8 Juli 2018

Cara Mengecat Pagar Besi

Mengecat Pagar Rumah
Mengecat Pagar Rumah

Yup, tulisan kali ini adalah lanjutan dari tulisan sebelumnya, yaitu tentang proyek mewarnai atau mengecat pagar rumahku. Untuk lebih lengkapnya bisa baca tulisan: Pilihan Warna Pagar Kombinasi Merah Dan Hitam. Untuk tahap pertama yang kami pilih untuk dikerjakan adalah pada bagian pagar yang materialnya besi karena pada bagian inilah yang akan memakan waktu lebih lama.

Oh iya, rencana proyek mewarnai pagar tersebut adalah seperti berikut.

desain proyek
desain proyek

Oke deh, mari kita mulai tahap eksekusi proyeknya, hehehehe. Hal pertama yang dilakukan adalah membersihkan material dari kotoran dan cat lama yang sudah mulai mengelupas. Tahap ini bisa dibilang tahap yang paling lama, apalagi jika bentuk dan desain pagar memiliki banyak segi dan lekukan, huhuhuhu.

cat lama mengelupas
cat lama mengelupas
kotoran
kotoran

Pada kasus kali ini cat lama tidak dihilangkan semua, hanya pada bagian yang catnya mengelupas saja, sementara pada bagian yang catnya masih menempel dengan baik cukup dibersihkan saja dengan air bersih. Alat yang digunakan untuk mengelupas cat lama adalah scrap atau kape dan kuas (bekas). Sementara untuk membersihkannya digunakan kain lap, sikat dan air. Gunakan masker penutup hidung dan mulut selama melakukan proses pembersihan ini untuk melindungi dari debu dan serpihan cat lama.

membuang cat lama yang mengelupas
membuang cat lama yang mengelupas
bersihkan permukaan dari kotoran
bersihkan permukaan dari kotoran

Setelah proses pengelupasan dan pembersihan selesai, diamkan dan biarkan selama sehari agar kondisi besi benar-benar kering dari kandungan air. Hal ini bertujuan agar cat baru bisa melekat sempurna dan tidak menimbulkan perubahan warna setelah catnya kering. Kasus yang sering terjadi ketika permukaan masih lembab atau belum benar-benar kering adalah muncul corak warna keputihan pada bagian tertentu setelah cat kering, terutama pada cat yang berwarna gelap.

cat besi Bodelac 2-in-1 produksi Nippon Paint
cat besi Bodelac 2-in-1 produksi Nippon Paint

Nah, setelah kondisi pagar bersih dan kering, tahap pengecatan sudah bisa dilakukan. Pada kasus kali ini digunakan alat berupa kuas ukuran 1 dan 1,5 inch. Cat yang digunakan adalah cat besi Bodelac 2-in-1 warna hitam produksi Nippon Paint. Digunakan juga thinner untuk pengencer cat. Oh iya, waktu yang paling baik adalah menjelang siang di hari yang cerah. Dan untuk mendapatkan hasil yang maksimal lakukan pengecatan sebanyak 2-3 lapis dengan rentang waktu 1 hari antara lapisan pertama dan lapisan berikutnya. Jadi misalkan hari ini dilakukan pengecatan untuk lapis pertama, maka untuk lapis kedua dilakukan pada esok harinya.

hasil pengecatan (1)
hasil pengecatan (1)
hasil pengecatan (2)
hasil pengecatan (2)

Oke deh, tahap pengecatan bagian besi pagar telah selesai dilakukan, tahap selanjutnya adalah pengecatan bagian semen atau temboknya. Hmm, Tunggu pada tulisan berikutnya yah. ^,^

Artikel terkait:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar