2. Bawang putih
    bawang putih
    bawang putih

    Dalam Bahasa Inggris bawang putih disebut garlic dan memiliki nama ilmiah Allium sativum. Disebut bawang putih ya karena secara sekilas tampilannya berwarna putih, hehehehe. Bawang putih adalah bumbu dapur yang paling sering digunakan dalam masakan, baik masakan Indonesia maupun masakan negara lain.
    Satuan yang digunakan dalam resep masakan adalah gram dan siung. Sementara aplikasi penggunaannya adalah dihaluskan (diulek atau di-blender), diiris dan digeprek (dimemarkan). Selain sebagai bumbu masakan, bawang putih juga lazim digunakan sebagai obat. Untuk penyimpanan, simpanlah bawang putih dalam keadaan kering di tempat yang sejuk dan hindari menyimpannya di dalam lemari pendingin.

  3. Bawang bombay
    bawang bombay
    bawang bombay

    Bawang ini disebut bawang bombay karena pada zaman dahulu dibawa masuk ke Indonesia oleh para pedagang dari Bombay (Mumbai), India. Dalam Bahasa Inggris disebut onion atau bulb onion dan di negara jiran Malaysia disebut juga dengan bawang besar. Nama ilmiah dari bawang bombay adalah Allium cepa.
    Dalam masakan Indonesia, bawang bombay bisa dijadikan sebagai alternatif apabila bawang merah tidak tersedia. Akan tetapi aroma bawang bombay kurang setajam aroma bawang merah dan rasanya juga kurang sepedas bawang merah. Nah, karena hal ini juga yang menyebabkan bawang bombay lebih digemari dan dipilih sebagai bumbu masakan di negara barat atau negara lain karena aroma dan rasanya yang lebih ringan jika dibandingkan dengan bawang merah.
    Bawang bombay bisa dijadikan menu makanan yang berdiri sendiri atau sebagai bahan utama, yaitu Onion Rings. Makanan camilan berupa bawang bombay yang diiris berbentuk melingkar seperti cincin, lalu dibalut dengan tepung bumbu dan kemudian digoreng. Sebagai bumbu masakan biasanya bawang bombay dalam bentuk potongan atau irisan, sementara satuannya dalam resep masakan adalah gram atau buah.

Artikel terkait:

No comments:

Post a Comment