23 Desember 2018

Cara Mudah Mengetahui Titik Bocor Halus Pada Ban Tubeless

Ban Bocor
Ban Bocor

Hehehehe, sekitar dua hari belakangan ini Si Wulan Tomboy, sepupuku dikerjain sama miyoje, katanya ban belakang pada sepeda motor tersebut mengalami bocor halus. Hmm, lha wong sudah tahu bannya bocor kok ndak dibawa ke kedai tambal ban tho, Mboy? Huhuhuhu.

Yup, Si Wulan ini memang termasuk salah satu orang yang punya prinsip 'selagi masih bisa dikerjakan sendiri mengapa harus meminta bantuan dan menyerahkannya kepada orang lain', apalagi alat dan bahan yang diperlukan tersedia di rumah, katanya. Hmph, terkadang malah menyusahkan dirinya sendiri, walaupun masalah tersebut dapat diselesaikan olehnya, hehehehe.

Oke deh, kali ini mari kita simak dan mandori Si Wulan Tomboy jadi eda' tambal ban, hihihihi.
  • Siapkan alat pompa angin dan air sabun secukupnya.

    air sabun dan pompa
    air sabun dan pompa

  • Pompa atau isi angin secukupnya pada ban yang bocor. Tidak perlu penuh, secukupnya saja.
  • Kemudian basahi seluruh permukaan ban yang bocor dengan air sabun.

    basahi permukaan ban dengan air sabun
    basahi permukaan ban dengan air sabun

  • Lalu periksa dan cermati seluruh permukaan ban tersebut. Akan muncul gelembung air sabun pada titik yang bocor. Oh iya, jangan lupa periksa juga disekitar bibir velg.

    gelembung air sabun muncul pada titik bocor
    gelembung air sabun muncul pada titik bocor

  • Kemudian beri tanda pada titik yang bocor, lalu kempesi atau buang seluruh angin dari ban tersebut. Setelah itu ban siap untuk ditambal pada titik yang bocor. Untuk kasus gelembung air sabun muncul pada sekitar bibir velg, biasanya dikarenakan terdapat kotoran di sekitar daerah tersebut, coba dibersihkan terlebih dahulu. ^,^

Untuk lebih jelasnya simak video berikut.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar