31 Desember 2018

Cara Mengecat Pintu Kayu Warna Emas

Cat Warna Emas (Gold) Pada Pintu Kayu
Cat Warna Emas (Gold) Pada Pintu Kayu

Wulan in action! Yup, si Wulan (Tante Ulan, kalau kata Ain, Leka dan Njo) kali ini berulah lagi. Salah satu pintu yang ada di rumahku, yaitu pintu yang berada di garasi dicat ulang dengan warna emas (gold) olehnya. Hmm, sayang dan mubazir dengan sisa cat waktu mengecat pagar beberapa waktu yang lalu katanya, hehehehe.

Cat warna emas yang dimaksud adalah cat yang digunakan ketika mewarnai bagian puncak atau prisma pada pagar rumahku beberapa waktu yang lalu, yaitu cat merk Propan Super Gold SG-07. Cat ini adalah cat serbaguna, dalam artian bisa diaplikasikan pada bidang berupa tembok semen atau dinding dan juga bisa diaplikasikan pada bidang seperti kayu dan besi. Dan menariknya cat produksi Propan ini berbahan dasar air (water-based), jadi jika ingin diencerkan cukup dengan menggunakan air bersih saja, tidak perlu menggunakan cairan thinner seperti mengencerkan cat kayu dan besi yang berbahan dasar minyak (solvent-based).

Propan Super Gold
Propan Super Gold

Sama seperti kegiatan mengecat pada umumnya, ritual pertama yang dilakukan adalah membersihkan bidang yang akan dicat dari kotoran, pada kasus kali digunakan kuas bekas dan kain lap untuk membersihkannya. Karena pintu ini seluruh bagiannya berada di dalam ruangan, jadi kotoran yang menempel tidak terlalu banyak dan hanya didominasi oleh debu. Sementara kondisi kayunya masih baik dan belum ada keropos, jadi tidak perlu dilakukan perlakuan khusus sebelum mengaplikasikan catnya.

Oh iya, sebelumnya pintu ini berwarna oranye dan akan langsung ditimpah dengan warna emas (gold). Alat bantu yang digunakan oleh si Wulan adalah kuas ukuran 1 dan 2 inch, sementara cat tidak perlu diencerkan terlebih dahulu, jadi langsung pakai saja. Menurut Wulan, pintu kayu tersebut dicat sebanyak 2 lapisan dengan waktu pengerjaan selama 2 hari, dengan rincian hari pertama untuk membersihkan kotoran dan mengecat lapisan pertama dan hari kedua dilakukan pengecatan lapisan kedua atau tahap finishing.

Hmm, lantas bagaimana hasil kerjaan Si Wulan? Tarraaa, ternyata berbakat dan cukup rapih juga si Wulan pasal cat-mengecat, hehehehe. ^,^

hasilnya (1)
hasilnya (1)
hasilnya (2)
hasilnya (2)
hasilnya (3)
hasilnya (3)
hasilnya (4)
hasilnya (4)

Artikel terkait:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar