19 Agustus 2018

Aplikasi Cat Warna Emas Pada Tembok

Aplikasi Cat Warna Emas (Gold) Pada Tembok
Aplikasi Cat Warna Emas (Gold) Pada Tembok

Hmm, pada tulisan kali ini aku akan kembali menceritakan tentang proyek mewarnai pagar rumahku. Setelah proses mewarnai bagian besinya selesai, tahap selanjutnya adalah mewarnai bagian puncak pada pilar-pilar temboknya yang berbentuk prisma. Sengaja dipilih bagian ini yang akan dikerjakan pada tahap 2 proyek karena jumlah luas bidang yang akan dicat tidak terlalu luas, terhitung hanya ada 10 buah prisma.

Tahapan proyek kali ini pada rencana awalnya akan dibagi menjadi 4 sesi, yaitu membersihkan bidang yang akan dicat, aplikasi cat dasar (kuning), aplikasi cat emas, dan terakhir aplikasi cat pelindung (pernis). Akan tetapi ketika tulisan ini diterbitkan, prosesi sesi terakhir atau aplikasi cat pelindung (pernis) belum sempat dikerjakan, hehehehe.

desain proyek
desain proyek

Oke deh, mari kita mulai acaranya. Sesi pertama adalah membersihkan permukaan bidang yang akan dicat dari debu, kotoran dan lumut. Pada kasus kali ini digunakan air, lap kanebo dan sikat sebagai alat bantu. Hmm, karena cat lama masih menempel dengan baik atau hanya kotor saja, jadi pada kasus kali ini tidak perlu dilakukan pengelupasan atau pengerokan cat lama.

sesi pertama - membersihkan permukaan bidang puncak yang berbentuk prisma
sesi pertama - membersihkan permukaan bidang puncak yang berbentuk prisma
bagian puncak bentuk prisma telah dibersihkan
bagian puncak bentuk prisma telah dibersihkan

Apabila acara bersih-bersih telah selesai, lalu diamkan selama seharian atau sampai kondisinya benar-benar kering. Waktu yang tepat untuk melakukan sesi bersih-bersih ini adalah pada pagi hari yang cerah karena setelah proses bersih-bersih selesai, permukaan bidang akan langsung diterpa oleh sinar matahari.

Sesi selanjutnya adalah proses aplikasi cat dasar. Oh iya, pada kasus kali ini digunakan cat merk Propan, jadi aku mengikuti saran dan petunjuk yang dianjurkan oleh produsen tersebut. Hmm, jadi apabila anda menggunakan cat merk lain, aku sarankan untuk mengikuti petunjuk dari produsennya untuk hasil yang maksimal, hehehehe.

Sesuai petunjuk dari Propan, untuk menghasilkan warna emas kekuningan seperti yang aku inginkan, digunakan cat dasar yang berwarna kuning, yaitu Propan Decorcryl DI-400 warna bright yellow atau kuning cerah. Sebagai informasi tambahan, jika kita ingin warna emas yang kemerahan atau kecokelatan seperti warna tembaga bisa menggunakan cat dasar berwarna merah.

cat Propan Decorcryl DI-400 dan kuas 2 inch
cat Propan Decorcryl DI-400 dan kuas 2 inch

Untuk aplikasinya pada kasus kali ini digunakan alat bantu kuas ukuran 2 inch. Proses pengecatan dilakukan sebanyak 2 kali atau 2 lapis dengan selang waktu antar lapisan berjarak sekitar 3-4 jam. Waktu yang paling baik untuk sesi cat dasar ini adalah pada saat menjelang siang di hari yang cerah, sementara untuk lapisan kedua bisa dilakukan pada sore harinya.

sesi kedua - aplikasi cat dasar
sesi kedua - aplikasi cat dasar
aplikasi sesi kedua telah selesai
aplikasi sesi kedua telah selesai

Nah, sekarang kita masuk ke sesi utama, yaitu aplikasi cat warna emas. Cat yang digunakan adalah Propan Super Gold SG-07. Untuk aplikasinya sama seperti pada sesi sebelumnya, yaitu digunakan alat bantu kuas ukuran 2 inch, dengan proses pengecatan dilakukan sebanyak 2 kali atau 2 lapis dengan selang waktu antar lapisan berjarak sekitar 3-4 jam. Waktu yang paling baik untuk sesi cat emas ini adalah pada saat menjelang siang di hari yang cerah, sementara untuk lapisan kedua bisa dilakukan pada sore harinya.

cat Propan Super Gold SG-07
cat Propan Super Gold SG-07
sesi ketiga - aplikasi cat warna emas
sesi ketiga - aplikasi cat warna emas
aplikasi sesi ketiga telah selesai
aplikasi sesi ketiga telah selesai
prisma bagian puncak telah berwarna emas
prisma bagian puncak telah berwarna emas

Sesi terakhir adalah aplikasi cat pelindung atau pernis. Sebenarnya sesi terakhir ini bersifat opsional, fungsinya adalah agar cat dapat bertahan lebih lama dan lebih awet. Pernis yang digunakan adalah Propan Stone Care, lazim digunakan sebagai pernis atau pelapis material batu alam. Aplikasinya sama seperti aplikasi cat dasar dan cat emas, cukup gunakan alat bantu kuas atau semprotan (sprayer), lalu aplikasikan ke permukaan bidang yang inginkan.

Oke deh, sekarang sudah mulai terlihat sama tho antara rencana proyek dan penampakan real pada pagar rumahku? Hmm, sudah sekitar 60% terealisasi, hehehehe. Untuk tahap selanjutnya atau tahap 3 proyek adalah mewarnai tembok pagar dengan warna merah cerah. Hmm, untuk proyek selanjutnya aku masih mencari waktu yang tepat dan menyesuaikan waktu luang Mamasku, Wulan dan adikku si Bungsu, karena luas bidang yang akan digarap lebih luas, hehehehe. Oh iya, aku hampir lupa, seluruh pekerjaan pada tahap 2 proyek ini dikerjakan oleh sepupuku, si Wulan Tomboy seorang. Hmm, ternyata berbakat juga nih si Wulan pasal cat-mengecat, hehehehe. ^,^


Artikel terkait:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar