7 Desember 2018

Proses Pembayaran Google AdSense (Studi Kasus Pada Akun Indonesia Dengan Mata Uang Rupiah)

Proses Pembayaran Google AdSense
Proses Pembayaran Google AdSense

Pada tulisan kali ini aku akan menjelaskan tentang proses pembayaran penghasilan Google AdSense kepada mitra penayang iklannya (publisher) untuk akun negara Indonesia yang menggunakan mata uang rupiah. Hmm, jenis akun lokal (sesuai negara) seperti ini diluncurkan oleh Google kepada mitranya yang mulai melakukan kerja sama pada sekitar tahun 2016.

Metode penghitungan penghasilan dari Google AdSense adalah penjumlahan atau akumulasi penghasilan setiap bulan. Proses penghitungan adalah pada setiap tanggal 1 atau 2 di bulan berikutnya. Hmm, Apabila penghasilan tersebut melebihi ambang batas yaitu senilai Rp.1.300.000,- maka Google akan melakukan pembayaran pada bulan berikutnya di tanggal 21 atau setelahnya, jika tanggal 21 bertepatan dengan hari libur di negara Amerika Serikat. Dan apabila penghasilan tidak melebihi ambang batas, maka akan diakumulasikan dengan penghasilan di bulan berikutnya, sampai jumlahnya melebihi ambang batas.

Sebagai contoh, penghasilan pada bulan Oktober (1-31 Oktober) akan dihitung dan ditetapkan pada tanggal 1 atau 2 November. Kemudian, apabila jumlah penghasilan tersebut melebihi ambang batas atau di atas Rp.1.300.000,- maka pada tanggal 21 November atau setelahnya, Google akan melakukan pembayaran kepada mitranya (publisher).

Untuk proses pembayarannya adalah sebagai berikut.
  • Apabila Google telah melakukan pembayaran kepada anda, maka anda akan menerima email dari Google yang isinya seperti pada gambar berikut.

    email tentang pembayaran dari Google
    email tentang pembayaran dari Google

  • Kemudian login ke akun Google AdSense milik anda.
  • Kemudian lihat pada menu Pembayaran (lihat panah A), lalu lihat informasi tentang pembayaran terakhir yang berada pada sub-menu Penghasilan Anda (lihat panah B).

    informasi tentang penghasilan anda
    informasi tentang penghasilan anda

  • Kemudian lihat informasi pada sub-menu Transaksi, lalu klik pada tautan kode Nomor Pembayaran (lihat tanda panah).

    klik kode nomor pembayaran
    klik kode nomor pembayaran

  • Kemudian akan terbuka halaman Tanda Terima Pembayaran.

    halaman tanda terima pembayaran
    halaman tanda terima pembayaran

  • Setelah itu anda bisa melakukan cek saldo atau laporan mutasi pada rekening bank yang anda gunakan untuk menerima pembayaran dari Google, untuk proses lebih cepat bisa menggunakan fasilitas mobile-banking atau internet-banking yang disediakan oleh bank anda. Pada contoh kasus kali ini aku memeriksanya melalui hasil cetak (print-out) buku tabungan. Nah, dari buku tabungan bisa dilihat ada uang masuk yang jumlahnya identik atau sama persis dengan yang telah dibayarkan oleh Google, beserta tanggal transaksinya.

    transaksi pembayaran tercatat pada buku tabungan
    transaksi pembayaran tercatat pada buku tabungan

Oke deh, secara garis besar seperti itulah proses pembayaran dari Google AdSense kepada mitranya (publisher). Hmm, dari penjelasan di atas bisa ditarik kesimpulan bahwa kita sebagai mitra penayang iklan (publisher) Google Adsense untuk akun Indonesia dengan mata uang rupiah dimudahkan dengan metode pembayaran otomatis rekening bank karena secara otomatis penghasilan kita langsung masuk ke rekening bank lokal milik kita, dan menariknya lagi tidak ada potongan atau biaya tambahan dari transaksi tersebut. ^,^

Artikel terkait:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Loading...