23 Desember 2018

Mengganti Bohlam Lampu Belakang Vespa Excel 150

Lampu Belakang Vespa Excel 150
Lampu Belakang Vespa Excel 150

Bohlam lampu rem sepeda motor anda tidak mau menyala atau tidak berfungsi secara normal? Hmm, sebaiknya segera diperbaiki deh, mudah kok caranya dan harga bohlamnya pun tidak terlalu mahal, hehehehe. Karena berbahaya apabila kita berkendara dengan kondisi lampu belakang dan lampu rem tidak berfungsi atau tidak mau menyala, terutama saat berkendara di malam hari.

Pada kesempatan kali ini aku akan menjelaskan tentang cara mengganti bohlam lampu rem dan lampu malam pada sepeda motor jenis skuter, yaitu Vespa Excel 150. Oke deh, berikut prosedurnya, hehehehe.
  • Siapkan peralatan berupa obeng (+).
    obeng (+)
    obeng (+)

  • Siapkan bohlam pengganti. Ukuran bohlam lampu rem adalah 12 volt/10 watt, sementara untuk bohlam lampu malam adalah 12 volt/5 watt.
    bohlam pengganti
    bohlam pengganti

  • Tegakkan sepeda motor di tempat yang rata. Kemudian gunakan obeng (+) untuk melepas 2 buah sekrup pengunci mika lampu belakang (lihat tanda panah), lalu lepas mikanya.
    lepas mika lampu belakang
    lepas mika lampu belakang

  • Kemudian lepas bohlam yang putus dari fitting atau rumah lampunya. Caranya dengan menekan bohlam agak ke dalam lalu memutarnya, kemudian tarik keluar bohlamnya. Oh iya, yang berada di atas adalah bohlam lampu rem (lihat panah A), sedangkan yang berada di bawah adalah bohlam lampu malam (lihat panah B).
    lepas bohlam lama
    lepas bohlam lama
    bohlam lama telah dilepas
    bohlam lama telah dilepas

  • Setelah itu pasang bohlam yang baru (lihat tanda panah), cara memasangnya adalah kebalikan dari langkah sebelumnya. Ada baiknya setelah bohlam baru dipasang dites fungsinya terlebih dahulu sebelum mika lampu dipasang kembali.
    pasang bohlam baru
    pasang bohlam baru

  • Apabila lampu telah berfungsi seperti sedia kala, kemudian pasang kembali mika lampu belakang, lalu pasang juga dan kencangkan 2 buah sekrup penguncinya (lihat tanda panah).
    pasang kembali mika lampu belakang
    pasang kembali mika lampu belakang

  • Selesai. ^,^

Artikel terkait:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Loading...