1 November 2018

Mengenal Bumbu Dapur: Cengkeh, Kayu Manis, Pekak

Kayu Manis, Pekak, Cengkeh
Kayu Manis, Pekak, Cengkeh

Yup, pada tulisan kali ini aku akan membahas tentang bumbu dapur jenis rempah yang sering digunakan dalam masakan nusantara atau masakan Indonesia. Nah, pada kesempatan kali ini aku akan menjelaskan tentang cengkeh, kayu manis dan pekak (bunga lawang). Hayo, sudah pada tahu dan paham belum ketiga rempah ini fungsinya apa dan digunakan untuk masakan apa saja? Hehehehe.

Hmm, oke deh, berikut penjelasannya.
  1. Cengkeh
    cengkeh
    cengkeh

    Cengkeh atau cengkih dalam dunia barat dikenal dengan nama cloves, memiliki nama ilmiah Syzygium aromaticum. Bagian yang diambil dan digunakan sebagai rempah untuk bumbu masakan adalah bagian tangkai bunganya. Tanaman ini adalah tanaman asli Indonesia yang berasal dari daerah Ternate di kepulauan Maluku.
    .
    Cengkeh juga digunakan sebagai rempah untuk bumbu masakan di benua Eropa dan juga sebagai bahan obat-obatan, maka dari itu pada masa jayanya cengkeh sempat memiliki harga yang hampir setara dengan harga emas.

    Aroma dan rasa yang ditawarkan oleh cengkeh adalah harum, hangat dan cenderung pedas. Sementara satuan yang lazim digunakan sebagai bumbu masakan adalah butir atau buah jika masih dalam bentuk satuan utuh, dan dalam satuan sendok teh (sdt) jika sudah dalam bentuk bubuk.

  2. Kayu Manis
    kayu manis
    kayu manis

    Kayu manis termasuk salah satu jenis rempah yang lazim digunakan dalam masakan Indonesia. Selain untuk makanan, juga lazim digunakan sebagai penambah atau pemberi aroma pada minuman. Aroma dan rasa yang ditawarkan adalah harum (wangi), manis dan hangat. Kayu manis yang biasa dijual di pasaran adalah berupa gulungan lembaran kulit kayu yang telah dikeringkan dan ada juga yang sudah dalam bentuk bubuk.
    .
    Di dunia barat, kayu manis disebut dengan nama cinnamon dan memiliki nama ilmiah Cinnamomum verum (Cinnamomum zeylanicum), habitat tanamannya berada dan berasal dari negara Sri Lanka atau Ceylon dan juga di bagian selatan negara India. Karena hal inilah kayu manis Sri Lanka disebut dengan nama Sri Lanka cinnamon, Ceylon cinnamon dan atau True cinnamon.
    .
    Disebut true cinnamon (kayu manis sejati) karena di pasaran juga beredar jenis kayu manis yang lain, seperti kasiavera atau korintje atau kayu manis Indonesia (Cinnamomum burmannii), kayu manis Cina atau Chinese cassia (Cinnamomum aromaticum) dan kayu manis Vietnam atau Saigon cinnamon (Cinnamomum loureiroi).
    .
    Di antara keempat jenis kayu manis tersebut, kayu manis Sri Lanka yang paling mahal harganya. Sementara untuk membedakannya sangat mudah, terutama jika masih dalam bentuk gulungan atau lembaran. Kayu manis Sri Lanka atau cinnamon lembarannya lebih tipis dan teksturnya lebih licin dan halus karena kulit kayu yang diambil adalah kulit kayu bagian dalam. Selain itu, aromanya yang ditawarkan lebih halus dan terasa.
    .
  3. Pekak (Bunga Lawang)
    pekak (bunga lawang)
    pekak (bunga lawang)

    Pekak atau bunga lawang atau kembang lawang adalah salah satu rempah yang lazim digunakan sebagai bumbu masakan di sekitar daerah Asia. Biasanya digunakan pada masakan-masakan yang bercita rasa, kaya rempah, beraroma tajam dan khas. Hmm, sebetulnya pekak ini adalah buah, tetapi karena bentuknya seperti kembang atau bunga, maka disebut dengan embel-embel kembang atau bunga, hehehehe.
    .
    Memiliki nama ilmiah Illicium verum dan di dunia barat disebut dengan star anise. Tanaman ini konon berasal dari daerah di sekitar barat daya Cina dan timur laut Vietnam. Pekak dipanen buahnya pada saat sebelum matang dan kemudian dikeringkan. Selain sebagai bumbu masakan, pekak juga digunakan sebagai komposisi minuman tradisional dan bahan obat-obatan.
    .
    Satuan yang digunakan dalam resep masakan biasanya adalah per satuan (buah) jika pekak dalam kondisi utuh dan jika sudah dalam bentuk bubuk digunakan biasanya adalah per sendok teh (sdt).

Artikel terkait:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar