15 Desember 2018

Instalasi GIMP (Program Aplikasi Manipulasi Gambar)

GIMP 2.10
GIMP 2.10

Jika berbicara tentang program aplikasi manipulasi gambar hampir pasti pikiran kita akan tertuju ke Adobe Photoshop. Yup, tidak bisa dipungkiri karena mayoritas dari kita sedari dulu dimanjakan dengan sistem operasi Microsoft Windows dan Adobe Photoshop sangat cocok serta mudah digunakan di dalam lingkungan sistem operasi Microsoft Windows sebagai program aplikasi untuk memanipulasi atau mengedit file yang berupa gambar, hehehehe.

Hmm, tapi apakah anda tahu berapa harga yang harus anda tebus untuk membeli sebuah program aplikasi bernama Adobe Photoshop? Lima puluh ribu perak per keping dvd di kedai komputer? Gratis, tinggal unduh di internet, cuma modal beli kuota internet atau nebeng internet dan mengunduhnya di tempat kerja (kantor)? Atau cuma-cuma tinggal minta file master programnya sama teman? Hehehehe.

Berbicara lisensi atau hak cipta, terlebih pasal perangkat lunak (software) memang masih agak kurang diperhatikan di negeri ini, hehehehe. Yup, pada tulisan kali ini aku akan memberi salah satu alternatif program aplikasi manipulasi gambar selain Adobe Photoshop yang juga bisa dijalankan pada sistem operasi Microsoft Windows. Nama program aplikasinya adalah GIMP yang merupakan singkatan dari GNU Image Manipulation Program.

Oh iya, GIMP ini secara adalah free software atau perangkat lunak yang bisa didapat dan digunakan dengan percuma atau gratis. Hmm, walaupun dari segi fitur kalah jauh dengan Adobe Photoshop, tetapi kalau hanya untuk memanipulasi atau mengedit gambar sudah lebih dari cukup menurutku, hanya perlu terbiasa saja dengan navigasinya.

lisensi GIMP
lisensi GIMP

Pada kasus kali ini yang digunakan sebagai contoh adalah GIMP versi 2.10.8 yang akan di-install pada sistem operasi Microsoft Windows 7 (64-bit).

Oke deh, berikut cara mengunduh file installer-nya dan cara meng-install program aplikasinya.
  • Unduh file installer GIMP di halaman situs www.gimp.org. Pilih sesuai dengan sistem operasi pada komputer atau laptop anda, tersedia untuk Microsoft Windows, macOS dan Linux/GNU.
  • Kemudian lakukan proses instalasi pada komputer atau laptop anda. klik kiri 2x pada file installer (lihat tanda panah).

    file installer
    file installer

  • Lalu klik 'Run' (lihat tanda panah).

    klik Run
    klik Run

  • Kemudian pilih bahasa yang akan digunakan dalam proses instalasi. Karena tidak ada pilihan bahasa Indonesia, maka pilihlah bahasa Inggris (English) atau bahasa lain yang tersedia yang anda mengerti. Lalu klik 'OK'.

    pilih bahasa, lalu klik OK
    pilih bahasa, lalu klik OK

  • Kemudian klik 'Install' (lihat tanda panah). Setelah itu proses instalasi akan berjalan, tunggu sampai proses instalasi selesai.

    klik Install
    klik Install
    proses instalasi sedang berjalan
    proses instalasi sedang berjalan

  • Nah, proses instalasi telah selesai, klik 'Finish' (lihat tanda panah).

    klik Finish
    klik Finish

Selesai deh, sekarang program aplikasi GIMP sudah ter-install pada komputer atau laptop anda. Mudah sekali bukan? Hehehehe.

Hmm, untuk mulai menggunakan atau menjalankan program aplikasinya adalah sebagai berikut.
  • Klik Start>All Programs>GIMP 2.10.8

    menjalankan GIMP
    menjalankan GIMP

  • Kemudian program akan mulai berjalan (loading), tunggu sejenak sampai muncul tampilan antar muka (user interface).

    loading
    loading

  • Nah, beginilah tampilan antar muka (user interface) GIMP versi 2.10.8. Sekarang anda sudah bisa mulai bekerja mengolah gambar dengan bantuan program aplikasi GIMP. ^,^

    tampilan antar muka GIMP
    tampilan antar muka GIMP

Artikel terkait:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Loading...